Share Like
Simpan

Tahukah Ibu, selain orang dewasa, lingkaran hitam di bawah mata juga bisa terjadi pada anak-anak. Buah hati kesayangan saya di rumah juga sempat mengalami hal tersebut. Ia jadi terlihat mengantuk, lelah, dan tidak segar. Saya pun mencoba mencari tahu penyebab dan cara mengatasi kantung mata pada anak. Apakah si Kecil di rumah juga mengalami hal serupa? Mungkin info berikut ini bisa bermanfaat bagi Ibu!

1. Alergi

Ternyata, kantung mata pada anak bisa muncul karena si Kecil alergi sesuatu. Misalnya, udara, obat-obatan, atau makanan. Lingkaran di bawah mata yang muncul karena hal ini umumnya hanya bersifat sementara, namun bisa terjadi berulang-ulang.

Cara mengatasi: Hindarkan si Kecil dari penyebab alergi. Apabila ia alergi udara kotor, Ibu bisa memastikan lingkungan di sekitar rumah tetap bersih. Apabila alergi terjadi karena obat-obatan, Ibu sebaiknya berkonsultasi kepada dokter sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Pigmen Kulit Tidak Merata

Menurut artikel kesehatan yang saya baca, beberapa anak memiliki pigmen kulit yang tidak merata, salah satunya di area wajah. Akibatnya, kulit di sekitar matanya terlihat lebih gelap dibanding bagian wajahnya yang lain.

Cara mengatasi: Cobalah berkonsultasi dengan ahli dermatologis atau dokter kulit. Mereka umumnya akan memberikan salep atau perawatan pada kulit si Kecil dalam jangka waktu tertentu agar warnanya lebih merata.

3. Sering Terpapar Sinar Matahari

Lingkaran hitam di sekitar mata juga bisa muncul saat si Kecil sering bermain di bawah sinar matahari. Saat kulit terpapar sinar matahari, melanin dalam tubuh mulai bereaksi dan menyebabkan kulit menghitam di beberapa bagian, termasuk di bawah mata.

Cara mengatasi: Cobalah membatasi waktu bermain si Kecil saat matahari sedang terik. Sebaiknya, ajak si Kecil bermain saat matahari tidak terlalu terik, seperti pagi atau sore hari. Sebagai pencegahan, si Kecil juga bisa menggunakan topi untuk melindungi matanya agar tidak silau.

4. Kurang Asupan Zat Besi

Ketika si Kecil kekurangan zat besi, tubuhnya akan cepat lelah dan mudah terserang penyakit. Hal inilah yang menyebabkan lingkaran hitam timbul kapan saja pada mata si Kecil.

Cara mengatasi: Penuhi asupan zat besi si Kecil agar ia senantiasa aktif dan daya tahan tubuhnya meningkat. Sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan bisa menjadi sumber zat besi si Kecil yang bisa Ibu olah menjadi berbagai macam makanan. Nah, dengan informasi yang saya berikan, semoga kantung mata pada anak kesayangan Ibu di rumah mulai membaik ya, Bu. Jadi, si Kecil pun terlihat sehat dan bersemangat saat bermain dengan orang di lingkungan sekitarnya!