Whatsapp Share Like
Simpan

Melihat si Kecil tumbuh tinggi dan sehat tentu jadi dambaan setiap Ibu. Fisik yang tumbuh optimal, menjadi tanda bahwa asupan nutrisi diserap secara maksimal. Selain itu, fisik si Kecil akan sangat terbantu dengan gerak aktifnya setiap hari, sehingga otot dan tulangnya selalu digunakan dan akan cepat terlatih.

Asupan nutrisi yang mendukung pertumbuhan tinggi badan si Kecil mudah didapat dari makanan seperti susu, kedelai, dan beberapa makanan lainnya. Kandungan Protein yang tinggi, memungkinkan pertumbuhan sel badan si Kecil. Selain Protein, ada beberapa nutrisi penting lain yang juga berperan besar untuk pertumbuhan tinggi badan.

Setidaknya, terdapat 4 nutrisi penting yang diperlukan demi pertumbuhan tinggi badan si kecil yang optimal.

Protein

Nutrisi yang satu ini jadi nutrisi paling krusial untuk pertumbuhan tinggi badan si Kecil. Jika Ibu ingin si Kecil tumbuh tinggi dan kuat, asupan Protein yang cukup harus senantiasa dipastikan. Protein berperan sebagai ‘bahan bakar’ untuk membangun dan mengembangkan massa otot serta saraf gerak si Kecil.

Kekurangan asupan Protein pada masa pertumbuhan si Kecil bisa berakibat pada pertumbuhan tinggi badan yang terhambat serta kurangnya massa otot dalam tubuh si Kecil. Tentu Ibu tidak mau si Kecil menjadi kurang bertenaga dan tidak tumbuh tinggi bukan? Pastikan si Kecil mengkonsumsi makanan tinggi Protein setiap hari.

Artikel Sejenis

Mineral

Beberapa jenis Mineral tertentu sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan si Kecil. Asupan Mineral ini, juga harus dipastikan keterpenuhannya agar pertumbuhan fisik bisa maksimal. Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Iodine, Mangan dan Fluoride jadi mineral yang paling berperan dalam perkembangan fisiknya.

p>Selain itu, kadar Kalsium tertentu juga diperlukan sebagai nutrisi pembangun kekuatan fisik secara keseluruhan, dan khususnya kekuatan tulang. Tinggi badan yang maksimal didasari oleh kekuatan tulang yang baik. Selain itu, kandungan Mineral juga akan berperan pada proses penyembuhan bilamana si Kecil mengalami cedera.

Vitamin

Asupan Kalsium yang cukup akan memberikan bahan untuk tubuh si Kecil tumbuh tinggi dan memiliki tulang yang kuat. Hal ini juga perlu didukung dengan penyerapan Kalsium yang efektif. Peran ini dimiliki oleh Vitamin D, sebagai pembantu tubuh dalam menyerap asupan Kalsium yang masuk ke tubuh si Kecil.

Selin vitamin D, sebenarnya banyak Vitamin lain yang juga diperlukan. Vitamin tersebut diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin F, dan beberapa Vitamin lainnya. Seimbangnya nutrisi dan Vitamin ini harus didukung pula dengan pola hidup sehat, seperti misalnya olahraga yang rutin, aktivitas di alam terbuka, menjaga kebersihan badan, dan menjauhi makanan dengan kandungan lemak jahat berlebih.

Karbohidrat

Karbohidrat yang berlebihan dapat menimbulkan kegemukan pada si Kecil, sehingga asupan nutrisi ini perlu diperhatikan dengan baik. Karbohidrat akan diolah menjadi tenaga oleh tubuh si Kecil, yang digunakan untuk gerak dan aktivitasnya. Pemilihan sumber Karbohidrat perlu dicermati, agar nutrisi yang masuk tidak membawa dampak negatif.

Makanan yang kaya akan Karbohidrat sehat misalnya nasi (baik putih maupun merah), sereal dengan gandum utuh, dan beberapa makanan lain. Memang, makanan seperti burger dan pizza juga mengandung Karbohidrat, namun karbohidrat yang ada pada makanan ini adalah Karbohidrat tidak sehat. Konsumsi berlebihan akan berdampak penumpukan Karbohidrat dan malah meningkatkan berat badan si Kecil secara tidak wajar.

Banyak sekali produk makanan yang memiliki kandungan keempat nutrisi di atas. Ibu bisa mendapatkan nutrisi penting tersebut, mulai dari produk olahan susu, telur, daging ayam, kedelai, pisang, oatmeal, berbagai jenis kacang, sayuran hijau, buah-buahan, ikan, wortel, daging merah, lobak dan gandum utuh.

Setiap makanan tersebut mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan tinggi badan si Kecil. Mengingat si Kecil harus pula di jaga nafsu makannya, Ibu sebaiknya pandai-pandai mengkreasikan makanan tersebut dan melakukan padu padan sehingga variasi makanan yang dikonsumsi si Kecil semakin beragam.

Jika diperlukan, Ibu juga dapat menambahkan sumber nutrisi lain, seperti susu pertumbuhan. Memang susu ini tidak menjadi sumber satu-satunya, namun konsumsi susu pertumbuhan akan menunjang kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan fisik si Kecil agar makin optimal.

Selain nafsu makan, si Kecil juga biasanya memiliki makanan favorit dan makanan yang kurang digemarinya. Sedikit menjadi masalah jika makanan yang kurang digemarinya adalah makanan yang kaya nutrisi. Dalam hal ini Ibu harus pandai mencari alternatif makanan lain, agar kecukupan nutrisinya tetap terjaga.

Si Kecil yang menjadi picky-eater tidak akan jadi masalah besar, karena berbagai makanan lain bisa jadi alternatif yang lebih diminati oleh si Kecil. Selalu pastikan kecukupan nutrisi si Kecil, agar badannya tumbuh tinggi dan sehat.