Whatsapp Share Like
Simpan

Jika berbicara soal manfaat memiliki hewan peliharaan, mungkin Ibu akan langsung berpikir tujuannya untuk menghibur dan menemani keseharian si Kecil. Namun, manfaatnya ternyata jauh lebih dari itu, Bu. Dari artikel online yang saya baca, beberapa jenis hewan ternyata juga dapat menjadi sarana pola asuh anak untuk hidup sehat. Lalu, kebiasaan positif seeperti apa yang dapat si Kecil tiru ketika merawat hewan peliharaan? Simak penjelasan di bawah ini yuk, Bu!

1. Suka Makan Sayuran

Salah satu kekhawatiran yang paling sering dihadapi kebanyakan Ibu saat merawat si Kecil adalah tidak suka makan sayuran. Anak saya pun sempat mengalami hal yang sama. Untuk menyiasati masalah ini, saya memutuskan membelikan si Kecil seekor kelinci agar ia dapat belajar dari binatang peliharaannya. Nah, cara yang saya lakukan adalah mengajak si Kecil memberi makan kelinci kesayangannya sambil berkata, “Lihat Dik, kelinci saja makan sayur supaya tumbuh besar dan kuat nantinya. Yuk, adik juga makan sayur biar tambah kuat.”

2. Waktu Tidur Teratur

Perlu Ibu ketahui bahwa hewan peliharaan umumnya tahu kapan waktu bermain dan istirahat yang dibutuhkannya. Itu sebabnya, jika si Kecil menolak untuk tidur siang karena terlalu asyik bermain, Ibu bisa menggunakan hewan peliharaannya sebagai contoh yang baik.

3. Aktif Bergerak

Bu, kebanyakan hewan umumnya senang melompat, berlari, dan bermain. Nah, kebiasaan ini dapat memotivasi si Kecil untuk aktif bergerak bersama hewan peliharaan kesayangannya. Sebagai contoh, ketika melihat hamsternya berlari di atas roda, anak saya juga sering ikut berlari di sampingnya. Sangat menggamaskan ya, Bu!

4. Belajar Memaafkan

Mengajarkan si Kecil untuk mudah memaafkan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dari artikel online yang saya baca, ternyata memiliki peliharaan di rumah dapat menjadi cara efektif mengajarkan si Kecil agar mudah memaafkan. Ini dikarenakan hewan peliharaan memiliki karakter loyalitas yang tinggi. Dari sini, si Kecil dapat mencontoh bahwa jika hewan peliharaannya saja mudah memaafkan, tentu ia juga bisa melakukan hal yang sama.

Ada banyak sekali ya, kebiasaan positif yang dapat si Kecil contoh dari hewan peliharaannya. Yuk, terapkan pola asuh anak sehat dengan mengajak si Kecil merawat hewan peliharaan bersama. Semoga informasi ini dapat membantu si Kecil menjadi anak yang cepat tangkap, aktif bergerak, dan tumbuh sesuai usianya, Bu!