Whatsapp Share Like Simpan

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk diberikan pada si Kecil karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Biasanya, para Ibu mengandalkan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C buah hatinya. Padahal, ada beberapa sayuran yang mengandung vitamin C lho, Bu, sehingga bisa dijadikan pilihan untuk variasi menu harian si Kecil. Nah, berikut daftar beberapa sayuran sumber vitamin C tersebut, Bu:

Manfaat Vitamin C

Seperti yang sudah disinggung di atas, vitamin C memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Di samping untuk memperkuat sistem imun tubuh, vitamin C juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan. Ini akan berdampak pada fungsi saraf dan organ si Kecil supaya tetap bekerja dengan baik.

Kandungan antioksidan tersebut juga akan membantu mencegah infeksi pada luka karena ia bekerja untuk menangkal bakteri yang akan masuk ke tubuh melalui luka. Selain itu, proses pengeringan lukanya pun jadi lebih cepat. Vitamin C juga memiliki manfaat mirip seperti vitamin D, yaitu membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang si Kecil karena peranannya dalam menyerap zat besi. Di usianya ini, tulang dan gigi anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga ia akan membutuhkan asupan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tersebut.

Baca juga: 5 Macam Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Beberapa sayuran yang mengandung vitamin C antara lain:

Artikel Sejenis

  • Merupakan keluarga sayuran cruciferous membuat kale kaya akan kandungan vitamin C. Pada secangkir kale mentah saja sudah terkandung 80 mg vitamin C, sedangkan jika sudah dimasak kandungannya akan menurun menjadi 53 mg.
  • Kubis brussel. Juga tergolong sayuran cruciferous, kubis brussel pun menjadi sayuran yang mengandung vitamin C cukup banyak, yaitu 49 mg pada setengah cangkirnya. Selain itu, sayuran ini juga merupakan sumber vitamin A, vitamin K, kalium, mangan, folat, dan serat.
  • Sayuran yang mengandung vitamin C ini sering digunakan untuk mempercantik tampilan makanan. Sebaiknya peterseli juga dimakan ya, Bu, karena di dalam 8 gr peterseli sudah terkandung 10 mg vitamin C.
  • Kandungan vitamin C pada brokoli cukup tinggi lho, Bu, yaitu 51 mg untuk secangkir brokoli matang. Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi vitamin C dari brokoli dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, memperkuat daya tahan tubuh, dan menurunkan kadar stres.
  • Meski belum bisa mengkonsumsi cabai, tapi kandungan vitamin C di dalam cabai merah dan cabai hijau ini sangat tinggi, lho. Satu buah cabai hijau saja sudah mengandung vitamin C sebanyak 109 mg, sementara untuk satu buah cabai merah mengandung 65 mg.
  • Paprika kuning. Sayuran yang mengandung vitamin C satu ini sangat unik, Bu, karena kandungan vitamin C nya akan meningkat setelah dimasak. Sebanyak 75 gr paprika kuning saja sudah terkandung vitamin C sebanyak 137 gr. Banyak sekali ya, Bu?
  • Kembang kol. Sayuran yang satu ini mirip dengan brokoli dan sudah sangat familiar di Indonesia. Ternyata, di dalam 128 gr kembang kol ini terkandung 77% RAH (Rekomendasi Asupan Harian) vitamin C, lho.
  • Bayam jepang. Bayam jepang atau yang juga sering disebut bayam mustard merupakan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Pada secangkir bayam jepang mentah sudah mengandung vitamin C sebanyak 195 mg. Namun ketika dimasak, panas api akan menurunkan kadarnya menjadi 117 mg.
  • Disebut juga dengan thyme, timi adalah sayuran yang mirip dengan peterseli dan sama-sama mengandung vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada timi segar lebih tinggi daripada jeruk, lho. Di dalam 28 gr timi sudah mengandung 45 mg vitamin C.
  • Memiliki bau yang harum dan sering dimasukkan ke dalam sayur sop, seledri juga tergolong ke dalam sayuran yang mengandung vitamin C. Saat dijadikan jus, di dalam satu cangkirnya sudah terkandung 14 mg vitamin C.

Kebutuhan Vitamin C Anak

Kebutuhan vitamin C setiap anak itu tidak sama, Bu, tapi disesuaikan dengan usia. Jadi, meskipun sangat bermanfaat bagi tubuh, pemberiannya harus tetap diawasi agar tidak berlebihan. Berikut adalah daftar kebutuhan vitamin C anak sesuai usia:

  • Usia 0-6 bulan: 40 mg
  • Usia 7-12 bulan: 50 mg
  • Usia 1-3 tahun : 15 mg
  • Usia 4-8 tahun: 25 mg
  • Usia 9-13 tahun: 45 mg

Itulah daftar sayuran yang mengandung vitamin C yang bisa diberikan pada si Kecil, Bu. Kombinasikan dengan sumber nutrisi lainnya agar kebutuhan gizi si Kecil tetap tercukupi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, termasuk susu.

Pilihlah susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang sudah diperkaya dengan nutrisi lengkap yang dapat membantu mencukupi asupan nutrisi si Kecil. Pada susu ini mengandung kombinasi zat gizi makro: protein, karbohidrat dan lemak, Serat pangan (Inulin), kalsium, omega 3 dan 6, minyak ikan, selenium, zinc, dan zat besi.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.

Sumber:

Alodokter, SehatQ