1000 hari pertama kehidupan merupakan periode emas bagi buah hati. Mulai dari proses pembuahan dalam rahim Ibu hingga si Kecil berusia dua tahun adalah periode penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya di masa mendatang. Ibu harus memastikan stimulasi mulai dari kegiatan sehari-hari serta asupan si Kecil yang tinggi nutrisi. Salah satunya adalah susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang kaya dengan nutrisi untuk tumbuh kembang si Kecil seperti DHA yang 4x lebih tinggi serta 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Dalam 1000 hari pertama kehidupan ini, bukan hanya nutrisi dan stimulasi yang harus diperhatikan, tetapi juga bagaimana cara Ibu merawat si Kecil agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Apa yang Harus Ibu Lakukan di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak?

1000 hari pertama kehidupan buah hati adalah momen penting yang harus terus dipantau karena di periode ini banyak fungsi organ tubuh si Kecil yang sedang dibentuk dan berkembang. Karena menurut penelitian, 80 persen pembentukan dan perkembangan otak akan terjadi di periode 1000 hari pertama kehidupan si Kecil.

Tak heran jika periode ini sering kali dianggap sebagai fondasi agar anak tumbuh primai. Melansir laman IDAI, 1000 hari pertama kehidupan anak juga merupakan waktu yang tepat untuk pemulihan bila ada gangguan perkembangan. 

Menurut penelitian, ternyata angka gangguan yang dialami anak-anak akibat masalah gizi masih cukup tinggi dialami masyarakat Indonesia. Salah satu gangguan pertumbuhan yang kurang diperhatikan oleh para orang tua adalah stunting, yaitu kondisi masalah gizi kronis yang ditandai dengan tubuh anak lebih pendek dibandingkan dengan anak seusianya. 

Artikel Sejenis

Selain masalah tinggi badan, stunting juga bisa menyebabkan dampak lain, seperti kecerdasan di bawah rata-rata, sistem imun lemah, dan anak lebih berisiko mengidap diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker di kemudian hari. Kondisi stunting bisa terjadi jika Ibu tidak memerhatikan pertumbuhan dan perkembangan 1000 hari pertama kehidupan si Kecil. 

Dalam jurnal EBioMedicine yang dipublikasi oleh The Lancet menyebutkan bahwa masalah stunting pada anak berkaitan erat dengan kurangnya asupan asam amino esensial dalam tubuh. Penelitian itu menunjukkan pentingnya asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sebagai cara agar cepat tinggi untuk anak.

Dari penelitian tersebut dapat dilihat bahwa asupan nutrisi berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal, terutama di 1000 hari pertama kehidupannya. Nutrisi tepat selama kehamilan dan menyusui, pemberian MPASI, dan nutrisi lain terbukti memiliki dampak besar terhadap tumbuh kembang anak. 

Asupan nutrisi yang berkualitas, pola hidup sehat, serta menjaga kebersihan juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit. Dengan memantau sejak dini, Ibu dapat langsung berkonsultasi dengan dokter bila ada gangguan yang dialami si Kecil. 

IDAI juga menganjurkan untuk melakukan pemantauan pertumbuhan dengan cara menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan serta lingkar kepala, yang nantinya akan disesuaikan dengan kurva pertumbuhan anak berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Pemantauan perkembangan 1000 hari pertama kehidupan anak sebaiknya dilakukan dengan cara pengamatan langsung oleh petugas kesehatan di pos pelayanan terpadu atau posyandu. 

Nutrisi Penting di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Nutrisi penting di 1000 hari pertama kehidupan anak - ibudanbalita

Seperti yang sudah disebutkan, dalam mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan anak, Ibu harus memenuhi nutrisi mulai dari masa kehamilan. Ingat ya, Bu, asupan nutrisi saat hamil sangat dibutuhkan untuk menentukan kesehatan si Kecil saat lahir. 

Ibu juga harus lebih cermat dalam memilih makanan sehat, sebagai contoh, cukupi asupan protein dan asam folat untuk menghindari risiko cacat bawaan. Banyak ahli yang menyebut, protein dan asam folat berperan dalam pembentukan sel otak. Setelah nutrisi kehamilan tercukupi, periode selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyusui. 

Dalam periode ini, kualitas ASI juga harus diutamakan agar kebutuhan gizi si Kecil terpenuhi. Setelah si Kecil sudah bisa mengonsumsi MPASI, Ibu harus lebih mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. 

Ada berbagai nutrisi yang perlu Ibu penuhi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, beragam vitamin, dan mineral. Protein termasuk zat gizi penting yang memiliki fungsi khas yang tidak dimiliki oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. 

