Share Like
Simpan

Sebagai seorang Ibu, kita pasti pernah merasa kesulitan untuk mengajak si Kecil makan! Padahal, pada usia 1-3 tahun, konsumsi beragam makanan sehat secara teratur sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya.
Selain bisa memastikan terpenuhinya kebutuhan energi dan gizi, makan secara teratur akan membantu si Kecil menjadi lebih disiplin terhadap waktu.

Nah, agar Ibu tidak perlu hingga memaksa dan memarahi si Kecil untuk mau makan, lihat yuk beberapa tips mudah dan efektif berikut;

1. Ajak si Kecil Bermain!
Tampaknya sederhana ya Bu? Namun, ternyata ini adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat si Kecil mau mengonsumsi makanan sehat yang Ibu siapkan.
Jadi, 1-2 jam sebelum jadwal makan, ajak si Kecil untuk aktif bergerak dan bermain. Setelah dirinya letih bermain dan merasa lapar, langsung ajak si Kecil untuk mengonsumsi makanan sehat yang telah ibu siapkan. Dengan begitu, si Kecil pun akan lebih lahap makan.

2. Jaga pola makan si Kecil!
Mengingat kapasitas perutnya belum berkembang sempurna, makanan-makanan yang kita anggap sebagai kudapan ringan (snack) dapat menjadikan si Kecil lebih mudah merasa kenyang.
Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Ibu bisa membuat jadwal yang secara rinci mengatur semua asupan yang akan dikonsumsi si Kecil. Dengan begitu, si Kecil pun selalu mendapatkan asupan dengan baik sesuai kebutuhan.

3. Ajak si Kecil untuk ikut menyiapkan makanan.
Menurut penelitian para ahli, melibatkan si Kecil pada proses menyiapkan dan memasak bisa menambah nafsu makannya lho, Bu! Soalnya, saat menyiapkan makanan, si Kecil akan menyentuh dan beradaptasi dengan makanan baru tanpa paksaan. Dengan begitu, nantinya saat makanan tersebut sudah jadi dan ada di piring miliknya, ia akan berani untuk memakannya.
Namun, jika belum berani untuk mengajak si Kecil memasak, cobalah ajak si Kecil untuk ikut berbelanja ke pasar/supermarket Selain menjadi aktifitas seru yang bisa dilakukan bersama, dari proses ini Ibu akan belajar mengenali makanan-makanan yang disukai si Kecil.

4. Bukan marah, namun tegas!
Merasa frustrasi ketika menghadapi si Kecil yang sulit makan itu wajar, Bu. Namun, memperlihatkannya dengan cara marah, justru dapat membuatnya makin takut untuk makan. Karena itu, sebaiknya Ibu bisa tetap bersikap tenang, namun tegas! Misalnya, dengan menolak memberikan snack kesukaan atau melarangnya meninggalkan meja sebelum menghabiskan makanan.
Tapi ingat! Ibu jangan cepat menyerah jika si Kecil menangis ketika dilarang. Karena selain memperlihatkan sikap yang tegas, saat-saat seperti ini adalah kesempatan yang tepat untuk mengajarkan si Kecil mengontrol emosinya.


Cukup mudah kan Bu, tips-tips yang diberikan? Nah, setelah si Kecil sudah lebih mudah diajak makan, jangan lupa perhatikan asupan gizinya ya! Jika perlu, berikan juga asupan tambahan yang dapat membantunya tumbuh dan berkembang dengan optimal. Tak lupa susu sebagai asupan yang bergizi tinggi, melengkapi makanan sehari-hari si Kecil.

Salam Hangat!