Whatsapp Share Like
Simpan

Kelahiran bayi merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang. Saat ada keluarga, teman, kerabat, maupun tetangga yang baru saja memiliki bayi, siapapun pasti ingin menjenguk sembari membawakan sebuah kado. Namun terkadang memilih kado bisa sangat memusingkan karena banyaknya pilihan yang terlihat lucu dan menggemaskan.

Untuk bayi laki-laki, barang apa yang kira-kira cocok sebagai kado, ya? Beberapa ide kado untuk bayi laki-laki berikut mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagi Ibu. coba lihat yuk ada apa saja.

Baju

Baju bayi memang menjadi pilihan yang paling mudah saat ingin memberikan kado kelahiran. Kado ini pasti akan sangat terpakai dan memberikan sang ibu pilihan pakaian yang semakin bervariasi untuk buah hatinya. Untuk baju bayi laki-laki tentunya harus memiliki desain atau gambar yang menggambarkan laki-laki, seperti pesawat, robot, dinosaurus, alat transportasi, atau hewan.

Pemilihan warnanya juga sebaiknya disesuaikan ya, Bu. Umumnya bayi laki-laki identik dengan warna biru, tapi Ibu juga boleh memilih warna lainnya, seperti hijau, putih, kuning, atau merah.

Soft Toys

Meskipun bayi baru lahir belum bisa bermain, tapi soft toys bisa digunakan saat ia sudah berusia 3 bulan. Memiliki warna-warna yang cerah, bentuk yang lucu, serta terbuat dari bahan yang empuk membuat mainan ini akan membuat bayi merasa senang saat Ibu memainkannya.

Artikel Sejenis

Soft toys juga bisa melatih penglihatan dan pendengaran bayi karena biasanya memiliki fitur yang bisa dipencet untuk mengeluarkan bunyi. Sebagai kado untuk bayi laki-laki, pilihlah mainan yang mencerminkan karakter laki-laki, misalnya bola, mobil, atau hewan.

Selimut

Selain baju, selimut adalah benda lainnya yang banyak dijadikan pilihan untuk kado bayi. Selimut bermanfaat untuk memberikan kehangatan pada bayi baru lahir yang masih rentan kedinginan karena penyesuaian dengan lingkungan baru. Pilihlah selimut yang terbuat dari bahan yang lembut dan jahitannya rapi agar tidak melukai kulit sensitif bayi. Untuk selimut ini dapat dipakai dalam jangka waktu cukup lama, sehingga baiknya memilih yang berkualitas baik agar lebih awet.

Soft Book

Siapa bilang bayi baru lahir tidak boleh dibacakan buku cerita? Justru mendongeng sudah baik untuk dilakukan sejak dini, bahkan saat bayi masih berusia beberapa hari. Saat Ibu membacakannya dongeng, indera pendengarannya akan terlatih untuk mendengarkan suara sedangkan indera penglihatannya akan terlatih membaca ekspresi wajah Ibu. Dari soft book juga bayi akan belajar mengenal kata. Ketika tangannya sudah mulai aktif bergerak, ia juga bisa menggunakannya untuk diraba-raba atau diremas-remas.

Cooler Box

Untuk ibu bayi yang bekerja, ia akan membutuhkan cooler box sebagai tempat untuk menyimpan ASIP saat di kantor atau saat bepergian. Nah, Ibu pun bisa menjadikannya sebagai hadiah bagi seseorang yang baru saja memiliki bayi. Sang ibu pasti akan merasa sangat senang menerimanya karena benda tersebut sangatlah bermanfaat baginya.

Baca juga: 3 Kreasi Hadiah Unik untuk si Kecil

Gendongan

Ibu dari bayi tersebut mungkin sudah membeli sendiri gendongan untuk bayinya, tapi tak ada salahnya memberi kado untuk bayi laki-laki berupa gendongan. Ia bisa saja akan membutuhkannya sebagai cadangan saat gendongan miliknya kotor dan harus dicuci. Ada berbagai jenis gendongan yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari jarik, hipseat, ring sling, hingga baby wrap. Pilihlah yang memenuhi standar gendongan bayi yang dapat menopang tubuhnya dengan baik.

Tas Bayi

Sama seperti gendongan, ibu bayi mungkin juga akan membutuhkan cadangan tas bayi untuk dipakai sebagai tempat perlengkapan bayinya saat bepergian. Biasanya kita akan bingung untuk memilih tas mana yang tepat, tapi sebaiknya pilihlah tas yang memiliki beberapa kantong sehingga sang ibu bisa menyimpan berbagai macam perlengkapan pada tempat yang terpisah untuk memudahkan dalam mencari.

Peralatan Menyusui

Sang ibu juga pasti akan sangat terbantu saat diberi kado untuk bayi laki-laki berupa peralatan menyusui yang terdiri dari botol susu dan pompa ASI. Ada juga botol kaca atau kantong sebagai wadah ASIP untuk disimpan di dalam lemari es. Hadiah ini pasti akan sangat bermanfaat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Perlengkapan Mandi

Banyak yang memilih perlengkapan mandi sebagai kado bayi yang terdiri dari handuk, sabun, shampo, body lotion, bedak, hingga alas mandi. Selain harganya tidak menguras kantong, kado ini juga akan sangat bermanfaat karena merupakan kebutuhan pokok bagi bayi. Untuk perlengkapan mandi bayi, telitilah dalam memilih, Bu. Hindari perlengkapan mandi yang mengandung pewangi dan bahan kimia berbahaya karena dapat menyebabkan kulit bayi iritasi,

Sepatu dan Kaus Kaki

Siapa sih yang tidak gemas saat melihat sepatu dan kaus kaki bayi yang mungil dan lucu? Keduanya juga merupakan alternatif kado untuk bayi laki-laki yang direkomendasikan. Untuk sepatu bayi jangan hanya melihat berdasarkan motifnya saja, Bu, tapi juga bahan, desain, dan kualitasnya.

Supaya mudah untuk dipakaikan pada kaki bayi, sebaiknya pilih sepatu yang berjenis slip on. Sementara untuk kaus kakinya pilih yang memiliki karet di bagian telapak agar tidak licin saat dipakai untuk ia belajar berjalan nanti.

Kira-kira, sudah menentukan akan membeli kado untuk bayi laki-laki yang mana, Bu? Jangan lupa untuk membungkusnya dengan kertas atau kotak kado yang lucu supaya tampilannya semakin menggemaskan. Semoga informasi di atas dapat membantu Ibu, ya.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak langsung dengan ahlinya, bisa mengunjungi laman Tanya Pakar. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi dulu ya, Bu.

Sumber:

Popmama