Whatsapp Share Like
Simpan

Ibu ingat nggak permainan yang mengharuskan kita berkeliling kursi menggunakan musik, terus waktu musiknya dimatikan kita harus segera cari tempat duduk? Nah, gara-gara lihat saudara-saudara bermain di acara keluarga kemarin, saya jadi terinspirasi untuk membuat permainan yang serupa bersama si Kecil.

Bedanya, yang kami perebutkan bukanlah kursi, tapi kartu berisi jenis-jenis ekspresi. Jadi, saya membuat lima potongan karton yang bertuliskan senang, sedih, cemberut, marah, bersemangat, dan malas sebagai alat bermainnya. Cara mainnya gimana?

  1. Pertama, saya siapkan lagu kesukaan si Kecil beserta kartu yang sudah saya buat.
  2. Lalu, kartu-kartu tadi saya letakkan pada sebuah wadah di antara saya dan si Kecil. 
  3. Untuk memulai permainan, saya memutar lagu yang sudah disiapkan, kemudian saya ajak si Kecil untuk berjalan mengelilingi wadah kartu tadi. 
  4. Di tengah proses berkeliling, secara tiba-tiba, saya matikan lagu tersebut. Ketika lagunya berhenti, saya dan si Kecil harus segera mengambil kartu dari dalam wadah tadi. Yang pertama kali mendapat kartu, ia harus memperagakan ekspresi sesuai dengan yang tertulis pada kartu tanpa menggunakan deskripsi kata.
  5. Setelah itu, kartu dikembalikan ke dalam wadah tersebut, diacak ulang, dan musik kembali diputar.

Kala itu, yang mendapat giliran pertama kali adalah si Kecil. Kebetulan ia mendapatkan ekspresi bersemangat. Lucu deh, Bu. Sewaktu memperagakan ekspresi yang didapat, si Kecil malah menari-nari sambil melompat kegirangan. Awalnya saya sempat bingung harus menjawab senang atau bersemangat. Akhirnya, saya mencoba menebak dengan jawaban senang. Melihat jawaban Ibunya salah, si Kecil malah tertawa karena merasa menang. Ya, namanya juga anak-anak, saya malah jadi ikutan tertawa.

Sebetulnya apa sih, manfaat yang bisa didapat lewat permainan sederhana seperti ini? Jangan salah, Bu. Meskipun kelihatannya sederhana, tapi manfaatnya untuk si Kecil cukup besar lho. Permainan ini bisa menstimulasi kemampuan sosial, emosional, sekaligus kreativitasnya. Coba Ibu amati, melalui aktivitas bermain, kemampuan si Kecil untuk bekerja sama dengan orang sekitarnya semakin terlatih. Baiknya lagi, ia jadi bisa lebih bebas berekspresi. Jika si Kecil belum bisa membaca, aktivitas ini juga bisa mendorongnya mengenal huruf sambil bermain lho.

Hebat kan, Bu? Manfaat ini bisa didapat karena saat bermain peran, kemampuan berimajinasi si Kecil juga turut berkembang. Apalagi saat bermain Kartu Ekspresi ini, ia hanya diperbolehkan untuk membuat ekspresi tanpa kata-kata. Lewat peraturan permainan tersebut, si Kecil jadi dituntut untuk bisa jadi kreatif semaksimal mungkin. Buktinya saya sempat terkecoh dengan jawaban yang hampir mirip kan, Bu? Selain itu, dari kemampuan menafsirkan ekspresi yang didapat si Kecil, ia secara tidak langsung juga mengeluarkan sisi unik pada dirinya. Dengan membiasakan si Kecil bermain seperti ini, Ibu jadi melatihnya berekspresi dengan lebih baik, lho. 

Sewaktu memikirkan ide permainan seperti ini, saya langsung teringat akan efek sampingnya. Si Kecil pasti merasa haus dan lapar setelah asyik bermain. Untuk menghindari risiko ia menjadi hiperaktif karena pemanis buatan pada camilan tertentu, akhirnya saya memutuskan untuk menyajikan camilan nikmat buatan sendiri. Pilihan pun jatuh pada es krim berbahan dasar susu Frisian Flag Karya Suprima, rasa cokelat. Repot? Nggak kok, Bu. Cara membuatnya mudah dan kandungan gizinya juga terjamin. Selain dengan memberikan susu 3x sehari, menjadikan  susu sebagai cemilan yang mudah dibuat dan disukai si Kecil yaitu es krim coklat merupakan ide yang bagus.

Menginjak usia 4-6 tahun, si Kecil mulai memiliki kemampuan untuk berimajinasi dan ingin bereksperimen untuk mewujudkan karyanya. Nah, untuk melakukan semua itu, si Kecil membutuhkan nutrisi untukmendukung kreativitasnya. susu pertumbuhan Frisian Flag Karya Suprima, yang diformulasikan untuk setiap tahap penting pertumbuhan si Kecil, memiliki kombinasi Tinggi Vitamin D,  Selenium, Fosfor, Seng, Vitamin D, A, C, dan E, Inulin dan tentu saja Kalsium yang dapat membantu menjaga pertumbuhan serta kekuatan tulangnya. 

Selamat bermain bersama si Kecil!