Share Like
Simpan

Tumbuh kembang balita berusia 4-6 tahun yang sedang aktif-aktifnya berkarya tentu membuat Ibu senang sekaligus bangga, ya. Selain karena kreativitasnya sudah mulai berkembang, kemampuan motorik si Kecil juga sudah mulai terasah. Menurut pengalaman saya dulu, usia empat tahun merupakan masa-masa ketika ia sedang senang-senangnya menggambar. Apakah Ibu juga sedang mengalami hal yang sama seperti saya dulu?

Saat melihat si Kecil sedang senang-senangnya menggambar, saya sempat berpikir untuk menyalurkan  hobinya ini ke dalam bentuk lain, yaitu membuat hadiah untuk ulang tahun Ayah. Kebetulan, saat itu suami saya akan segera berulang tahun. Akhirnya, saya mencari referensi ide hadiah untuk Ayah yang bisa dibuat bersama si Kecil sesuai dengan tumbuh kembang balita yang sedang aktif berkarya. Berikut hasil temuan saya dulu, di antaranya adalah:

  1. Membuat kartu ucapan

Baik untuk hari ulang tahun Ayah ataupun hari ayah, Ibu dan si Kecil bisa berkreasi bersama untuk membuat kartu ucapan. Caranya mudah, Bu. Ibu hanya perlu menyiapkan kertas gambar atau kertas polos berukuran A4 dan peralatan gambar seperti krayon atau pensil warna. Lalu, lipat kertas menjadi dua bagian dan mintalah si Kecil untuk membuat gambar Ibu dan Ayah pada bagian dalam kertas. Saat proses menggambar, Ibu bisa membantunya dalam membuat tulisan seperti “Selamat ulang tahun Ayah!” atau “Selamat hari Ayah!”. Supaya lebih menarik, Ibu juga bisa meminta si Kecil untuk menambahkan aksesori tambahan seperti stiker

      2. Bingkai foto buatan si Kecil

Agar tumbuh kembang balita usia 4-6 tahun semakin optimal, Ibu bisa mencoba tips yang satu ini, yaitu mengajak si Kecil untuk membuat bingkai foto dari kreasinya. Pertama-tama, Ibu perlu menyiapkan karton berwarna (sesuai selera) berukuran 11x16 cm. Lalu, sediakan alat menggambar seperti spidol atau pensil warna, dan juga lem. Ibu juga bisa menyiapkan stiker untuk menghias bingkai foto buatan si Kecil ini. Terakhir, siapkan foto Ibu, Ayah, dan si Kecil.Sebelum menempelkan foto keluarga Ibu, tandai daerah yang akan ditempelkan dengan foto menggunakan pensil. Kemudian, minta si Kecil untuk menggambar di luar area yang sudah ditandai. Saat menggambar, biarkan ia berkreasi dengan hiasan yang ia mau ya, Bu. Setelah selesai, Ibu bisa mengajaknya untuk menempelkan foto di bingkai yang sudah dihias oleh si Kecil. Lucu ya, Bu, bingkai foto buatannya!

      3. Pembatas buku

Selain bingkai foto, Ibu juga bisa memberikan hadiah berupa pembatas buku hasil kreasi si Kecil. Hal pertama yang perlu Ibu siapkan adalah karton putih polos yang agak tebal yang sudah dipotong berukuran 14x4 cm, pembolong kertas, pita sepanjang 10 cm, cat air, dan wadah untuk menaruh cat. Setelah itu, ajaklah si Kecil untuk membuat cap jari dengan menggunakan cat air, kemudian tempelkan jarinya pada karton yang sudah Ibu siapkan. Jika cap jarinya sudah kering, Ibu bisa mengikatkan pita pada bagian yang berlubang. Selain unik, hadiah ini bisa membuat Ayah senang karena berisi dengan cap jari-jari mungil milik si Kecil.

      4. Kalender kreasi si Kecil

Seiring dengan tumbuh kembang balita, ia kini sudah lebih kreatif dalam berpikir. Itulah sebabnya, tak ada salahnya jika Ibu memberikan hadiah berupa kalender buatan Ibu dan si Kecil. Agar lebih sederhana, Ibu bisa membuat kalender yang dikhususkan hanya untuk satu bulan saja. Pertama-tama, siapkan kertas karton berwarna berukuran A3 atau sekitar 42x29,7 cm peralatan menggambar seperti krayon atau pensil warna, penggaris, dan lem. Kemudian, Ibu bisa terlebih dahulu membuat kalender pada bagian kiri atau kanan kertas. Selanjutnya, ajak si Kecil untuk menggambar pada bagian yang masih kosong. Namun, pastikan ia tak menggambar pada bagian kalender yang sudah Ibu buat, ya. Setelah selesai, mintalah ia untuk memberikan hadiah buatannya ini langsung kepada Ayah.

Bagaimana, Bu? Menarik bukan aktivitas dengan si Kecil ini? Tak hanya mengembangkan kemampuan berimajinasinya, Ibu juga sekaligus membantu mengoptimalkan tumbuh kembang balita. Jika Ibu memiliki ide lain, bagikan dengan ibu-ibu lain di sini, yuk! Selamat mencoba!