Jika Ibu sedang membaca artikel ini, bisa jadi Ibu sedang dalam fase kehamilan awal dan ingin mencari tahu kira-kira asupan apa yang bisa Ibu konsumsi sebagai makan penguat kandungan. Jadi, selamat ya Bu! Semoga kehamilan Ibu lancar dan senantiasa sehat. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Awal-awal kehamilan memang merupakan fase yang bisa dibilang cukup rentan dan Ibu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup sehingga membutuhkan makanan penguat kandungan untuk mendukung perkembangan bayi, sekaligus menjaga kesehatan Ibu supaya dalam kondisi prima sejak awal kehamilan.

Ragam Makanan Penguat Kandungan

Salah satu cara untuk membantu memperkuat kandungan Ibu di awal kehamilan adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan Ibu dan perkembangan janin. Sebab di momen awal kehamilan inilah baik Ibu dan janin dalam kandungan Ibu sedang membutuhkan banyak nutrisi untuk membantunya berkembang. 

Untuk itu Ibu perlu mengonsumsi Susu Frisian Flag PRIMAMUM sebagai nutrisi tambahan yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap, DHA, dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. 

Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual di awal-awal kehamilan.

Artikel Sejenis

Tentunya selain minum Susu Frisian Flag PRIMAMUM , bukan berarti Ibu lantas bisa sembarang makan apa saja, tetap jaga asupan makanan yang Ibu konsumsi untuk memperkuat kandungan. Berikut adalah ragam makanan penguat kandungan yang bagus untuk Ibu konsumsi. Yuk, simak baik-baik. 

  1. Makanan Penguat Kandungan: Telur

    Bila Ibu tidak memiliki alergi telur, makanan satu ini bisa dibilang sebagai sumber nutrisi lengkap yang sangat baik dikonsumsi oleh Ibu hamil. Dalam sebutir telur mengandung protein, asam amino, dan kolin yang baik untuk perkembangan janin dan mengurangi resiko cacat janin. Namun, walau dikenal sebagai makanan penguat kandungan, tidak dianjurkan bagi Ibu hamil untuk mengonsumsi telur setengah matang. Jadi pastikan memasak telur goreng Ibu sampai matang ya!

  2. Makanan Penguat Kandungan: Salmon

    Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat krusial dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi. Selain itu kandungan ini juga dapat membantu meningkatkan mood Ibu hamil yang cenderung naik turun. Tak hanya itu, salmon juga merupakan makanan penguat kandungan yang baik karena memiliki kandungan vitamin D yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, juga menjaga kesehatan tulang Ibu selama hamil. Namun ada baiknya Ibu menghindari dulu mengonsumsi salmon mentah selama masa kehamilan untuk mengurangi resiko kontaminasi makanan yang dapat mengganggu kesehatan Ibu hamil.

  3. Makanan Penguat Kandungan: Kacang-kacangan

    Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, edamame atau apapun kacang favorit Ibu sangat dianjurkan sebagai camilan untuk Ibu hamil. Kacang merupakan sumber protein nabati yang baik dan juga mengandung zat besi, asam folat, potassium, dan magnesium atau tepatnya makanan penguat kandungan yang sempurna karena mengandung hampir “semua” nutrisi baik yang dibutuhkan Ibu hamil. Tak hanya itu, kacang juga kaya akan serat yang bisa membantu mengatasi konstipasi saat kehamilan.

  4. Makanan Penguat Kandungan: Ubi Manis

    Warna oranye dari ubi manis berasal dari karotenoid atau pigmen organik yang akan berubah menjadi vitamin A ketika dicerna di dalam tubuh. Bayi membutuhkan vitamin A untuk perkembangan tulang, mata, paru-paru dan kulit yang sehat. Tak hanya itu, ubi manis juga mengandung vitamin B6 yang bisa membantu mengatasi rasa mual saat kehamilan sehingga dapat dikonsumsi sebagai salah satu makanan penguat kandungan.

  5. Makanan Penguat Kandungan: Alpukat

    Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk membentuk otak dan kulit bayi. Sebagai makanan penguat kandungan, Alpukat juga tinggi vitamin K, antioksidan, dan asam folat yang dapat bantu mengurangi risiko cacat lahir. Ibu dapat mengonsumsi alpukat sebagai toping roti, camilan, ataupun jus yang menyegarkan.

  6. Makanan Penguat Kandungan: Kurma

    Buah kurma kering memiliki kandungan serat yang tinggi, potasium, dan zat besi yang dibutuhkan Ibu hamil sehingga cocok sebagai camilan makanan penguat kandungan. Namun demikian buah kering seperti kurma juga memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga lebih baik dimakan dalam porsi kecil, atau sebagai pemanis dalam campuran smoothies.

  7. Makanan Penguat Kandungan: Daging Tanpa Lemak atau Daging Ayam

    Daging merupakan makanan penguat kandungan dengan sumber protein yang sempurna, vitamin B, zat besi dan seng. Namun pastikan Ibu mengonsumsi daging yang dimasak hingga benar-benar matang untuk menghindari infeksi bakteri atau parasit seperti salmonela dan toksoplasma yang berbahaya bagi kandungan. Dan kurangi konsumsi daging olahan yang mengandung bahan pengawet.

