Kerang merupakan sumber protein hewani yang tergolong dalam Complete Protein, karena kadar asam amino essensialnya yang tinggi (85% – 95%) protein yang terkandung didalam kerang jadi mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini berarti Kerang bisa dijadikan makanan diet yang tepat untuk mereka yang membutuhkan protein tinggi seperti Binaragawan.


Mengonsumsi seafood, termasuk kerang minimal 1-3 kali per bulan dapat mencegah terjadinya serangan stroke iskemik. dan apabila kita mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 setiap hari, misalnya kerang, risiko terjadinya penyakit jantung koroner akan menurun secara signifikan. Seperti dalam sebuah di Jepang terhadap 41.578 pria dan wanita usia 40-59, yang di muat dalam jurnal Circulation, pada januari tahun 2006 yang lalu.

Nah bagi kita yang menyukai masakan kerang, terkadang kita juga ingin mencoba memasaknya di rumah. Namun sebelum dimasak, ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti cara membersihkan kerang dan cara menyimpannya dalam kulkas. Untuk membersihkan kerang tidak perlu persiapan yang rumit. Caranya:

Sikat cangkang kerang untuk menghilangkan pasir dan kotoran lain. Jangan lupa untuk membersihkan bagian seperti benang yang terdapat pada kerang
Rendam kerang segar dalam air yang telah diberi garam dan es batu. Garam berfungsi mematikan racun dan bakteri yang menempel. Rendaman ini juga berfungsi menghilangkan bau amis kerang.
Setelah direndam, bilas kembali kerang dengan air bersih.
Bila masakan kerang Anda masih tersisa dan Anda ingin menyimpannya, Anda bisa mencoba cara berikut ini:

Menyimpan kerang masak dalam kulkas

Bila tidak segera dimakan, kerang yang sudah masak sebaiknya langsung disimpan di dalam kulkas. Keluarkan kerang dari dalam cangkangnya dan simpan dalam wadah bersih yang tertutup rapat bersama kaldu atau kuah yang tersisa saat merebus kerang. Kaldu atau kuah ini membantu menjaga kelembaban dan rasa kerang. Dengan cara ini, kerang yang telah dimasak bisa bertahan sampai sekitar 1-2 hari.

Menyimpan kerang masak dalam freezer

Kerang yang sudah masak juga bisa dibekukan dalam freezer. Tapi ingat, hanya kerang yang sudah dimasak yang bisa disimpan di dalam freezer. Cara penyimpanan kerang dalam freezer kurang lebih sama seperti cara penyimpanan dalam kulkas. Keluarkan kerang dari dalam cangkangnya dan simpan dalam wadah bersih yang tertutup rapat bersama kaldu atau kuah yang tersisa saat merebus kerang. Cara penyimpanan ini memungkinkan kerang masak untuk disimpan sampai sekitar 3 bulan.