Whatsapp Share Like Simpan

Kesehatan anak adalah hal yang utama. Benar kan, Bu? Sebisa mungkin anak jangan sampai terserang penyakit. Terlebih sekarang sedang merebak virus menular yang berbahaya. Jika tidak dijaga dengan baik, anak bisa dengan mudah tertular.

Solusi tepat untuk mencegah hal tersebut menimpa buah hati adalah dengan meningkatkan sistem imun dengan memberikan makanan sehat. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan membantu memperkuat daya tahan tubuh anak untuk mencegah serangan mikroorganisme yang masuk ke tubuhnya. Makanan tersebut antara lain sebagai berikut:

Paprika Merah

Tahukah Ibu kalau kandungan vitamin C di dalam paprika merah itu sangat tinggi? Ya, sayuran ini bahkan mengandung vitamin C tiga kali lebih banyak dari jeruk florida lho, Bu. Tak hanya itu saja, paprika merah juga mengandung vitamin A yang akan bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata anak agar tidak mudah mengalami rabun jauh ataupun penyakit mata lainnya.

Brokoli

Si hijau yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kandungan nutrisinya. Brokoli adalah makanan sehat yang mengandung tiga jenis vitamin, yaitu A, C, dan E. Sayuran ini juga kaya kandungan serat dan antioksidan yang akan memperkuat sistem imun dan menjaga kesehatan sistem pencernaan anak.

Jeruk

Di samping rasanya yang enak dan menyegarkan, jeruk adalah buah yang termasuk ke dalam golongan makanan sehat. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C bekerja dengan memperbanyak kadar sel darah putih yang berperan dalam membentengi tubuh dari infeksi. Ada banyak jenis buah jeruk yang bisa Ibu berikan pada anak, seperti jeruk nipis, florida, lemon, dan keprok.

Artikel Sejenis

Pepaya

Mirip seperti jeruk, pepaya adalah jenis buah sumber vitamin C. Buah dengan daging berwarna jingga ini juga mengandung papain, yaitu enzim pencernaan yang memiliki efek sebagai anti-inflamasi. Pepaya masih mengandung beberapa mineral yang sangat baik untuk kesehatan, mulai dari folat, magnesium, dan kalium.

Kiwi

Buah lainnya yang merupakan sumber vitamin C adalah kiwi. Makanan sehat berwarna hijau dengan rasa asam ini juga kaya akan nutrisi penting lainnya untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak. Nutrisi tersebut antara lain vitamin K, kalium, dan folat.

Bayam

Tidak hanya kaya kandungan beta karoten dan antioksidan, bayam adalah jenis makanan sehat yang mengandung banyak vitamin C. Semua kandungan tersebut akan membuat tubuh memiliki sistem imun yang lebih kuat untuk melawan infeksi. Bayam juga masih mengandung berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk tumbuh kembang anak, Bu, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan banyak jenis mineral.

 

Baca juga: Pola Hidup Sehat dan Makan Bergizi, Kunci Kesehatan Si Kecil

Almond

Kacang-kacangan, seperti almond, adalah sumber makanan sehat yang mengandung vitamin E. Manfaatnya tidak hanya bagus untuk kesehatan kulit, tapi juga untuk membangun daya tahan tubuh yang kuat. Di dalam almond juga terkandung jenis lemak sehat yang akan berguna untuk sumber energi agar anak semangat dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Biji Bunga Matahari

Sering disebut kuaci, biji bunga matahari merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi. Diantaranya adalah vitamin B6, E, selenium, magnesium, dan fosfor. Dari kandungan vitamin E tersebut, sistem kekebalan tubuh anak akan lebih terpelihara dan kuat dalam menangkal serangan penyakit.

Yogurt

Produk olahan susu ini memiliki kandungan probiotik yang akan membantu memperkuat daya tahan tubuh anak. Selain itu, makanan sehat ini juga mengandung vitamin D yang akan menjadi asupan bagi tulang anak supaya lebih kuat. Jadi untuk anak, pilihlah yogurt yang diperkaya kandungan vitamin D. Ibu juga sebaiknya memberikan yogurt tawar yang tidak mengandung gula. Jika anak ingin rasa manis, Ibu bisa menambahkan madu atau buah-buahan yang alami dan menyehatkan.

Kunyit

Ibu mungkin lebih mengenal kunyit sebagai rempah-rempah yang berkhasiat untuk membangkitkan nafsu makan. Namun nyatanya, kunyit juga efektif untuk mendorong daya tahan tubuh dan sebagai antivirus. Makanan sehat ini masih memiliki manfaat lainnya bagi anak, yaitu sebagai antiinflamasi untuk menyembuhkan artritis reumatoid dan osteoartritis, serta mengurangi kerusakan otot.

Bawang Putih

Ternyata, selain merupakan bumbu yang dapat melezatkan masakan, bawang putih juga dapat membantu meningkatkan kesehatan anak lho, Bu. Bawang putih sudah terbukti efektif dalam menangkal infeksi, memperlambat pengerasan pada pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut berkat adanya kandungan allicin, yaitu sebuah senyawa belerang yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Jahe

Jahe sering dikonsumsi untuk memberikan efek hangat dalam tubuh saat sedang dalam kondisi tidak sehat. Namun, jahe juga sangat berkhasiat bagi kesehatan, karena mampu mengurangi peradangan. Jahe juga bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh serta mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti mengurangi nyeri kronis, menurunkan kolesterol, dan mengatasi mual.

 

Berikan makanan sehat di atas pada buah hati secara rutin supaya daya tahan tubuhnya meningkat dan ia jadi lebih sehat ya, Bu. Jangan lupa imbangi dengan gaya hidup sehat, seperti istirahat cukup, rajin berolahraga, mencuci tangan, dan menjaga kebersihan. Semoga Ibu dan keluarga sehat selalu.

Bagi Ibu yang masih punya pertanyaan seputar anak, jangan ragu untuk melakukan berkonsultasi pada laman Tanya Pakar. Namun pastikan Ibu sudah melakukan registrasi sebelumnya ya, Bu!


Sumber: 

Kompas.com