Selain menyenangkan, membacakan dongeng sebelum tidur ternyata sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si Kecil lho, Bu. Kegiatan ini tak hanya meningkatkan bonding antara Ibu dan si Kecil, tetapi juga penting untuk perkembangan otaknya. Pastikan Ibu memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung DHA tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Ada begitu banyak manfaat dongeng sebelum tidur untuk si Kecil, di antaranya dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas, menambah kosakata, meningkatkan kemampuan baca dan berbicara, meningkatkan kreativitas, dan manfaat lainnya. Itulah mengapa dongeng anak sebelum tidur termasuk cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini.

Supaya memudahkan Ibu untuk membacakan cerita dongeng kepada si Kecil, berikut ada macam-macam dongeng anak sebelum tidur. Simak ceritanya di bawah ini, yuk!

7 Cerita Dongeng Sebelum Tidur

Ada 1001 dongeng sebelum tidur yang bisa Ibu bacakan kepada si Kecil sebagai pengantar tidur. Berikut ini beberapa cerita dongeng anak sebelum tidur yang lucu sekaligus mendidik:

  1. Kisah Kancil dan Buaya

    dongeng sebelum tidur kancil dan buaya - Ibudanbalita

    Kisah kancil dan buaya bisa menjadi dongeng sebelum tidur karena ceritanya seru. Selain itu, dongeng ini pun memiliki pesan moral bahwa kita semua harus berusaha mencari akal untuk mengatasi masalah.

    Artikel Sejenis

    Suatu hari, si kancil bertemu dengan sekelompok buaya yang lapar saat akan menyeberangi sungai di hutan. Ia harus memutar otak untuk bisa berhasil menyeberangi sungai tanpa dijadikan santapan pagi para buaya.

    Si kancil berkata pada buaya bahwa ia bersedia untuk menyerahkan diri, tapi ragu apakah dagingnya akan cukup bagi semua buaya di sungai tersebut. Ia lalu meminta semua buaya untuk berbaris supaya dapat menghitung jumlah mereka.

    Para buaya pun mengikuti perintahnya untuk berbaris rapi sampai membentuk formasi yang mirip dengan jembatan. Sambil berhitung, kancil melompati buaya satu demi satu dengan cekatan hingga sampai di pinggir sungai dan langsung melarikan diri. Ia berhasil menipu buaya dan membuat para buaya merasa kesal.

  2. Kura-kura dan Kelinci yang Sombong

    dongeng sebelum tidur kura-kura dan kelinci - Ibudanbalita

    Ibu ingin menceritakan dongeng sebelum tidur dengan pesan moral untuk si Kecil belajar rendah hati terhadap sesama? Nah, dongeng anak sebelum tidur yang lucu satu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

    Penasaran bagaimana dongeng kura-kura dan kelinci ini? Intip ceritanya di bawah ini ya, Bu:

    Di suatu hutan, tinggal seekor kelinci yang sombong karena merasa dirinya mampu berlari paling cepat diantara binatang lainnya. Ia menantang semua hewan untuk berlomba lari dengannya. Tidak ada yang mau menerimanya, kecuali kura-kura.

    Awalnya kelinci tidak bersedia berlomba dengan kura-kura karena merasa akan menang telak. Namun kura-kura tetap ingin berlomba dengannya. Kelinci langsung berlari melesat meninggalkan kura-kura. 

    Di tengah jalan, kelinci merasa lelah. Sambil menunggu kura-kura, kelinci beristirahat sejenak hingga tidak sengaja tertidur. Kura-kura tidak patah semangat dan ingin terus menyelesaikan lomba. Melihat kelinci yang tertidur, kura-kura pun segera berjalan ke garis finish dan memenangkan lomba tersebut.

