Share Like
Simpan

Hai Ibu! Di tahap balita ini, apakah si Kecil suka menggambar? Biasanya, apa obyek yang gemar digambarnya? Nah, hari ini saya ingin berbagi info yang menarik, Bu. Ternyata dari gambar si Kecil, kita bisa menganalisa emosi, perasaan, dan kepribadiannya saat ini, lho. Penasaran, kan? Yuk, baca selengkapnya.

Info ini saya dapatkan saat si Kecil berusia 5 tahun dulu. Berhubung ia suka sekali menggambar, saya iseng melihat hasil kreasinya dulu, tiba-tiba terbersit dalam pikiran saya, “Hm, kira-kira kenapa si Kecil suka menggambar ini, ya?” Setelah itu, saya pun jadi penasaran dan mencoba berdiskusi dengan teman-teman di forum online serta mencari informasinya di internet. Ternyata, infonya sungguh menarik, Bu!

Nah sekarang, mau tahu bagaimana cara mendeteksi perasaan si Kecil lewat gambar buatannya? Berikut ini saya bagikan tipsnya. Silahkan dibaca, Bu!

Warna

Dalam artikel How to Decode Your Child’s Drawing yang dimuat di situs PositiveMed.com, ditulis bahwa pilihan warna dalam gambar si Kecil ternyata bisa kita pakai untuk melihat kepribadian atau sifatnya saat ini. Berikut kira-kira gambarannya:

  • Hitam & Ungu

Warna ini seringkali menunjukkan sifat yang dominan atau sering menuntut yang dimiliki si Kecil.

  • Biru

Tanda kalau si Kecil mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi serta senang bersosialisasi.

  • Merah

Warna ini menggambarkan sikap energik dan antusiasme yang tinggi. Namun, Ibu perlu waspada jika si Kecil menggunakan warna ini untuk menggambar rumah atau pintu karena ini bisa berarti ada sesuatu hal yang sangat mengganggu perasaan si Kecil di dalam rumahnya.

  • Kuning

Kegemaran si Kecil dengan warna kuning biasanya merupakan gambaran dari sikapnya yang ceria serta selalu memiliki rasa penasaran yang tinggi.

  • Hijau

Warna ini identik dengan sikap tenang dan damai, serta seringkali digunakan oleh anak yang menyukai luar angkasa dan seni.

 

Obyek

Seperti yang diungkapkan oleh Martin T. Stein, M.D. dari Parents Magazine, gambar yang dibuat si Kecil seringkali menjadi refleksi dari perasaan hatinya saat ini. Nah, berikut ini ada beberapa contoh obyek yang sering digambar si Kecil dan arti di baliknya:

  • Anggota Keluarga

Walaupun gambarnya terlihat sederhana, tapi letak dan ukuran anggota keluarga yang digambarnya memiliki arti menarik tersendiri, Bu. Sebagai contoh, jika dalam gambarnya si Kecil berukuran lebih besar dibandingkan yang lain, maka ini menandakan kalau ia memiliki rasa percaya diri yang baik. Selain itu, si Kecil juga biasanya cenderung menggambar anggota keluarga terdekatnya di samping gambar dirinya.

  • Rumah

Kita juga bisa melihat mood si Kecil dari bentuk rumah yang dibuatnya. Seperti yang ditulis di PositiveMed.com, tidak adanya jendela di rumah si Kecil bisa jadi merupakan tanda kalau suasana hatinya sedang tidak baik dan ia tidak ingin diganggu siapa-siapa. Sebaliknya, pintu yang terbuka menandakan kalau ia ingin bersosialiasi dengan orang lain.

Wah, ternyata gambar si Kecil memiliki “pesan rahasia” yang menarik sekali untuk dipecahkan, ya. Namun, tentunya ini hanya panduan sederhana saja karena setiap anak tentu memiliki kepribadian yang unik. Jadi, untuk mengetahui arti yang lebih lengkap tentang makna gambar si Kecil, tentunya cara yang terbaik adalah dengan berbincang dan berdiskusi bersama sambil membahas kreasinya tersebut. Akhir kata, semoga info yang saya bagikan ini bisa membantu dan selamat menemani si Kecil menggambar, Bu!