Whatsapp Share Like
Simpan

Banyak orang tua merasa khawatir dengan pertumbuhan buah hatinya. Apakah anak sudah mendapatkan gizi yang cukup? Apakah anak tumbuh sesuai dengan usianya? Apa yang harus orang tua berikan agar anaknya bisa tumbuh sehat dan ideal?

Salah satu indikasi yang bisa dilihat saat anak mendapatkan cukup gizi dan tumbuh sehat adalah tinggi badannya tumbuh sesuai dengan usianya. Di masa pra sekolah, anak dengan usia 4 hingga 6 tahun sangat membutuhkan asupan nutrisi agar bisa tumbuh optimal. Ibu harus terus memberikan asupan makanan bergizi serta susu pertumbuhan tinggi badan anak setiap hari. Di dalam susu pertumbuhan ini ada beberapa kandungan yang sangat baik untuk mengoptimalkan tinggi badan anak. Apa saja kandungan tersebut? Berikut informasinya:

Tinggi Ideal Anak

Sebelumnya Ibu harus tahu dulu, berapa sih tinggi badan yang ideal untuk anak usia 4 hingga 6 tahun? Pada dasarnya tidak ada patokan yang pasti untuk tinggi badan anak, sebab setiap anak tumbuh berbeda-beda begitu pula kecepatan pertumbuhannya. Ada anak yang tumbuh sangat cepat sehingga tubuhnya lebih tinggi dibanding teman-temannya. Namun menurut ketentuan WHO tahun 2007, ada batasan kapan anak dianggap pendek dan memiliki gizi buruk (stunting). Inilah batasan yang dimaksud:

Anak perempuan:

  • Usia 4 tahun: 94, 1 cm
  • Usia 5 tahun: 100,1 cm
  • Usia 6 tahun: 104, 9 cm

Anak laki-laki:

Artikel Sejenis

  • Usia 4 tahun: 94, 9 cm
  • Usia 5 tahun: 100, 7 cm
  • Usia 6 tahun: 106, 1 cm

Kandungan Susu Pertumbuhan

Dalam susu pertumbuhan tinggi badan anak terdapat tiga kandungan yang penting untuk mengoptimalkan tinggi anak di masa pertumbuhannya. Kandungan tersebut antara lain:

  • Protein

    Zat pertama yang sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak adalah protein. Zat ini diibaratkan fondasi terpenting bagi tubuh untuk membangun berbagai jaringan. Asam amino di dalam protein bermanfaat untuk hormon pertumbuhan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, jaringan, otot, kulit, dan organ.

    Di tahap pertumbuhan yang pesat ini anak lebih banyak membutuhkan lebih banyak asupan protein dibandingkan orang dewasa, yaitu per kilogram dari berat badannya. Saat tubuh kekurangan protein, maka dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Di antara masalah tersebut adalah pertumbuhan abnormal, perkembangan mental yang terhambat, daya tahan tubuh melemah, dan menghilangnya massa otot.

  • Vitamin D

    Manfaat dari vitamin D sudah diketahui sangat penting bagi pertumbuhan tulang, terutama tulang anak-anak. Untuk itu zat ini selalu disertakan di setiap susu pertumbuhan anak. Vitamin D nantinya akan bekerja sama dengan kalsium dan fosfat untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat. Jika tubuh kekurangan vitamin D, maka dapat membuat pertumbuhan anak jadi tidak bisa optimal. Bahkan jika anak kekurangan vitamin D secara kronis dapat menyebabkan mereka menderita penyakit rakhitis.

    Rakhitis adalah sebuah kelainan tulang yang mengakibatkan tulang menjadi lemah dan lunak, sehingga bentuknya bisa berubah dan dapat menghambat pertumbuhan. Penyakit ini paling sering menyerang anak dengan usia 6 bulan hingga 3 tahun dan sering ditemui di negara-negara berkembang.

  • Kalsium

    Susu pertumbuhan dibuat dari susu sapi di mana kandungan terbesarnya adalah kalsium yang memiliki peranan besar dalam pertumbuhan tulang anak. Di samping itu kalsium juga berperan sebagai penghantar transmisi impuls saraf dan pembekuan darah.

    Setiap manusia sebenarnya memiliki kalsium yang diambil dari tubuh. Saat jumlahnya tidak mencukupi, maka zat tersebut akan diambil dari tulang sehingga menyebabkan osteoporosis atau tulang rapuh. Oleh karenanya anak sejak dini harus mendapatkan asupan kalsium yang mencukupi. Setidaknya dibutuhkan 1.000 hingga 1.200 mg per hari, seperti yang dianjurkan oleh Yayasan Osteoporosis Amerika Serikat.

  • Fosfor

    Kandungan terakhir dari susu pertumbuhan anak adalah fosfor. Zat ini sangat baik untuk kesehatan tulang dimana akan berguna untuk menyeimbangkan asam basa pada tubuh. Proses tersebut akan mendukung pembentukan struktur tulang dan gigi supaya menjadi kuat.

    Jika tubuh kekurangan asupan fosfor, enzim fosfatase pun mengalami peningkatan untuk membuat fosfor bisa melepaskan diri dari ikatan jaringan tubuh. Zat tersebut kemudian akan bertemu dengan kalsium dan membentuk senyawa kalsium fosfat yang penting dalam membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Itulah manfaat dari kandungan susu pertumbuhan tinggi badan anak, Bu. Selalu berikan susu kepada buah hati Ibu setiap hari dan asupan bernutrisi lainnya supaya mendapatkan semua manfaatnya. Susu bubuk Frisian Flag 456 PRIMANUTRI adalah salah satu contoh susu yang mengandung Protein, Kalsium dan VItamin D3 yang sangat baik untuk dikonsumsi anak di masa tumbuh kembangnya dan membuat anak menjadi tumbuh Tinggi sesuai dengan usianya.

Sumber: https://id.theasianparent.com, https://id.theasianparent.com, https://manfaat.co.id