Share Like
Simpan

Duh, senangnya melihat si Kecil kini sudah tumbuh menjadi anak yang semakin pintar! Seiring dengan bertambahnya usianya, kemampuan pemahamannya kini juga berkembang ya, Bu. Jika Ibu perhatikan, saat ini mungkin ia sudah mulai bisa mengenali anggota keluarga di sekitarnya, seperti Ibu, Ayah, dan Kakak. Melihat kemampuannya yang sudah semakin berkembang, yuk ajak ia mengenal lebih jauh anggota keluarganya yang lain seperti Kakek, Nenek, Om, dan Tante.

Perkenalannya itu tidak harus selalu dilakukan secara langsung kok, Bu. Sebagai permulaan, Ibu bisa memperkenalkan ia kepada anggota keluarganya yang lain dengan menggunakan album foto keluarga. Nah, agar si Kecil tidak cepat bosan, coba ajak ia bermain tebak-tebakan. Ibu bisa memberikan ia pertanyaan mengenai salah satu anggota keluarga dan minta ia untuk menunjuk foto yang dimaksud. Selain bermain tebak-tebakan, cobalah tunjukkan dua buah foto dan minta si Kecil untuk menunjuk salah satu anggota keluarga yang sama pada kedua foto tersebut. Mudah kan, Bu? Lewat permainan yang seru ini, ia tentu semakin antusias ya dalam menjawab tebak-tebakan yang Ibu tanyakan.

Bagaimana, Bu? Apakah ia sudah semakin mengenal keluarga besarnya saat ini? Untuk mempermudah proses perkenalannya itu, Ibu juga bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Ajak si Kecil bermain bersama anggota keluarga yang lain

Ketika keluarga besar sedang berkumpul, ajak ia bermain bersama sepupu seusianya agar dapat mengenal satu sama lain. Seperti halnya bermain dengan Ibu, bermain dengan sepupu-sepupunya juga dapat mempererat ikatan antara si Kecil dengan anggota keluarga lain. Saat mereka sedang bermain, jangan lupa abadikan aktivitasnya melalui foto dan video. Lalu, tunjukkan kepada si Kecil saat di rumah untuk membantunya mengingat kembali teman bermainnya yang baru tersebut.  

2. Ajak si Kecil menginap di rumah saudara

Mengajaknya menginap di rumah paman atau kakek dapat membuat si Kecil mengenal lebih jauh orang-orang di sekitarnya dan apa perannya. Dengan begitu, ia akan membangun rasa aman pada dirinya terhadap anggota keluarga lain. Akan tetapi, jangan terlalu sering mengajaknya menginap ya, Bu. Hal tersebut justru rentan membuatnya merasa kurang nyaman berada di rumah sendiri.

3. Menitipkan si Kecil kepada sanak saudara

Hal ini dapat dilakukan sesekali untuk mempererat ikatan antara si Kecil dengan sanak saudara lainnya. Selain itu, hal ini juga berguna untuk membangun rasa mandiri pada si Kecil. Ibu bisa melakukannya ketika Ayah dan Ibu memiliki urusan yang tidak memungkinkan untuk membawanya ikut serta. 

Jadi, selain mendekatkan ia kepada anggota keluarga lainnya, aktivitas di atas juga dapat melatih kemampuan bersosialisasinya lho, Bu. Semakin sering ia berinteraksi dengan sanak saudara, maka memori pada si Kecil turut bertambah seiring dengan berkembangnya kemampuan mengingat, berpikir, serta menghubungkan. Seperti halnya permainan memori untuk anak-anak, aktivitas seperti ini turut membantu perkembangan syaraf pada si Kecil. Baiknya lagi, aktivitas tersebut juga menambah rasa percaya diri padanya, Bu. 

Nah, agar ia dapat terus beraktivitas dengan lincah dan penuh semangat, pastikan ia selalu mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Saat ini, si Kecil membutuhkan nutrisi lengkap agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Di sela-sela aktivitas bermainnya, Ibu bisa memberikan ia camilan sehat, misalnya berupa stik wortel, stik keju, alpukat, kacang panjang yang dikukus, atau kombinasi kentang dengan keju.  Ibu juga bisa menambahkan kepingan biskuit berserat tinggi yang baik bagi pencernaan si Kecil. Jangan lupa Bu, agar pertumbuhannya tetap optimal, tetap berikan ia 2 gelas susu pertumbuhan Frisian Flag Jelajah setiap harinya, ya. Susu Frisian Flag Jelajah memiliki kandungan protein tinggi serta vitamin A, C, dan E yang dapat membantu proses tumbuh kembangnya saat ini.

Semoga informasi kami bermanfaat ya, Bu!