Halo bunda!
Para bunda dikenal sebagai manager keuangan terbaik bagi keluarganya. Padahal.. ssstt, sesekali bunda juga suka bikin dompet bangkrut. Hihii. Berdasarkan pengalaman pribadi, biasanya ini nih yang suka gak kerasa, tau-tau bikin bangkrut

1. Belanja Pernak-Pernik Si Kecil

Pernak-pernik buat anak itu emang lucu-lucu dan gemesin. Mulai dari outfit, aksesoris, perlengkapan tidur, perlengkapan makan, semuanya deh! Apalagi kalo anaknya cewek, duh, lebih banyak pilihan pernak-perniknya. Karena lucu-lucu itu, akhirnya kita sering beli pernak-pernik buat si kecil. Meskipun di rumah udah ada banyak, tapi tetep gak bisa berhenti. Iya gak, bun? Hihi, padahal hal pernak-pernik gitu lumayan menguras kantong juga lho. Kerasa kan, kalo udah belanja, baru deh nyesel dan mikir, “ngapain beli ini ya?”

2. Jajan Kosmetik/Fashion

Ini juga godaan banget bagi para bunda. Meskipun sibuk dengan urusan rumah tangga dan urusan si kecil, kayaknya soal kosmetik dan fashion gak pernah ketinggalan deh. Apalagi di YouTube dan Instagram selalu ada video tutorial/rekomendasi kosmetik, entah make up ataupun skincare. Belum lagi aneka promo dan sale barang fashion yang membuai hati. Gak di offline store, gak di online store, duuh racun semua ya bun. Giliran matiin medsos dan e-commerce biar gak jajan melulu, eh temen nelepon, ngasih tau ada diskon, hahaa. Akibatnya, suka jadi tertarik nyobain segala produk, padahal di rumah juga masih ada produk yang biasa dipake. Akhirnya boros deh nyobain beli ini-itu.

3. Kesehatan

Setelah punya anak, kayanya apa-apa selalu buat anak. Urusan diri sendiri kadang terlupakan, salah satunya soal kesehatan. Terlalu fokus ngurusin anak sampe lupa makan, kurang istirahat, dan bahkan mandi aja harus buru-buru karena takut anak kenapa-kenapa kalo ditinggalin kelamaan. Padahal gak merhatiin diri sendiri bisa bikin bunda tumbang, hiks :( Kalo udah tumbang, ngurus anak pun jadi gak maksimal. Belum lagi biaya pengobatannya, lumayan bikin bangkrut tuh. Jadi, buat para bunda, sesibuk apapun, jangan lupa jaga kesehatan ya. Ajakin suaminya buat berbagi tugas biar bunda gak kecapean. Minta juga sama suaminya buat punya asuransi kesehatan, biar kalo keluarga bunda sewaktu-waktu ada yang butuh ke dokter atau rumah sakit, gak perlu nguras dompet sendiri. Udah beres diurusin asuransi. Asuransi juga berperan penting dalam melindungi keuangan keluarga bunda lho, menghindarkan dari kebangkrutan tanpa mengurangi kualitas tindakan medis saat diperlukan.

Apalagi sekarang ada asuransi sekaligus investasi, jadi keluarga bunda gak hanya mendapatkan manfaat perlindungan asuransi, tapi juga memiliki investasi untuk masa depan. Misalnya dari Prudential tuh ada PRUlink generasi baru (www.pastilebih.co.id) dan PRUlink syariah generasi baru (www.pastilebih.co.id) di mana bunda cukup bayar premi asuransi kesehatan sebulan sekali secara rutin, tapi dapet investasi juga. Jadi gak akan rugi meski asuransinya gak dipake karena investasinya makin lama, makin jadi. Kalo asuransinya, jelas proteksinya sehat sekarang, aman sampai nanti. Pokoknya bunda selalu dikasih lebih sama asuransi ini. