Whatsapp Share Like
Simpan

Siapa tidak mau si Kecil tumbuh menjadi anak yang pintar? Salah satu yang bisa dilakukan untuk mendukung hal ini adalah dengan menyediakan makanan untuk perkembangan otak anak. Ini juga yang saya lakukan untuk si Kecil ketika ia berusia 1-3 tahun dulu.  Tahukah Ibu, bahwa usia 1–3 tahun merupakan periode emas anak? Artinya, pada usia tersebut perkembangan otak si Kecil sedang pesat-pesatnya.

Makanan bergizi tidak hanya berperan penting sebagai sumber energi, tapi juga untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak anak. Dari sebuah artikel online yang saya baca, Dr. Han Wee Meng, seorang ahli gizi dari KK Women’s and Children Hospital, Singapura, juga mengatakan kebiasaan makan sehat dapat meminimalkan risiko obesitas dan merasa lebih baik secara fisik dan mental. Nah…makanan apa saja yang baik untuk perkembangan otak si Kecil? Berikut beberapa di antaranya, Bu:

1. Ikan

Ibu pasti sudah sering mendengar bahwa ikan sangat baik untuk perkembangan otak si Kecil. Benar sekali Bu, sebab ikan mengandung Omega 3 yang berguna untuk perkembangan mata, otak, dan sarafnya. Hal ini tentu dapat mendukung si Kecil bisa lebih cerdas nantinya. Ibu bisa memberikan si Kecil ikan sekitar 100 gram ikan (anak 1-2 tahun); 150 gram (anak 3-6 tahun). 

2. Daging Merah

Bukan hanya mengandung protein, daging juga sangat kaya akan Zat Besi. Zat ini berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak, serta menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Dari artikel yang saya baca, Sian Porter dari British Dietetic Association menyebutkan porsi daging yang ia butuhkan cukup sebesar satu telapak tangannya (tidak termasuk jari) untuk sekali makan.  

3. Telur

Ini bahan makanan yang mudah didapat dengan harga terjangkau. Telur mengandung Kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak si Kecil dan meningkatkan konsentrasinya, sehingga ia dapat tumbuh cerdas. Memberikan si Kecil satu telur per harinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, Bu.  

4. Bayam

Sayuran hijau ini mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi, Bu, sehingga dapat melindungi sel otak si Kecil dari kerusakan. Selain itu, sayuran juga terdapat banyak jenis nutrisi lainnya, seperti Asam Folat yang bermanfaat untuk sistem imun si Kecil. 

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian merupakan salah satu sumber Protein dan Asam Amino, Bu. Keduanya dapat mendukung fungsi sel saraf yang baik, serta meningkatkan mood si Kecil. Hal ini tentu dapat berperan penting untuk mendorong daya ingat anak, Bu. 

6. Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt merupakan makanan yang kaya akan Protein, Vitamin D, dan Vitamin B yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan otak si Kecil, Bu. Selain itu, susu dan yoghurt juga bermanfaat untuk membantu perkembangan fisik dan kesehatan pencernaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, lho.

Itu dia, Bu, beberapa makanan untuk perkembangan otak anak. Asupan makanan yang bergizi tentu dapat mengoptimalkan kecerdasan, daya ingat, serta kemampuan belajar si Kecil, Bu. Selamat mendukung si Kecil tumbuh menjadi anak yang pintar ya.