Whatsapp Share Like Simpan

Berbagai jenis buah untuk ibu hamil merupakan nutrisi penting yang perlu Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Sebab, buah-buahan tersebut bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan Ibu, tetapi juga penting untuk mendukung tumbuh kembang janin. Lantas, apa saja jenis buah untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi? Cari tahu daftarnya di bawah ini, yuk! 

  • Pisang

    Pisang termasuk buah untuk ibu hamil yang kaya vitamin B9 (asam folat), kalium, serta berbagai nutrisi penting lainnya. Asam folat dibutuhkan untuk ibu hamil karena berperan dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Sementara, kalium dalam pisang bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh selama kehamilan. Bahkan, pisang juga merupakan buah untuk ibu hamil yang tinggi serat, sehingga dapat membantu mencegah sembelit atau konstipasi selama masa kehamilan. 

  • Alpukat

    Alpukat merupakan buah untuk ibu hamil yang menjadi sumber kalori dan lemak sehat. Kehadiran dua nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh Ibu dan janin. Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan Ibu, serta mengandung beragam vitamin penting lainnya, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat). Setiap vitamin tersebut tak hanya bermanfaat bagi Ibu, tetapi juga bagi perkembangan janin. 

  • Jeruk

    Seperti yang Ibu ketahui, buah untuk ibu hamil ini merupakan buah dengan sumber vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Jeruk juga mengandung vitamin B9 (asam folat) dan serat yang menyehatkan saluran pencernaan Ibu, serta kandungan airnya yang cukup banyak bisa membuat ibu hamil tetap terhidrasi. 

  • Pepaya

    Tidak hanya memiliki rasa yang manis, pepaya juga termasuk buah untuk ibu hamil yang mengandung beragam nutrisi, mulai dari serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), kalium, kalsium, dan lainnya. Mengonsumsi pepaya yang sudah matang dapat mengurangi risiko ibu hamil mengalami sembelit. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari pepaya yang belum matang (biasanya berwarna hijau). Sebab, pepaya mentah kaya zat lateks, yaitu zat yang dapat memicu kontraksi rahim, sehingga tidak aman untuk ibu hamil.

    Artikel Sejenis

  • Mangga

    Mangga menjadi buah untuk ibu hamil yang cukup populer karena perpaduan rasanya yang manis dan asam menyegarkan. Mangga kaya vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi pada janin. Ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari hanya dengan mengonsumsi satu mangkuk mangga lho. Selain itu, kalium dalam mangga dapat menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. 

  • Apel

    Siapa yang gemar mengonsumsi apel? Buah untuk ibu hamil ini ternyata kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan Ibu dan janin lho. Apel termasuk buah yang tinggi serat, vitamin A, dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan menurunkan kolesterol. Buah untuk ibu hamil ini pun mengandung nutrisi lain, seperti protein, zat besi, fosfor, kalium, vitamin D, vitamin B12, natrium, dan kalsium. 

  • Pir

    Tak kalah dengan apel, pir juga termasuk buah untuk ibu hamil yang kaya manfaat karena di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, mulai dari serat, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, vitamin B9 (asam folat), kalium, magnesium, dan tembaga. Dengan mengonsumsi pir, sistem kekebalan ibu hamil juga akan meningkat, membantu menjaga kesehatan saraf, dan meningkatkan kesehatan saluran cerna. 

  • Jambu Biji

    Jambu biji biasanya identik disebut sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan demam berdarah. Namun, buah ini juga ternyata bermanfaat untuk ibu hamil lho. Jambu biji jadi pilihan tepat bagi ibu hamil yang ingin mendapatkan asupan vitamin C, vitamin E, dan vitamin B9 (asam folat) yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin dan sesuai batas normal, maka akan mengurangi risiko sembelit pada ibu hamil, meningkatkan sistem imun, sebagai antioksidan, dan menurunkan tekanan darah. 

