Whatsapp Share Like
Simpan

Setiap Ibu tentu mendambakan si Kecil tumbuh menjadi anak yang membanggakan. Itu sebabnya, beragam stimulus positif perlu Ibu berikan padanya sejak dini. Mulai dari stimulus yang merangsang tumbuh kembangnya, hingga melakukan berbagai cara mendidik anak untuk mendukung kemampuan sosialnya. Nah, salah satu cara yang sering saya lakukan adalah memperkenalkan tradisi keluarga, Bu. Mungkin Ibu bertanya-tanya, apa hubungan antara tradisi keluarga dan kemampuan sosial anak? Yuk, cari tahu lebih lengkap soal alasan si Kecil perlu belajar tradisi keluarga sejak dini. 

1. Mempererat Hubungan Keluarga

Mengenalkan tradisi keluarga bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan si Kecil dengan keluarga besar lho, Bu. Kebiasaan ini bisa memberi kesempatan untuk ia bertemu dan berinteraksi langsung dengan keluarga besar.

2. Membantu si Kecil Mengenal Identitas Diri

Seiring bertambahnya usia, si Kecil sudah memiliki pendapatnya sendiri. Bila awalnya ia selalu menuruti segala perkataan orang tuanya, kini ia perlahan mulai bisa menanggapi nasihat Ibu. Oleh sebab itu, Ibu disarankan untuk mulai mengenalkan tradisi keluarga pada si Kecil sejak usia batita. Menurut Marshal Duke, seorang psikolog asal Amerika Serikat, anak yang mengenal sejarah keluarganya umumnya akan lebih percaya diri dan mengenal identitas dirinya.

3. Meneruskan Tradisi Keluarga

Saya ingin sedikit berbagi cerita nih, Bu. Saya dan keluarga memiliki tradisi nonton film bersama di rumah setiap hari Sabtu. Menariknya, kegiatan seru ini sudah menjadi tradisi keluarga sejak saya masih kecil. Nah, dengan menurunkannya pada si Kecil, ia akan belajar tentang pentingnya menyempatkan waktu bersama keluarga. Jika Ibu belum mempunyai tradisi turun-temurun, yuk, ciptakan aktivitas seru yang bisa mendekatkan si Kecil dengan keluarga. Sebagai rekomendasi, Ibu bisa menyimak inspirasi aktivitas dan cara mengajarkan anak menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga di sini.

4. Memberikan Rasa Nyaman

Agar perkembangan sosial dan emosional si Kecil dapat berjalan dengan baik, Ibu perlu menciptakan lingkungan keluarga yang nyaman untuknya, salah satunya dengan melakukan tradisi keluarga. Dengan begitu, ketika besar nanti, si Kecil akan merasa nyaman untuk menyampaikan perasaannya pada Ibu dan mampu mengelola emosinya dengan baik.

Sekarang Ibu sudah mengerti bahwa pengenalan tradisi keluarga bisa menjadi salah satu cara mendidik anak agar ia tumbuh semakin pintar secara sosial dan emosional. Jadi, sudah siap mengenalkan tradisi keluarga pada si Kecil?