Whatsapp Share Like
Simpan

Selain nutrisi makro, bayi berusia 10 bulan juga membutuhkan nutrisi mikro untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Salah satu dari nutrisi mikro ini adalah vitamin. Ibu tentunya sudah mengetahui bahwa vitamin terdiri dari banyak jenis. Lantas, apa saja jenis vitamin untuk bayi 10 bulan? Berikut informasi yang sudah saya dapatkan, Bu:

Vitamin A

Dikenal baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga masih memiliki fungsi lainnya lho, Bu. Vitamin A ikut menjaga kesehatan rambut dan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Untuk bayi berusia 6 bulan hingga anak usia 3 tahun akan membutuhkan vitamin A sekitar 400 mcg per hari.

Vitamin ini cukup mudah ditemukan secara alami di dalam beberapa jenis sumber makanan. Di antaranya adalah wortel, brokoli, bayam, kuning telur, hati ayam, hati sapi, ikan, minyak ikan, dan ubi.

Vitamin B1

Vitamin untuk bayi 10 bulan selanjutnya adalah vitamin B1 (tiamin). Vitamin ini berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi yang diperlukan untuk tumbuh kembang serta mengoptimalkan fungsi sel-sel tubuh, terutama sel saraf. Setiap harinya, bayi membutuhkan sekitar 0,3 mg vitamin B1 yang bisa diperoleh dari nasi, kacang-kacangan, biji-bijian, daging sapi, daging ayam, ikan, dan hati sapi.

Vitamin B2

Vitamin B2 (riboflavin) berperan dalam banyak hal. Diantaranya adalah melindungi sel dari kerusakan serta menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, dan mata. Bayi akan membutuhkan setidaknya 0,3 mg vitamin B2 setiap hari yang bisa didapat dari berbagai jenis makanan, seperti telur, daging sapi, sayuran, dan susu.

Artikel Sejenis

Vitamin B3

Vitamin B3 (niacin) berfungsi untuk mengubah protein dan lemak menjadi energi, serta menjaga kesehatan sistem saraf dan kulit. Sebaiknya bayi mengonsumsi sekitar 2 hingga 4 mg vitamin B3 setiap hari. Vitamin B3 secara alami terdapat pada ikan, daging ayam, hati ayam, jamur, kentang, kacang polong, dan alpukat.

Vitamin B6

Vitamin untuk bayi 10 bulan selanjutnya adalah vitamin B6 (pyridoxine) yang bermanfaat untuk memperbaiki daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan otak. Bayi sebaiknya mengonsumsi sekitar 0,1 hingga 0,3 mg vitamin B6 setiap hari. Beberapa sumber vitamin ini antara lain ikan, daging ayam, buah, sayuran, kacang-kacangan, dan susu.

Vitamin B9

Istilah folat mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Ibu, bukan? Ternyata folat adalah nama lain dari vitamin B9 lho, Bu. Manfaatnya bagi kesehatan bayi memang sudah tidak diragukan lagi. Sejak di dalam kandungan, bayi sudah membutuhkan folat untuk mengurangi risiko cacat. Setelah lahir ke dunia, bayi membutuhkannya untuk membentuk sistem imunitas tubuh serta membentuk sel darah merah untuk mencegah anemia.

Setiap harinya bayi akan membutuhkan vitamin B9 sebanyak 65 hingga 80 mcg. Ibu bisa mendapatkannya dari telur, alpukat, brokoli, bayam, jagung, dan kacang-kacangan.

Vitamin B12

Vitamin B12 (cobalamine) dibutuhkan oleh bayi untuk menjaga kesehatan darah dan sel-sel saraf serta memproduksi DNA di setiap sel. Vitamin B12 sebaiknya rutin dikonsumsi bayi setiap hari sebanyak 0,4 hingga 0,5 mikrogram yang bisa didapatkan dari telur, ikan, daging sapi, keju, dan susu.

Vitamin C

Vitamin untuk bayi 10 bulan yang tak kalah penting adalah vitamin C. Selain berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin ini juga dapat membantu penyembuhan luka, membangun tulang dan otot, serta menyerap zat besi untuk tubuh.

Dibutuhkan vitamin C sebanyak 40 sampai 50 mg per hari untuk bayi. Vitamin ini mudah didapatkan karena banyak terkandung di dalam buah dan sayuran, seperti jambu biji, jeruk, strawberry, pepaya, kiwi, mangga, brokoli, kembang kol, dan kentang.

Vitamin D

Untuk pertumbuhannya, bayi akan sangat membutuhkan vitamin D, karena vitamin ini sangat baik untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang dan gigi. Bayi disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 mcg vitamin D setiap hari.

Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari. Ajak bayi untuk berjemur di pagi hari atau berikan sumber makanan seperti kuning telur, ikan, daging sapi, hati sapi, susu, dan sereal.

Vitamin E

Untuk kesehatan kulit dan mata, bayi akan membutuhkan vitamin E setiap hari sebanyak 4 sampai 5 mg. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan melindungi sel dari kerusakan. Vitamin E bisa didapat dari buah dan sayuran, seperti mangga, alpukat, kiwi, bayam, dan brokoli.

Vitamin K

Vitamin untuk bayi 10 bulan yang terakhir adalah vitamin K. Vitamin ini berperan dalam membantu pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka. Untuk bayi, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 sampai 10 mcg vitamin K setiap hari. Beberapa contoh sumber makanan vitamin K antara lain telur, ikan, daging, hati, kol, kembang kol, bayam, dan brokoli.

Itulah jenis-jenis vitamin untuk bayi 10 bulan yang harus dicukupi, Bu. Saat bayi kekurangan vitamin, maka proses tumbuh kembangnya pun akan ikut terhambat. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada buah hati ya, Bu. Yuk, mulai sekarang cukupi kebutuhan vitamin untuk bayi melalui MPASI!

Laman Tanya Pakar hadir bagi Ibu yang ingin berkonsultasi tentang anak. Semua pertanyaan Ibu akan dijawab secara langsung oleh ahlinya. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu, ya.

Sumber:

www.alodokter.com