  3. Dongeng Terbentuknya Danau Toba

    dongeng sebelum tidur danau toba - ibudanbalita

    Selain cerita tentang hewan lucu, Ibu juga bisa menceritakan dongeng sebelum tidur yang mengandung unsur sejarah lho, salah satunya dongeng tentang danau toba. Dongeng sebelum tidur ini berasal dari cerita rakyat asli Indonesia yang mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Toba di Sumatera Utara.

    Ketika itu, pemuda tersebut sedang memancing dan berhasil mendapatkan seekor ikan bersisik emas. Ia pun segera membawanya pulang untuk disantap. Namun, karena kayu bakar di rumahnya habis, maka ia harus mencarinya lebih dulu.

    Betapa terkejutnya ia ketika sampai di rumah ada seorang gadis cantik yang telah menunggunya, sementara ikan emas yang tadi dipancingnya menghilang. Gadis tersebut adalah jelmaan dari ikan emas yang bersedia menjadi istri Toba dengan syarat Toba tidak membocorkan jati dirinya.

    Mereka berdua menikah dan memiliki seorang anak yang diberi nama Samosir. Samosir malah tumbuh jadi anak nakal yang tidak mau menurut perintah orang tuanya hingga suatu hari Toba yang merasa marah menghardiknya dengan sebutan anak ikan.

    Samosir yang terkejut mengadu pada sang ibu yang kemudian memintanya untuk naik ke bukit, karena setelah itu ada air bah deras yang melanda tempat tersebut. Sang ibu masuk ke danau dan kembali menjadi ikan, sementara Toba tenggelam di danau yang dikenal sebagai Danau Toba.

    Baca juga: Nilai Moral di Balik Cerita Rakyat

  4. Malin Kundang Si Anak Durhaka

    dongeng sebelum tidur malin kundang - Ibudanbalita

    Dongeng sebelum tidur yang satu ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang mempunyai seorang anak laki-laki bernama Malin Kundang yang tampan dan gagah. Di balik ceritanya yang seru, dongeng ini menyimpan pesan moral bahwa seorang anak harus patuh dan berbakti kepada orang tua.

    Dahulu, ada seorang anak laki-laki bernama Malin Kundang yang tampan dan gagah. Saat sudah dewasa, Malin Kundang memutuskan untuk mencari pekerjaan di daerah lain dengan ikut berlayar dengan seorang tetangganya.

    Ketika berlayar, kapal Malin Kundang hancur oleh ulah perompak. Untungnya, ia terdampar di sebuah pantai dan dibantu oleh warga sekitar. Di tempat baru tersebut, ia bekerja keras, menjadi seorang pedagang sukses, dan menikahi seorang gadis setempat.

    Malin Kundang pun memutuskan untuk berlayar ke kampung halamannya bersama sang istri. Mengetahui anaknya pulang, ibu Malin Kundang pun ingin menyambutnya dengan berbagai masakan favoritnya.

    Namun, Malin Kundang berpura-pura tidak mengenali ibunya karena malu dengan pakaian sang ibu yang lusuh. Sang ibu yang merasa sedih dan kecewa mengutuk Malin menjadi sebuah batu.

  5. Legenda Candi Prambanan

    Dongeng sebelum tidur candi prambanan - ibudanbalita

    Legenda Candi Prambanan termasuk dongeng sebelum tidur lainnya yang berasal dari cerita rakyat Indonesia. Selain menyimpan sejarah, dongeng sebelum tidur yang satu ini pun menyimpan pesan moral yang penting bagi si Kecil.

    Dongeng sebelum tidur ini mengisahkan tentang sebuah kerajaan Prambanan yang dipimpin Prabu Baka. Suatu hari, kerajaan ini kalah berperang dengan kerajaan Pengging yang dipimpin Bandung Bondowoso

    Bandung Bondowoso terpikat oleh kecantikan Roro Jonggrang, puteri dari Kerajaan Prambanan, dan ingin meminangnya. Roro Jonggrang memberikan syarat jika Bandung Bondowoso ingin menikahinya, yaitu membangun seribu candi dalam waktu semalam. 

