Berburu kado kelahiran bayi itu sangat menyenangkan ya, Bu. Namun, karena banyaknya barang yang bisa dijadikan pilihan, terkadang bisa membuat pusing juga. Mana ya yang paling tepat untuk bayi? Terlebih untuk bayi berjenis kelamin perempuan, tentu pilihannya akan makin beragam. Lantas, kado bayi perempuan apa ya yang bisa diberikan?

Banner AKP
Banner Register

Kado untuk bayi perempuan baru lahir dengan kado untuk bayi perempuan sebenarnya hampir sama. Hanya warna dan motifnya saja yang membedakan. Untuk Ibu yang kini sedang bingung memilih kado bayi perempuan, coba lihat daftar ide di bawah ini, ya.

Ide Kado Bayi Perempuan Baru Lahir

Menjenguk bayi baru lahir dari anggota keluarga atau teman sudah menjadi hal yang lazim, ya Bu. Biasanya, Ibu akan turut membawa kado untuk si Kecil dan sang ibu. Namun, perlu diperhatikan bahwa bayi perempuan yang bayu lahir umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rentan. 

Menurut medis, kekebalan bayi yang baru lahir hanya bersifat sementara dan mulai menurun setelah beberapa minggu atau bulan pertama. Maka dari itu, sebaiknya ketika Ibu menjenguk saudara atau teman yang baru melahirkan sebaiknya tidak langsung bersentuhan dengan si Kecil. Sebagai gantinya, Ibu bisa memberikan beberapa kado bayi perempuan seperti berikut:

  1. Boneka

    Kado untuk bayi perempuan baru lahir

    Bayi perempuan mana yang tidak suka dengan boneka, Bu? Bentuknya yang menggemaskan pasti akan langsung menarik minat bayi untuk memeluk dan menciumnya.

    Boneka juga merupakan mainan favorit bagi setiap bayi perempuan, sehingga akan menjadi benda yang tepat sebagai kado bayi perempuan. Untuk keamanan bayi, Ibu disarankan untuk memilih boneka yang lembut dan tidak memiliki banyak bulu karena berisiko menyebabkan alergi.

    Artikel Sejenis

  2. Dress

    Kalau jenis pakaian yang satu ini sangat identik dengan perempuan, sehingga akan menjadi pilihan paling tepat sebagai kado untuk anak perempuan. Saat mengenakan dress, bayi pasti terlihat jadi lebih manis dan imut. Pakaian ini juga paling praktis untuk dikenakan pada bayi.

    Ibu hanya perlu membuka resleting di punggung saat akan mengenakan atau melepaskannya dari bayi. Untuk kenyamanan bayi, pilihlah dress yang simpel dan tidak memiliki ornamen berbahaya seperti manik-manik, karena rawan tertarik dan tertelan oleh bayi.

  3. Rok Tutu

    Selain dress, rok tutu juga bisa jadi rekomendasi kado bayi perempuan karena merupakan pakaian yang akan membuat setiap bayi terlihat semakin imut dan menggemaskan layaknya seorang balerina.

    Rok ini mudah dipadupadankan dengan berbagai jenis atasan, seperti kaos, tank top, polo shirt, maupun kemeja. Untuk bayi, pilihlah rok tutu yang memiliki karet pinggang elastis dan tidak terdapat aksesoris berlebihan yang dapat mengganggu kenyamanan bayi.

  4. Baju Jumper

    kado bayi perempuan

    Untuk bayi mungil, ide kado bayi perempuan berupa baju jumper akan membuatnya terlihat semakin menggemaskan. Baju ini merupakan baju terusan yang memiliki kancing di depan atau atas, sehingga akan memudahkan dalam pemakaiannya.

    Model jumper juga sangat bervariasi, mulai dari yang lengan panjang, pendek, bertopi, berbentuk mirip celana dalam, sampai yang menutup jari tangan dan kaki. Untuk bayi perempuan, pilihlah yang bernuansa girly, seperti warna pink dan bermotif bunga.

  5. Kaos Kaki

    Bayi masih harus menyesuaikan diri terhadap lingkungan barunya. Selama berada di dalam rahim, ia selalu merasa hangat. Namun saat sudah terlahir, ia bisa dengan mudah merasa kedinginan, terlebih saat cuaca sedang dingin. Jadi, bayi akan membutuhkan kaos kaki untuk membungkus kakinya agar ia tetap merasa hangat. 

