Whatsapp Share Like
Simpan

Hore! Pastinya si Kecil akan merasa gembira ketika Ibu mengajaknya ke kebun binatang. Namun, tahukah, Ibu? Bermain ke kebun binatang banyak manfaatnya untuk si Kecil, lho. Salah satunya adalah melatih kemampuan bahasa anak. Bahkan, Bu, berdasarkan informasi dari sejumlah artikel yang saya baca, melakukan aktivitas tersebut bisa meningkatkan kepintaran otak si Kecil. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, cek informasinya berikut ini.

1. Memberikan Pengalaman yang Lebih Realistis

Si Kecil memang sudah mengenal beberapa jenis hewan, baik yang berada di lingkungan rumah maupun dari televisi. Namun, mungkin saja si Kecil sering lupa nama hewan-hewan tersebut. Oleh sebab itu, saat melihat binatang secara langsung di kebun binatang, si Kecil akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan dan lebih realistis. Apalagi, beberapa jenis hewan boleh didekati dalam jarak tertentu sehingga masih aman untuk dilihat dari dekat. 

2. Menambah Kosakata dan Kemampuan Berbahasa si Kecil 

Nah, agar pengetahuan si Kecil bertambah saat mengunjungi kebun binatang, Ibu harus aktif memperkenalkan nama hewan yang ditemuinya dan ciri-cirinya. Aktivitas ini bisa membantu menambah kosakata si Kecil dan kemampuannya untuk menjelaskan obyek, Bu. Selain itu, bercerita dengan dukungan objek secara real juga akan lebih mudah diingat oleh si Kecil dibanding hanya melalui gambar. Aktivitas ini akan semakin seru bila Ibu membuat daftar nama-nama hewan tersebut dan mengajak si Kecil mencarinya di kebun binatang.

3. Memperat Ikatan Emosional Keluarga

Ibu dan Ayah mungkin saja tak punya banyak waktu untuk bermain bersama si Kecil. Oleh karena itu, saat akhir pekan maupun liburan panjang, kebun binatang bisa menjadi tempat mendekatkan diri dengan buah hati. Di tempat ini, Ibu bisa mengajak si Kecil bercerita dan bermain. Proses ini bisa mengasah kepintaran dan rasa percaya diri si Kecil, Bu.

4. Belajar Menaati Peraturan

Seperti tempat umum lainnya, kebun binatang juga memiliki peraturan-peraturan tertentu, termasuk mengenai kebersihan dan keamanan. Di sini, Ibu bisa membimbing si Kecil menaati aturan tersebut. Misalnya, aturan untuk membuang sampah di tempatnya, aturan mengantre, sampai larangan memberi makan hewan. Apabila si Kecil bertanya soal peraturan tersebut, berikan penjelasan sederhana yang mudah dimengerti ya, Bu. Misalnya, saat si Kecil bertanya alasan tak boleh memberi makan hewan, jelaskan bahwa hewan tersebut sudah mendapat makanan secara teratur dari pengurus kebun binatang. Selain itu, hal tersebut juga bisa mengurangi risiko hewan makan sembarangan dan menyebabkan sakit. Ketika si Kecil mengetahui cara dan alasan menaati peraturan, ia akan belajar kedisiplinan.

Wah, ternyata banyak sekali ya, Bu, manfaat pergi ke kebun binatang bagi si Kecil. Selain melatih kemampuan bahasa anak, pergi ke kebun binatang juga bisa mengoptimalkan kepintaran dan kemampuan sosial si Kecil. Yuk, ajak si Kecil ke kebun binatang!