  8. Makanan Penguat Kandungan: Brokoli dan Sayuran Berdaun Hijau Gelap

    Brokoli dan sayuran dengan daun hijau gelap seperti bayam atau kale bisa dibilang sebagai “superfood” bagi Ibu yang sedang merencanakan kehamilan atau di fase-fase awal kehamilan. Makanan penguat kandungan ini penuh dengan berbagai vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, C dan K, juga kalsium, zat besi, dan asam folat. Tak haya itu, sayur-sayuran ini juga mengandung banyak antioksidan dan serat.

  9. Makanan Penguat Kandungan: Greek Yogurt

    Greek yogurt memiliki tekstur yang sedikit lebih kental dibandingkan yogurt biasa namun memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak. Selain itu greek yogurt juga merupakan sumber prebiotik, vitamin B, fosfor dan kalsium. Kalsium membantu menjaga tulang Ibu tetap kuat selama kehamilan juga perkembangan tulang bayi.

  10. Makanan Penguat Kandungan: Buah dan Sayuran Berwarna 

    Beda warna berati beda nutrisi. Ketika hamil, Ibu membutuhkan berbagai nutrisi dan vitamin yang kompleks, untuk itu penting bagi Ibu untuk mengonsumsi makanan penguat kandungan dari berbagai buah dan sayuran yang berbeda warna sebagai variasi untuk memberikan asupan nutrisi beragam selama kehamilan.

  11. Makanan Penguat Kandungan: Biji-bijian

    Mengonsumsi biji-bijian seperti oat, gandum utuh, barley, quinoa, beras hitam, atau beras merah sangat baik untuk Ibu hamil sebagai penguat kandungan. Biji-bijian kaya akan serat dan nutrisi seperti vitamin B, zat besi, asam folat, magnesium, antioksidan vitamin E dan mineral selenium.

Nutrisi yang dibutuhkan Ibu Hamil

Berikut ini adalah 5 nutrisi esensial yang dibutuhkan Ibu untuk mendukung kehamilannya tetap sehat dan kuat, yakni:

  1. Asam Folat

    Asam folat merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan tulang belakang bayi. Kekurangan asam folat selama kehamilan dapat meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur atau berat badan yang rendah. Selama masa kehamilan tubuh butuh 600-1000 mcg asam folat setiap hari. Makanan penguat kandungan seringkali dianjurkan memiliki kandungan asam folat yang tinggi. 

  2. Kalsium

    Baik ibu dan maupun si Kecil di dalam kandungan membutuhkan kalsium untuk mengembangkan tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga mendukung kinerja fungsi otot dan syaraf. Ibu yang sedang hamil biasanya sering mengeluh mengalami sakit gigi atau gigi ngilu, ini menandakan bahwa Ibu butuh makanan penguat kandungan dengan asupan kalsium yang cukup. Ibu hamil membutuhkan 1.300 miligram kalsium setiap harinya.

  3. Vitamin D

    Vitamin D bekerja bersama kalsium untuk membantu membentuk tulang dan gigi yang kuat pada bayi. Bisa dibilang kalsium dapat bekerja dengan baik jika didukung asupan vitamin D yang cukup. Ibu hamil membutuhkan makanan penguat kandungan yang bisa memenuhi 600 IU kalsium setiap harinya selama masa kehamilan.

  4. Protein

    Protein merupakan nutrisi esensial yang sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan sebab protein menunjang perkembangan bayi selama proses kehamilan. Ibu hamil membutuhkan makanan penguat kandungan yang mengandung 71gr protein setiap hari.

  5. Zat Besi

    Tubuh membutuhkan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Selama masa kehamilan tubuh Ibu butuh dua kali asupan protein lebih banyak dibandingkan ketika sedang tidak hamil. Tubuh membutuhkan zat besi untuk memproduksi lebih banyak darah yang akan menyuplai oksigen ke bayi. Ibu hamil butuh makanan penguat kandungan dengan 27 miligram zat besi setiap hari.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penguat kandungan yang mengandung 5 nutrisi esensial tersebut untuk mendukung kebutuhan nutrisi yang mereka butuhkan selama fase kehamilan.

Itulah 11 nutrisi dan makanan penguat kandungan yang baik untuk dikonsumsi Ibu sejak awal hingga sepanjang masa kehamilan. Selama masa kehamilan sangat penting bagi Ibu untuk memerhatikan serta menjaga asupan nutrisinya agar senantiasa cukup untuk memenuhi kebutuhan Ibu hamil dan bayi yang dikandung. 

Selain mengonsumsi ragam makanan penguat kandungan di atas, selama kehamilan, Ibu perlu tambahan nutrisi dan kalori dari susu untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin. 

Ibu bisa mengonsumsi susu yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial – protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu) dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), zat besi, serat pangan inulin, vitamin C, protein, kalsium dan seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa kehamilan.

Semua nutrisi di atas bisa Ibu dapatkan dengan rutin mengonsumsi 1 gelas susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap harinya karena Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan 9AAE dan 9 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan dan juga pada saat menyusui nanti. 

Terlebih lagi DHA sangat dibutuhkan di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil sejak dalam kandungan dan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM juga tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. Susu Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat enek atau mual.

Ibu sudah tahu belum, kapan si Kecil akan lahir? Jika belum, yuk cari tahu hari perkiraan lahir si Kecil dengan menggunakan Kalkulator Kehamilan yang ada pada Akademi Keluarga Prima. Tak hanya tahu kapan si Kecil akan lahir, fitur ini juga membantu Ibu dalam mengetahui sudah sejauh mana perkembangan janin di dalam kandungan. Yuk, coba sekarang di halaman sini!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.