  • Anggur

    Ada mitos yang menyebutkan bahwa anggur dapat menyebabkan ibu hamil keguguran. Padahal, hal tersebut tidak benar lho, Bu. Faktanya, anggur termasuk buah yang kaya antioksidan yang dapat melawan radikal bebas akibat infeksi penyakit. Dengan begitu, anggur bisa menjadi buah untuk ibu hamil yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu meningkatkan perkembangan otak janin. Selain itu, kandungan zat besi di dalam anggur pun bisa membantu mengurangi risiko anemia bagi ibu hamil. 

  • Semangka

    Ibu ingin terhindar dari dehidrasi selama kehamilan? Nah, semangka termasuk buah untuk ibu hamil dengan kadar air yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan harian, selain dari air putih. Kebutuhan cairan ini penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas air ketuban, serta perkembangan kehamilan pun dapat terjaga dengan baik. Tak hanya itu, buah untuk ibu hamil ini pun mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, likopen, tembaga yang penting bagi kesehatan Ibu dan janin.

  • Kiwi

    Buah untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan adalah kiwi. Di balik perpaduan rasa manis, asam, dan segar, ternyata kiwi menyimpan beragam nutrisi penting, seperti serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, natrium, kalium, zat besi, dan magnesium. Tak heran jika buah untuk ibu hamil ini dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi risiko penggumpalan darah, dan membantu pembentukan jaringan otak dan saraf bayi. 

  • Buah Naga

    Buah naga juga termasuk buah untuk ibu hamil yang menyimpan beragam manfaat untuk ibu hamil. Manfaat buah naga yang paling penting yaitu dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah naga juga bisa membantu mengatasi berbagai keluhan yang sering dialami ibu hamil, seperti sembelit dan anemia. Ini karena buah naga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, protein, antioksidan, serat, dan zat besi. 

  • Stroberi

    Jenis buah beri yang satu ini pun memiliki beragam manfaat untuk ibu dan janin lho. Stroberi termasuk buah untuk ibu hamil yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, dan menurunkan tekanan darah. Semua manfaat ini muncul berkat adanya kandungan nutrisi yang beragam, di antaranya protein, serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, kalium, magnesium, dan natrium. 

  • Buah bit

    Buah bit termasuk salah satu jenis buah yang mengandung vitamin B9 (asam folat) yang cukup tinggi lho, Bu. Nutrisi ini penting untuk membantu perkembangan sumsum tulang belakang janin, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur metabolisme, dan menjaga tekanan darah tetap normal. Selain asam folat, buah untuk ibu hamil ini pun mengandung nutrisi lainnya, mulai dari protein, serat, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6 yang penting bagi ibu hamil. 

Dari daftar buah untuk ibu hamil tersebut, kira-kira buah mana yang jadi favorit Ibu? Apapun jenisnya, pastikan untuk mengonsumsi buah sesuai dengan batas normal ya, Bu. Ibu juga perlu menyeimbangkan kebutuhan gizi harian dari makanan bernutrisi lainnya, salah satunya dari susu yang diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui. Sebab, susu merupakan sumber protein berkualitas yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin. 

Nah, susu Frisian Flag MAMA bisa jadi pilihan tepat karena mengandung beragam nutrisi penting, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, zinc (seng), fosfor, natrium, dan magnesium.

Susu Frisian Flag MAMA merupakan susu yang diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui yang mengandung nutrisi untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Frisian Flag Mama merupakan sumber protein yang penting untuk pertumbuhan tulang si Kecil dan juga daya tahan tubuh Ibu.

Di dalam Frisian Flag MAMA pun mengandung kalsium yang tinggi untuk kesehatan tulang Ibu dan si Kecil, tinggi zat besi untuk mencegah anemia, sumber serat inulin untuk mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi, serta tinggi asam folat untuk mencegah terjadinya cacat pada tabung syaraf janin. Selain itu, Frisian Flag MAMA juga mengandung multivitamin dan multimineral lainnya.

Susu  Frisian Flag MAMA hadir dengan rasa cokelat yang lezat dan bisa diminum dalam sajian susu panas maupun dingin sesuai selera Ibu. Konsumsi 2 gelas susu Frisian Flag MAMA setiap hari dapat memberikan tambahan energi sebanyak 380 kkal dan protein 18 gram, guna mendukung asupan gizi selama periode kehamilan dan menyusui.