Whatsapp Share Like Simpan

Madu merupakan sumber daya alam yang memberikan banyak manfaat bagi manusia. Di dalam madu tersimpan segudang nutrisi yang luar biasa dan sangat baik bagi kesehatan. Bagi anak yang sudah berusia 1 tahun atas, disarankan untuk mengonsumsi madu secara rutin, karena manfaat madu untuk anak itu sangatlah banyak.

Madu mengandung nutrisi diantaranya protein, karbohidrat, vitamin B, zat besi, zinc, tembaga, dan kalsium. Madu juga mengandung gula alami berupa fruktosa dan glukosa yang bisa digunakan sebagai pengganti gula untuk anak-anak. Dari kandungan tersebut, maka manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut:

Untuk Pertumbuhan & Kesehatan Organ Dalam

Dengan banyaknya vitamin dan mineral yang tersimpan di dalam madu, maka madu dapat membantu menjaga kesehatan organ dalam si Kecil. Kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam mendukung perkembangan organ dan otot. Ada juga beberapa jenis asam amino, sehingga manfaat madu untuk anak akan mempercepat pertumbuhan fisik dan tulangnya. Ini artinya mengonsumsi madu secara rutin dapat membantu si Kecil jadi cepat besar, tidak mudah sakit, dan mempunyai tulang yang kuat.

Menunjang Fungsi Memori Otak

Pada usia ini, si Kecil sedang mempelajari banyak hal baru. Otaknya pun akan membutuhkan nutrisi untuk menunjang fungsi memorinya supaya lebih mudah belajar dan mengingat. Madu memiliki fungsi yang mirip seperti asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan salmon. Manfaat madu untuk anak akan membantu mengoptimalkan fungsi memori otak karena adanya kandungan antioksidan alami.

Selain itu, madu juga dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dari makanan yang sudah dikonsumsi si Kecil. Zat ini akan membantu meningkatkan daya ingat dan proses berpikir otak yang nantinya akan berpengaruh pada kecerdasan si Kecil saat tumbuh lebih besar.

Artikel Sejenis

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Adanya kandungan vitamin C, kalium, dan mineral lainnya sebagai antioksidan, maka madu juga akan memperkuat daya tahan tubuh si Kecil. Madu bekerja untuk membuat sistem imun mengurangi aktivitas sel yang tidak sehat di dalam tubuh. Madu juga mampu mencegah segala aktivitas yang menyebabkan infeksi, baik karena virus, bakteri, ataupun jamur. Memberikan si Kecil madu secara rutin akan membuat tubuhnya lebih sehat dibandingkan dengan tubuh anak lain yang tidak rutin mengonsumsi madu.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Madu mirip seperti yogurt yang mengandung bakteri lactobacillus alami, sehingga dapat menjadi prebiotik alami. Bakteri tersebut berperan dalam menangkal serangan bakteri jahat di dalam saluran pencernaan. Dengan begitu, manfaat madu untuk anak efektif dalam menjaga kesehatan pencernaan dan usus lebih sehat, sehingga nutrisi dapat terserap dengan lebih maksimal.

Sebagai Obat Pilek & Batuk Alami

Ketika si Kecil sedang mengalami pilek atau batuk, jangan langsung diberi obat, Bu. Lebih baik Ibu memberikannya madu, karena madu mampu menghilangkan sumber alergi penyebab pilek, batuk, dan sesak nafas serta semua cairan pada si Kecil. Dengan begitu, saluran pernapasannya pun jadi lega, bersih, dan sehat.

Berikan madu yang dicampur dengan air hangat ketika si Kecil sudah menunjukkan gejala pilek atau batuk ringan. Bisa juga dengan dicampur air panas untuk diuapkan ke hidung si Kecil.

Meredakan Berbagai Keluhan Penyakit

Selain berkhasiat sebagai obat pilek dan batuk alami, manfaat madu untuk anak juga bisa untuk meredakan berbagai keluhan penyakit, seperti diare, asma, mual, dan muntah. Ini karena madu mengandung senyawa alami yang efektif dalam meredakan keluhan tersebut. Madu bersifat mudah diserap tubuh dan nutrisinya masuk ke tubuh melalui aliran darah yang akan membuat si Kecil jadi lebih bugar dan sehat.

Menjaga Fungsi Hati

Seiring bertambahnya usia anak, fungsi hatinya akan ikut meningkat. Makanan yang ia konsumsi pun semakin bervariasi, sehingga fungsi hati akan semakin bekerja lebih banyak untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Untuk meningkatkan kinerja tersebut, hati membutuhkan asupan seperti madu yang mampu menyehatkan fungsi hati secara alami. Ini juga termasuk mengeluarkan berbagai racun yang terkandung di dalam obat yang mungkin pernah Ibu berikan padanya.

Membantu Penyembuhan Luka

Sedang berada dalam fase sangat aktif pasti akan membuat si Kecil sering terluka ya, Bu. Alih-alih memberikan obat tetes dan plester pada lukanya, lebih baik berikan ia madu saja. Madu dikatakan dapat mempercepat proses penyembuhan luka berkat adanya kandungan protein yang berfungsi memperbaiki jaringan dan sel tubuh yang rusak pada luka.

Jika hanya luka ringan, Ibu hanya perlu mengoleskan madu langsung pada luka tersebut supaya penyembuhannya lebih efekti. Untuk luka yang lebih berat, berikan madu pada minuman atau makanannya agar penyembuhan terjadi dari dalam tubuh.

Memberikan Tambahan Energi

Rasa ingin tahu yang besar akan membuat si Kecil selalu bergerak aktif. Untuk mendukung aktivitas buah hati tersebut, maka Ibu harus memberikannya madu karena didalamnya terkandung berbagai macam gula alami, mulai dari laktosa, sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Keempat gula tersebut akan memberikan  tambahan energi pada si Kecil agar ia tidak mudah lelah dan bisa lincah mengeksplor segala hal. Tak hanya itu, kandungan gula alami juga membuat manfaat madu untuk anak dapat memperlancar aliran darah pada tubuh, sehingga ia tidak mudah terserang penyakit.

Menangkal Alergi

Ibu yang memiliki buah hati yang beralergi pasti sering merasa cemas dan harus berhati-hati. Ibu bisa mengurangi rasa cemas tersebut dengan memberikan si Kecil madu. Ini karena madu berfungsi untuk menangkal sumber penyebab alergi atau histamin yang dapat memunculkan reaksi alergi, seperti ruam, gatal, bengkak pada mata dan wajah, biduran, eksim, atau sesak napas. Berikan madu pada si Kecil secara bertahap untuk mengetahui reaksinya terhadap reaksi alergi buah hati.

 

Sungguh luar biasa bukan manfaat madu untuk anak, Bu? Oleh karenanya, jangan lupa untuk memberikan buah hati madu secara rutin sebanyak 1-2 kali sehari setelah usianya menginjak 1 tahun. Imbangi juga dengan makan bergizi lengkap supaya ia semakin sehat dan tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal.

Jika ibu memiliki pertanyaan lain seputar nutrisi maupun tumbuh kembang anak, silahkan berkunjung ke laman Tanya Pakar. Para ahli di sana akan menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu ya, Bu.


Sumber:

Sehatq

Kumparan