    Memberikannya hadiah kelahiran berupa kaos kaki tentu akan sangat bermanfaat. Ibu harus cermat ketika memilih kaos kaki bayi sebagai kado untuk bayi perempuan baru lahir. Ibu harus memilih bahan yang halus dan lembut untuk menghindarkan bayi dari iritasi kulit.

  6. Selimut Bayi

    Selain kaos kaki, selimut juga dibutuhkan untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat. Selimut bayi juga akan bermanfaat untuk menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk, sehingga ia bisa tidur lebih lelap dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

    Tentunya, selimut sebagai salah satu rekomendasi kado bayi perempuan anak perempuan harus terbuat dari bahan yang lembut dan tidak gerah karena bisa membuat bayi merasa tidak nyaman.

  7. Sepatu

    kado bayi perempuan

    Tidak hanya anak-anak saja yang membutuhkan sepatu untuk bepergian, bayi juga membutuhkannya lho, Bu. Meskipun bayi belum bisa berjalan, sepatu berfungsi untuk melindungi kaki dan mempercantik penampilannya saat bepergian.

    Model sepatu bayi perempuan juga sangat bervariasi dan menggemaskan, sehingga akan membuat siapapun ingin membelinya sebagai kado bayi perempuan.

  8. Bando Bayi

    Berbeda dengan bayi laki-laki, bayi perempuan memiliki banyak aksesori untuk dikenakan, salah satunya adalah bando bayi. Aksesori kepala ini akan langsung membuat bayi terlihat semakin manis dan menggemaskan.

    Bahkan, saat bayi belum mempunyai banyak rambut sekalipun, bando tetap bisa mempermanis tampilan bayi. Supaya merasa nyaman saat mengenakannya, pilihlah bando sebagai kado bayi perempuan yang terbuat dari kain lembut dan karet yang tidak terlalu ketat karena bisa mengganggu pertumbuhan kepalanya.

  9. Kelambu

    Kado bayi perempuan

    Saat membeli perlengkapan bayi, kelambu adalah barang yang tidak boleh sampai terlewatkan. Kelambu berfungsi untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk maupun serangga lainnya.

    Sebagai kado bayi perempuan, pilihlah kelambu yang berwarna dan bermotif girly agar terlihat cocok dengan bayi. Untuk tipenya sendiri cukup beragam, Bu. Mulai dari yang berbentuk mirip payung, dipasang di kasur, hingga yang digantung.

  10. Baby Bather

    Bagi ibu baru, memandikan bayi merupakan kegiatan yang menakutkan karena membutuhkan kewaspadaan yang tinggi. Untungnya, saat ini telah tersedia alat bantu untuk bayi mandi yang bernama baby bather. Alat ini akan mempermudah Ibu saat memandikan bayi.

    Ibu hanya perlu meletakkan bayi di atasnya, sehingga Ibu tidak perlu khawatir ia akan terpeleset dan jatuh ke dalam air. Satu hal yang wajib diperhatikan adalah untuk memilih bahan yang tidak licin dan kokoh supaya keselamatan bayi tetap terjaga dengan baik.

Dengan melihat daftar ide kado bayi perempuan di atas, Ibu sudah tidak pusing lagi, bukan? Semuanya sangat bermanfaat bagi bayi dan pasti akan membuat ibunya merasa senang sekali. Ibu hanya harus memilih barang yang aman bagi bayi, karena ia masih sangat sensitif dan rentan terluka.

Selain kado bayi perempuan, Ibu juga bisa memberikan kado bagi ibu baru yang tengah bersuka cita menyambut sang buah hati. Sebagai inspirasi, Ibu bisa memberikan kado berupa susu Frisian Flag PRIMAMUM yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi Ibu dan si Kecil. 

Susu Frisian Flag Primamum memiliki kandungan DHA yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan berperan terhadap tumbuh kembang otak si Kecil. Selain itu, susu untuk ibu hamil dan ibu menyusui ini juga diperkaya dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), tinggi Asam Folat, Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), zat besi, zinc, sumber serat pangan inulin, kalsium, dan vitamin C.

Selain itu, Ibu juga bisa menginformasikan kepada Ibu baru bahwa ia bisa memantau perkembangan buah hatinya dengan menggunakan Rapor Tumbuh Kembang Prima yang ada di Akademi Keluarga Prima. Tujuannya agar Ibu bisa memastikan buah hatinya tumbuh dengan maksimal.