Madu memiliki segudang nutrisi yang luar biasa dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bagi orang dewasa, ternyata ada sejumlah manfaat madu untuk anak 1 tahun ke atas jika dikonsumsi secara rutin dalam batasan yang wajar. Sebelum membahas apa saja manfaat madu untuk anak 1 tahun ke atas, pastikan Ibu selalu memenuhi kebutuhan gizinya dengan memberikan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang bisa dukung imunitas dan akal cermat si Kecil ya, Bu. Susu ini mengandung tinggi DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya, serta 14 vitamin dan 9 mineral untuk bantu menjaga daya tahan tubuhnya. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari madu untuk anak 1 tahun ke atas, saat ini ada berbagai jenis madu yang sudah dikomposisikan khusus untuk kesehatan anak-anak. Sehingga Ibu bisa pilih jenis madu yang paling sesuai dan pas untuk kebutuhan. 

Ada juga banyak snack atau makanan anak-anak yang berasal dari olahan madu, sehingga lebih mudah untuk memberikannya kepada si Kecil. Mari simak informasi lengkap di bawah ini sampai habis ya, Bu!

Baca juga: Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

11 Manfaat Madu untuk Anak 1 Tahun ke Atas

Kandungan madu memang baik dan punya manfaat untuk kesehatan, yaitu protein, karbohidrat, vitamin B, zat besi, zinc, tembaga, dan kalsium. Gula alami juga terdapat dalam kandungan madu untuk anak 1 tahun berupa fruktosa dan glukosa yang bisa digunakan sebagai pengganti gula untuk anak-anak. 

Artikel Sejenis

Dari kandungan tersebut, maka manfaat madu untuk anak 1 tahun yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut:

  1. Perisa Rasa Manis Alami

    Madu untuk anak 1 tahun memiliki kandungan yang sama seperti gula, yaitu fruktosa dan glukosa. Namun karena madu adalah bahan alami, sering kali madu dipilih menjadi perisa pemanis alami dalam menu makanan si Kecil.

  2. Membantu Pertumbuhan dan Kesehatan Organ Dalam

    Madu untuk anak 1 tahun memiliki berbagai manfaat tidak lain dikarenakan banyaknya vitamin dan mineral yang tersimpan di dalam madu. Salah satunya untuk membantu menjaga kesehatan organ dalam si Kecil. Kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam mendukung perkembangan organ dan otot.

    Menurut penelitian ada juga beberapa jenis asam amino dalam madu untuk anak 1 tahun, yaitu prolin, asam glutamat, asam aspartat, glutamin, histidin, glisin, treonin, alanin, valin, metionin, sistein, isoleusin, leusin, triptofan, fenilalanin, ornitin, lisin, serin, dan asparagin yang membantu mempercepat pertumbuhan fisik dan tulangnya. 

    Dengan begitu, memberikan madu untuk anak 1 tahun secara rutin dapat membantu si Kecil jadi cepat besar, tidak mudah sakit, dan mempunyai tulang yang kuat.

  3. Menunjang Fungsi Memori Otak

    Pada usia ini, si Kecil sedang mempelajari banyak hal baru. Otaknya pun akan membutuhkan nutrisi untuk menunjang fungsi memorinya supaya lebih mudah belajar dan mengingat. 

    Madu untuk anak 1 tahun memiliki manfaat yang tampak mirip seperti asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan salmon. Pemberian madu untuk anak 1 tahun akan membantu mengoptimalkan fungsi memori otak karena adanya kandungan antioksidan alami.

    Selain itu, madu juga dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dari makanan yang sudah dikonsumsi si Kecil. Zat ini akan membantu meningkatkan daya ingat dan proses berpikir otak yang nantinya akan berpengaruh pada kecerdasan si Kecil saat tumbuh lebih besar.

  4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

    Kandungan vitamin C, kalium, dan mineral lainnya sebagai antioksidan dalam madu juga akan memperkuat daya tahan tubuh si Kecil. Madu bekerja untuk membuat sistem imun mengurangi aktivitas sel yang tidak sehat di dalam tubuh. 

    Madu untuk anak 1 tahun juga mampu mencegah berbagai kondisi yang menyebabkan infeksi, baik karena virus, bakteri, ataupun jamur. Memberikan si Kecil madu secara rutin akan membuat tubuhnya lebih sehat dibandingkan dengan tubuh anak lain yang tidak rutin mengonsumsi madu.

    Baca juga: Anak Tidak Mau Minum Susu? Ini Cara Mudah Mengatasinya

  5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

    Madu untuk anak 1 tahun mengandung bakteri lactobacillus alami, sehingga dapat menjadi prebiotik alami. Bakteri tersebut berperan dalam menangkal serangan bakteri jahat di dalam saluran pencernaan. 

