Share Like
Simpan

Halo, Bu! Apa kabar si Kecil yang sudah menginjak usia balita? Semoga perkembangannya semakin baik, ya. Selain kesehatan fisiknya, Ibu juga perlu memerhatikan aspek lain agar tumbuh kembang si Kecil semakin optimal, yaitu perkembangan psikologisnya. Dulu, sewaktu ia masih berusia empat tahun, si Kecil sempat merasa dirinya kurang diperhatikan.

Hal ini disebabkan oleh sibuknya suami saat bekerja dan saya yang harus mondar-mandir di sekitar rumah untuk beberes. Akhirnya, saya baru bisa menemaninya main ketika semua urusan rumah sudah selesai. Memang sih, kondisi seperti ini membuat saya jadi merasa bersalah karena sedikitnya waktu berkualitas dengan si Kecil meskipun berada di rumah.

Nah, supaya hal tersebut terhindarkan, ada beberapa cara sederhana yang dulu pernah kami lakukan untuk membuat ia tetap merasa spesial. 

1. Membuat momen pagi

Ketika pagi hari datang, luangkan waktu untuk membuat momen spesial bersama si Kecil. Banyak cara yang bisa Ibu lakukan, misalnya hadir di sampingnya ketika ia bangun dan memberikan pelukan dan kecupan pagi. Saat mood si Kecil terlihat kurang gembira, Ibu bisa membangkitkan semangatnya dengan bercanda dengan si Kecil.

Cara sederhana lain yang bisa Ibu lakukan di pagi hari adalah sarapan dan “minum kopi” bersama. Tentunya, bukan berarti Ibu memberikan secangkir kopi untuk si Kecil ya, Bu. Siapkan menu sarapan favorit dan susu hangat kesukaannya, lalu makan dan minum sambil berbincang bersama, misalnya bertanya tentang apa yang ingin dilakukannya hari ini, bagaimana teman-teman bermainnya di sekolah atau permainan apa yang sedang ia sukai saat ini. Dengarkan ceritanya dengan saksama, agar si Kecil merasa dirinya menjadi fokus perhatian Ibu.

2. Melakukan kontak fisik dengan si Kecil

Manfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk melakukan kontak fisik dengan si Kecil. Caranya pun bisa berbagai macam, seperti memeluk erat, merangkul, mengusap-usap punggung, menggelitik dengan lembut dan memberi kecupan sayang. Hal ini sangat baik untuk perkembangan psikologi anak, karena Ibu menciptakan hubungan yang dekat dengan si Kecil. Kontak fisik seperti ini juga berdampak positif, karena ia akan merasa dirinya dicintai oleh orang tuanya.

3. Membacakan dongeng spesial

Membacakan dongeng untuk si Kecil juga bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan perhatian kepadanya. Agar ia merasa spesial, buatlah dongeng khusus dengan si Kecil sebagai tokoh utamanya, pasalnya anak-anak suka sekali menjadi pusat perhatian. Melalui cerita khusus yang Ibu buat dan bacakan, pastinya ia merasa bahwa dirinya sangat berharga di mata Ibu.

4. Minta bantuan si Kecil

Buat si Kecil merasa dirinya penting dan spesial dengan meminta bantuannya. Kalau dulu, saya sering sekali mengajak si Kecil pergi ke supermarket untuk membantu saya belanja bahan makanan. Nah, Ibu bisa memanfaatkan momen ini untuk membuatnya merasa spesial dengan meminta bantuan memilih bahan makanan untuk menu makan malam. Tentunya, arahkan si Kecil untuk memilih bahan makanan yang juga baik untuk kesehatan keluarga Ibu, ya.

5. Melakukan hal-hal lucu bersama

Pastinya senang ya Bu, jika bisa membuat si Kecil tertawa kegirangan. Ya, tidak ada salahnya membuat ia tertawa gembira dengan melakukan hal-hal lucu bersama. Misalnya, saat membuat kue bersama si Kecil di dapur, Ibu bisa mengisenginya dengan mencolek hidungnya dengan tepung, lalu biarkan ia juga melakukan hal yang sama kepada Ibu. Contoh lainnya, saat nonton film kartun bersama, buat kegiatan yang seru dengan menemani si Kecil menari menirukan gerakan di film. Buat ekspresi-ekspresi lucu yang bisa membuatnya tertawa.

6. Membuat momen sebelum tidur

Selain momen pagi, ciptakan juga momen malam sebelum tidur bersama si Kecil. Ajak ia menyikat gigi adn bersih-bersih bersama sebelum tidur. Setelah itu, buat momen bersantai bersama si Kecil. Ibu bisa mengajaknya rebahan di kasur bersama dan melakukan aktivitas yang membuat ia merasa santai dan aman, misalnya bercerita tentang aktivitasnya hari itu atau membaca dongeng sambil memeluknya hingga ia tertidur. Pasti menyenangkan!

 7. Ucapkan lewat kata-kata

Selain melalui kegiatan seru, hal yang tidak boleh dilewatkan untuk membuat si Kecil merasa spesial adalah mengucapkan kata-kata sayang kepadanya. Seperti “I love you”, “Ibu sayang kamu” atau “Ibu bangga padamu”. Ya, hal ini bisa memberikan efek positif, bagi perkembangan psikologisnya karena dapat membangun rasa percaya dirinya.

Selamat menikmati momen-momen spesial bersama si Kecil, Bu!