Share Like
Simpan

Apakah Ibu gemar mengonsumsi cokelat? Dark chocolate alias cokelat hitam ternyata memiliki banyak manfaat bagi wanita hamil jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, salah satunya dapat mengurangi risiko terkena pre-eclampsia. Hal ini diketahui berdasarkan penelitian yang dilakukan Dr. Elizabeth W. Triche dari Yale University kepada 2.291 wanita hamil selama trimester pertama hingga trimester terakhir.

Ingin tahu apa saja manfaat cokelat hitam untuk wanita hamil? Langsung saja simak informasi berikut ini:

1. Mengurangi risiko pre-eclampsia

Pre-eclampsia adalah salah satu penyakit yang menyebabkan wanita hamil berisiko melahirkan bayi prematur. Kondisi ini sering ditandai dengan tekanan darah tinggi pada wanita hamil yang akhirnya menyebabkan kejang-kejang dan pembekuan darah. Dalam beberapa kasus, pre-eclampsia juga bisa menyebabkan kerusakan hati dan gagal ginjal. 

2. Menjaga kestabilan tekanan darah

Dalam cokelat hitam, terkandung zat bernama theobromine yang dapat menjaga tekanan darah tetap stabil jika dikonsumsi oleh wanita hamil dalam jumlah yang tepat. Sebelum mengonsumsi cokelat, Ibu sebaiknya berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk mengetahui jumlah yang disarankan karena camilan ini juga mengandung kafein yang tidak baik jika terlalu banyak masuk dalam tubuh.

3. Kaya antioksidan

Cokelat hitam memiliki kandungan flavonoid yang kaya akan antioksidan dan sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan imunitas wanita hamil. Selain itu, kandungan antioksidan juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan memaksimalkan sistem kardiovaskular dalam tubuh.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam cokelat hitam juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung pada wanita hamil asalkan dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai. Takaran konsumsi cokelat per hari berbeda-beda pada setiap wanita hamil tergantung pada kondisi kesehatannya sehingga yang terbaik adalah dengan menanyakan pada dokter kandungan terpercaya. 

5. Mengurangi kadar kolesterol tubuh

Meski cokelat sering dianggap makanan yang dapat menyebabkan kegemukan, Ibu justru bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan si “manis” yang satu ini. Kuncinya, hindari mengonsumsi cokelat yang telah banyak dicampuri susu dan pilihlah cokelat hitam dengan kadar cocoa minimal sebesar 65%. 

6. Mengurangi stres

Sudah bukan rahasia lagi jika cokelat dikenal sebagai kudapan yang bisa menimbulkan perasaan rileks dan dapat mengurangi stres sehingga digemari semua kalangan. Wanita hamil memang tak dilarang mengonsumsi cokelat hitam, namun harus menghindari olahan cokelat yang dijadikan mousse (sejenis puding dengan tekstur sangat lembut) karena ada campuran telur mentah di dalamnya.

Wanita hamil penggemar cokelat kini tak perlu khawatir untuk tetap mengonsumsi kudapan ini karena terbukti dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Namun, selalu batasi porsi konsumsinya dan pastikan mendapat persetujuan dari dokter kandungan sebelum menikmati manisnya camilan yang satu ini. Selamat menikmati!