Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah si Kecil sudah memasuki usia sekolah? Wah, selamat ya, Bu! Setiap orangtua tentu menginginkan buah hatinya mendapat pendidikan terbaik. Untuk itu, saya mencari beragam informasi seputar pendidikan untuknya. Menurut artikel online yang saya baca, Ibu dianjurkan tidak hanya fokus pada pendidikan formal, tapi juga mendukung pembentukan karakter si Kecil dengan mendaftarkannya mengikuti ekstrakurikuler.  Ini dia beberapa manfaat ekstrakurikuler bagi tumbuh kembang si Kecil. Simak selengkapnya, Bu! 

1. Mengenal Bakat

Ketika berusia empat tahun, minat dan hobi si Kecil umumnya sudah mulai terlihat. Itu sebabnya, setelah si Kecil masuk sekolah, Ibu bisa membiarkannya memilih jenis ekstrakurikuler yang disenangi. Dengan begitu, si Kecil akan lebih mudah mengenal dan mengasah bakatnya. astikan kegiatan ekstrakurikuler yang si Kecil pilih sesuai dengan usianya ya, Bu.

2. Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi

Ketika bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler, si Kecil akan bertemu dengan banyak teman baru. Ini bisa menjadi kesempatan untuk ia belajar interaksi dan sosialisasi sejak dini. Menurut Dr. Victoria Samuel, seorang psikolog asal Inggris, kemampuan bersosialisasi yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Oleh sebab itu, saya selalu mendukung si Kecil agar berani bersosialisasi dengan temannya.

3. Mengurangi Stres

Bu, memasuki usia sekolah, si Kecil harus melakukan serangkaian rutinitas, seperti mengerjakan pekerjaan rumah, belajar untuk ujian, dan tugas sekolah lainnya. Ini bisa meningkatkan risiko stres. Oleh sebab itu, dengan mendaftarkan si Kecil dalam kegiatan ekstrakurikuler pilihannya, ia akan melepaskan ketegangan setelah jam pelajaran di sekolah.

4. Belajar Menerima Kekalahan

Saya jadi ingat dulu si Kecil selalu menangis ketika kalah bermain. Akhirnya, saya coba konsultasikan hal ini dengan wali kelas sekolahnya. Setelah itu, barulah saya mengerti bahwa reaksi ini sebenarnya wajar, mengingat si Kecil masih belum sepenuhnya mengerti bahwa kekalahan bukanlah hal yang buruk.

Lalu, saya dianjurkan untuk mendaftarkan si Kecil dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi sarana pendidikan karakter anak untuk belajar bekerja keras, memecahkan masalah, dan melihat reaksi orang lain ketika kalah.

 

Ternyata ada begitu banyak manfaat ekstrakurikuler bagi pembentukan karakter anak, ya. Yuk, mulai daftarkan si Kecil untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai minatnya dan lihat ia tumbuh menjadi anak yang cerdas serta kreatif. Semoga informasi ini membantu, Bu!