Oleh karenanya, asupan protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama di 1000 hari pertama kehidupan anak. Ibu bisa mendapatkan zat gizi ini dari sumber protein hewani dan protein nabati. 

Sumber makanan protein hewani meliputi susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan hasil olahannya. Sementara, makanan berprotein nabati meliputi kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. 

Perlu Ibu ketahui, protein hewani adalah jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Sebab, protein nabati memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh.

Baca juga: Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang 9 Asam Amino Esensial

Dalam tubuh, protein akan dipecah menjadi bentuk lebih sederhana yang disebut asam amino. Nah, jenis asam amino yang sangat penting adalah 9 jenis asam amino esensial atau 9AAE. Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) ini sangat dibutuhkan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkan bantuan dari makanan tinggi protein. 

Demi menunjang 1000 hari pertama kehidupan si Kecil, kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin dengan fungsi sebagai berikut:

  • Leusin: Membantu proses sintesisasi protein untuk meningkatkan kinerja perbaikan otot, merangsang hormon pertumbuhan, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Isoleusin: Membantu meningkatkan metabolisme otot si Kecil agar pembentukan ototnya jadi lebih optimal dan memiliki fisik yang kuat.
  • Valin: Membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot yang diperlukan selama 1000 hari pertama kehidupan agar si Kecil tumbuh menjadi anak yang kuat.
  • Triptofan: Membantu mengatur nafsu makan, tidur, serta suasana hati si Kecil.
  • Fenilalanin: Membantu memproduksi protein di dalam tubuh.
  • Metionin: Menjaga pertumbuhan jaringan serta penyerapan seng dalam tubuh.
  • Treonin: Berperan dalam metabolisme lemak dan fungsi kekebalan tubuh si Kecil.
  • Lisin: Membantu penyerapan kalsium yang baik untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang si Kecil.
  • Histidin: Membantu fungsi kognitif otak dan daya ingat si Kecil secara optimal.

Tahukah Ibu, apa yang akan terjadi jika asupan 9AAE tidak lengkap? itu akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dibuktikan juga dalam sebuah penelitian dari National Center for Biotechnology Information yang menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9AAE akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 34 persen. 

Sementara, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar 50 persen. Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh si kecil. 

Oleh karena itu, 9 asam amino esensial (9AAE) menjadi nutrisi penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, terutama di 1000 hari pertama kehidupannya. Kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk tumbuh kembang optimal si Kecil. 

Stimulasi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Stimulasi di 1000 hari pertama kehidupan anak - ibudanbalita

Untuk menunjang perkembangan si Kecil di 1000 hari pertama kehidupannya, Ibu juga perlu mengasah stimulasi anak dalam beberapa aspek, baik saat masa kehamilan maupun saat si Kecil sudah lahir. 

Ada beberapa aspek yang harus distimulasi dengan tepat oleh Ibu di 1000 hari pertama kehidupannya mulai dari aspek motorik kasar, motorik halus, bahasa (kognitif), dan sosialisasi. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memantau tumbuh kembang si Kecil di 1000 hari pertama kehidupan agar dapat mencegah gangguan atau penyimpangan sebagai berikut:

  • Gangguan pertumbuhan

    Misalnya ditandai dengan status gizi anak kurang atau buruk sehingga menyebabkan stunting.

  • Gangguan perkembangan

    Misalnya ditandai dengan terlambat berbicara dibandingkan anak seusianya. 

  • Gangguan mental emosional anak

    Misalnya ditandai dengan gangguan konsentrasi dan hiperaktif.

Jika Ibu melihat ada gangguan pertumbuhan, perkembangan, atau emosional anak di 1000 hari pertama kehidupannya, segeralah konsultasikan dengan dokter agar dapat ditangani dengan cepat dan tepat. 

Untuk mendukung 1000 hari pertama kehidupan si Kecil, Ibu perlu memberikan asupan DHA dan 9AAE yang bisa didapatkan di dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Karena Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung DHA 4x lebih tinggi dan 9AAE yang lengkap.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk meningkatkan akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 

Semua nutrisi penting ini bisa Ibu dapatkan dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain mengandung DHA 4x lebih tinggi serta 9AAE, susu ini juga dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3&6, Asam Sialat, dan Sphingomyelin tertinggi di kelasnya. Susu ini juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Kini beli produk Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa raih kesempatan mendapat hadiah spesial dari Ibu & Balita melalui program POIN PRIMA. Yuk Bu, daftar sekarang di sini!

Setelah menjadi anggota, Ibu dapat mengumpulkan poin untuk setiap pembelian produk Frisian Flag PRIMAMUM/PRIMAGRO 1+/PRIMAGRO 3+. Temukan 10 digit kode unik di dalam kemasan dan kirim melalui website, SMS atau whatsapp.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.