    Dengan bantuan jin, Bandung Bondowoso hampir berhasil menyelesaikannya. Namun, karena Roro Jonggrang tidak ingin menikah dengannya, ia pun mencari akal untuk menggagalkan pembangunan candi, yaitu dengan membangunkan para gadis untuk memukul lesung sebagai tanda pagi hampir tiba.

    Ayam jantan pun turut berkokok dan membuat para jin segera meninggalkan pekerjaannya karena khawatir matahari segera terbit. Bandung Bondowoso yang menyadari usahanya gagal dan marah. Ia pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah arca.

  6. Kisah Pengembala Biri-biri

    kisah pengembala biri-biri - ibudanbalita

    Satu lagi dongeng sebelum tidur yang bisa Ibu ceritakan kepada si Kecil. Kali ini topiknya mengenai seorang pemuda yang bekerja sebagai pengembala biri-biri.

    Di sebuah desa, ada seorang pemuda yang bekerja sebagai pengembala biri-biri. Ia merasa bosan karena setiap hari harus melakukan kegiatan yang sama, yaitu menggembalakan biri-biri di padang rumput.

    Tiba-tiba, ia memiliki sebuah ide untuk mengerjai orang-orang di desanya untuk mengusir kebosanannya. Sambil berpura-pura panik, ia berlari menuju desa dan berteriak, “Ada serigala!”.

    Warga pun segera berlari ke padang rumput untuk mengusir serigala itu. Namun ternyata, hanya ada si pengembala biri-biri tertawa senang karena berhasil menipu warga. Ia pun mengulangi keisengan tersebut di lain hari dan membuat para warga merasa marah. 

    Hingga akhirnya pada suatu sore, muncullah seekor serigala sungguhan dari dalam hutan. Si pengembala berteriak ketakutan untuk meminta bantuan warga, tapi kali ini mereka tidak percaya padanya. Serigala pun menyantap kawanan biri-biri tersebut dengan leluasa, sementara si pengembala bingung tidak bisa berbuat apa-apa.

    Selain seru, kisah pengembala biri-biri ini memiliki pesan moral bahwa berbohong merupakan perbuatan yang tercela dan tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan orang lain tidak pernah percaya.

  7. Kisah Singa dan Tikus

    dongeng sebelum tidur singa dan tikus - Ibudanbalita

    Dikisahkan seekor tikus yang dengan sengaja membangunkan seekor singa yang sedang tidur. Singa tersebut tentu menjadi sangat marah dan hendak memakan tikus yang mengganggu tidurnya.

    Namun, si tikus memohon supaya singa tersebut memaafkannya. Dengan berbesar hati, singa pun memaafkan dan melepaskan tikus tersebut meskipun telah mengganggu waktu tidurnya. 

    Tentu saja si tikus sangat berterima kasih dan berjanji akan membalas kebaikan singa suatu hari nanti. Pada suatu hari, singa tertangkap jaring para pemburu yang membuatnya ketakutan akan dibunuh.

    Sang singa menangis semalaman hingga membuat tikus menghampirinya. Teringat akan kebaikan hati singa, tikus pun membantu melepaskan singa dengan cara menggerogoti jaring tersebut hingga putus.

Itulah beberapa rekomendasi dongeng sebelum tidur yang mengandung pesan moral bagi si Kecil. Membacakan dongeng sebelum tidur termasuk stimulasi yang penting untuk mendukung perkembangan otak si Kecil lho, Bu.

Namun, stimulasi ini saja tidak cukup ya, Ibu tetap harus mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dengan cara memberikan ia asupan nutrisi berkualitas. Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Tak kalah pentingnya dari itu, pantau terus kondisi sosial dan emosional si Kecil dengan fitur Emo Meter yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk mengetahui kemampuan si Kecil untuk mengembangkan dirinya terhadap lingkungan sekitar. 

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.