Share Like
Simpan

Beberapa hari yang lalu, saya mengajak si Kecil ke toko buku. Betapa senangnya saya saat melihatnya begitu antusias berada di tengah jejeran buku cerita anak. Tanpa ragu, si Kecil langsung berkeliling memilih buku cerita bergambar yang diinginkan. Tingkah lakunya tersebut muncul karena memang saya sudah biasa membacakannya dongeng sebelum tidur, Bu.

Kebiasaan kami ini berawal ketika saya membaca informasi tentang penelitian National Institute of Child Health and Human Development. Dongeng sebelum tidur ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan logika si Kecil. Oleh sebab itu, jangan heran kalau ia jadi sering bertanya ya, Bu. Kemampuan berpikir dan berbahasa si Kecil dapat terus meningkat karena kosakata yang ada dalam dongeng atau cerita rakyat yang begitu kaya. Hal ini baik karena ia dapat mengenal berbagai kosakata baru dan struktur kalimat dengan lebih baik.

Ya, saya tak hanya menceritakan kisah dongeng dari luar negeri seperti Putri Salju atau Cinderella. Cerita rakyat asal Indonesia seperti Bawang Merah Bawang Putih, Malin Kundang, dan dongeng lainnya sering saya bacakan pada si Kecil sebelum tidur. Saya ingin ia dapat menumbuhkan rasa cinta kepada dongeng dari negerinya sendiri, Bu.

Selain mengasah kreativitas dan imajinasi, nilai moral dari cerita rakyat juga bisa membuat si Kecil belajar budaya dan kebiasaan dari berbagai daerah di Indonesia, Bu. Melalui media ini, saya bisa memperkenalkan betapa kaya negerinya ini lewat cerita yang ia baca. Nah, sebagai contoh, saya akan memberikan beberapa cerita rakyat yang pernah saya bacakan kepada si Kecil, yaitu:

  • Malin Kundang

Lewat cerita rakyat asal Sumatera Barat ini, Ibu bisa mengajari si Kecil pentingnya menghormati orang tua. Orang tualah yang telah mengurus kita dari kecil sampai dewasa, sehingga perlu diperlakukan dengan hormat dan penuh kasih sayang.

  • Dongeng Roro Jonggrang

Melalui cerita ini, Ibu bisa mengajarkan si Kecil bahwa untuk mencapai tujuan, ia harus melakukannya dengan kerja keras dan tak boleh curang. Seseorang yang berbuat curang tidak akan mendapat hasil yang diinginkan. Hal ini juga sekaligus mengajarkan si Kecil untuk menjadi anak yang jujur, Bu.

  • Timun Mas

Nilai moral yang bisa Ibu petik dari cerita ini adalah kebaikan akan selalu menang dari kejahatan. Oleh sebab itu, ajarkan si Kecil untuk menjadi teman yang baik bagi teman-teman seumurannya, karena orang yang berbuat buruk akan mendapat ganjaran atas perbuatannya.

  • Bawang Merah Bawang Putih

Ajarkan si Kecil hidup sederhana seperti Bawang Putih yuk, Bu. Kesederhanaan yang dimiliki Bawang Putih dapat menjadi contoh bagi si Kecil untuk tetap rendah hati dan tidak serakah.

  • Keong Mas

Dari cerita rakyat Keong Mas, Ibu bisa mengajarkan pesan moral bahwa sebagai manusia, si Kecil tidak boleh iri pada orang lain baik kepada teman maupun saudaranya.  Ajarkan juga ia untuk ikut senang ketika orang yang dikenalnya merasa senang. 

Bagaimana Bu, banyak bukan nilai moral yang bisa kita ajarkan kepada si Kecil melalui cerita rakyat? Tidak hanya itu, membaca cerita rakyat atau dongeng bersama bisa membuat hubungan Ibu dan si Kecil jadi semakin erat. Selamat mencoba, Bu!