Share Like
Simpan

Setiap anak tentu akan merasa senang jika diberikan hadiah ya, Bu. Apalagi jika hadiah yang didapatkan merupakan sesuatu yang memang sangat mereka sukai dan sudah diinginkan sejak lama. Sama seperti si Kecil, Bu. Saat saya memberikan mainan favoritnya, ia tak henti-hentinya bersorak kegirangan. Namun, respon si Kecil mungkin akan berbeda jika ia tidak menyukai hadiah yang ia dapatkan. Hal ini tentu dapat membuat pemberi hadiah merasa sedih ataupun tersinggung. Nah, guna mencegah si Kecil melakukan hal tersebut, berikut saran yang diberikan oleh ibu saya untuk mengajarkannya bagaimana menghargai pemberian orang lain.

1. Latih si Kecil untuk Terbiasa Berterima Kasih

Agar si Kecil terbiasa mengungkapkan rasa terima kasih, Ibu bisa melatih hal tersebut sesering mungkin. Minta si Kecil untuk mengucapkan hal ini setiap kali mendapatkan sesuatu atau bantuan (bukan cuma hadiah) dari Ibu, Ayah, atau orang-orang di sekitarnya, misalnya saat Ibu menyiapkan makanan. Selain mengucapkan kata “terima kasih”, Ibu juga bisa mengajarkan si Kecil kalimat lain untuk menghargai pemberian orang lain. Sebut saja “Terima kasih, saya suka hadiahnya” dan “Terima kasih, hadiah ini bagus sekali”. Dengan begitu, si Kecil pun akan terbiasa mengucapkan kalimat tersebut setelah menerima pemberian dari orang lain.

2. Ajak si Kecil Membayangkan Perasaan Pemberi hadiah

Selain melatih si Kecil mengungkapkan rasa terima kasih, Ibu juga bisa mengasah kepekaan psikologi anak dengan mengajaknya membayangkan perasaan pemberi hadiah. Lakukan hal ini sambil bermain peran. Misalnya Ibu menjadi pemberi hadiah, dan si Kecil jadi si penerima. Selanjutnya, arahkan si Kecil untuk memberi dua respon berbeda; satu dengan ekspresi senang sambil berterima kasih, satu lagi dengan ekspresi kecewa. Saat ia mengeluarkan ekspresi kecewa, Ibu bisa menunjukkan rasa sedih karena hadiah yang Ibu berikan tidak disukai oleh si Kecil. Sebaliknya, Ibu akan terlihat bahagia, jika si Kecil menerima hadiah itu dengan senyum dan mengucapkan terima kasih. Cara ini bisa mengajarkan si Kecil untuk lebih menghargai pemberian dari orang lain yang sudah bersusah payah membelikan hadiah tersebut untuknya.

3. Ajak si Kecil untuk Berbagi

Supaya si Kecil lebih memahami arti sebuah pemberian, sebaiknya Ibu mulai mengajarkannya berbagi dengan orang lain sejak dini. Misalnya, ajak ia untuk memilih dan memberikan mainan yang sudah tidak terpakai pada anak lain yang membutuhkan. Hal ini bertujuan agar ia merasakan sendiri bagaimana rasanya merelakan dan memberikan sesuatu pada orang lain. Dengan begitu, ia pun bisa lebih menghargai jika mendapatkan pemberian dari orang lain.

4. Beri Contoh

Tidak ada cara yang lebih efektif untuk mengajarkan si Kecil sesuatu selain memberikan contoh padanya. Untuk itu, Ibu bisa mempraktikkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat si Kecil atau orang lain memberikan sesuatu pada Ibu, pastikan Ibu tidak lupa untuk mengungkapkan rasa terima kasih. Si Kecil yang belajar lewat meniru, tentu akan terdorong melakukan hal yang sama di kemudian hari karena selalu melihat Ibu melakukannya.

Bagaimana, Bu? Tidak sulit kan mengajarkan si Kecil untuk menghargai pemberian orang lain? Rutin mempraktikkan hal-hal di atas adalah kunci agar si Kecil bisa terbiasa melakukannya. Semoga informasi di atas berguna!