    Dengan begitu, mengonsumsi madu untuk anak 1 tahun akan efektif dalam menjaga kesehatan pencernaan dan usus lebih sehat, sehingga nutrisi dapat terserap dengan lebih maksimal.

  6. Sebagai Obat Pilek & Batuk Alami

    Manfaat madu untuk anak 1 tahun sebagai obat pilek & batuk alami - ibudanbalita

    Madu untuk anak 1 tahun ternyata mampu menghilangkan sumber alergi penyebab pilek, batuk, dan sesak nafas serta semua cairan pada si Kecil. Dengan begitu, saluran pernapasannya pun jadi lega, bersih, dan sehat.

    Berikan madu yang dicampur dengan air hangat ketika si Kecil sudah menunjukkan gejala pilek atau batuk ringan. Bisa juga dengan dicampur air panas untuk diuapkan ke hidung si Kecil.

  7. Meredakan Berbagai Keluhan Penyakit

    Selain berkhasiat sebagai obat pilek dan batuk alami, madu untuk anak 1 tahun juga bisa untuk meredakan berbagai keluhan penyakit, seperti diare, asma, mual, dan muntah. 

    Manfaat madu yang ini karena madu mengandung senyawa alami yang efektif dalam meredakan keluhan tersebut. Madu bersifat mudah diserap tubuh dan nutrisinya masuk ke tubuh melalui aliran darah yang akan membuat si Kecil jadi lebih bugar dan sehat.

  8. Menjaga Fungsi Hati

    Seiring bertambahnya usia si Kecil, fungsi hatinya akan ikut meningkat. Makanan yang ia konsumsi pun semakin bervariasi, sehingga fungsi hati akan semakin bekerja lebih banyak untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

    Peran madu untuk anak 1 tahun salah satunya untuk meningkatkan kinerja tersebut, hati membutuhkan asupan seperti madu yang mampu menyehatkan fungsi hati secara alami. Ini juga termasuk mengeluarkan berbagai racun yang terkandung di dalam obat yang mungkin pernah Ibu berikan padanya.

  9. Membantu Penyembuhan Luka

    Pemberian madu untuk anak 1 tahun cocok bagi si Kecil yang sedang berada dalam fase sangat aktif dan sering kali terluka. Madu dikatakan dapat mempercepat proses penyembuhan luka berkat adanya kandungan protein yang berfungsi memperbaiki jaringan dan sel tubuh yang rusak pada luka.

    Jika hanya luka ringan, Ibu hanya perlu mengoleskan madu langsung pada luka tersebut supaya penyembuhannya lebih efektif. Untuk luka yang lebih berat, berikan madu pada minuman atau makanannya agar penyembuhan juga terjadi dari dalam tubuh.

  10. Memberikan Tambahan Energi

    Rasa ingin tahu yang besar akan membuat si Kecil selalu bergerak aktif. Guna mendukung aktivitas buah hati tersebut, maka Ibu harus memberikannya madu untuk anak 1 tahun karena didalamnya terkandung berbagai macam gula alami, mulai dari laktosa, sukrosa, glukosa, dan fruktosa. 

    Keempat gula tersebut akan memberikan tambahan energi pada si Kecil agar ia tidak mudah lelah dan bisa lincah mengeksplor segala hal. Tak hanya itu, kandungan gula alami dalam madu untuk anak 1 tahun juga dapat memperlancar aliran darah pada tubuh si Kecil, sehingga ia tidak mudah terserang penyakit.

  11. Menangkal Alergi

    Manfaat madu bahkan berkaitan dengan alergi. Ibu yang memiliki buah hati yang beralergi pasti sering merasa cemas dan harus berhati-hati. Ibu bisa mengurangi rasa cemas tersebut dengan memberikan si Kecil madu untuk anak 1 tahun. 

    Pasalnya, madu berfungsi untuk menangkal sumber penyebab alergi atau histamin yang dapat memunculkan reaksi alergi, seperti ruam, gatal, bengkak pada mata dan wajah, biduran, eksim, atau sesak napas. Berikan madu pada si Kecil secara bertahap untuk mengetahui reaksinya terhadap reaksi alergi buah hati.

Baca juga: Cara Menangani Alergi Makanan dan Minuman pada Balita

Sungguh luar biasa bukan manfaat madu untuk anak 1 tahun di atas, Bu? Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan buah hati madu secara rutin sebanyak 1-2 kali sehari setelah usianya menginjak 1 tahun.

Bisa juga memberikan mereka makanan atau cemilan dari olahan madu. Imbangi juga dengan makanan bergizi lengkap supaya ia semakin sehat dan tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal.

Jika si Kecil termasuk yang suka dengan rasa madu, Ibu bisa memberikannya susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil. Susu ini memiliki varian rasa madu, vanilla, dan cokelat lezat yang pastinya akan disukai si Kecil.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk dukung imunitas dan akal cermat si Kecil. Selain mengandung DHA tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung cobain fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.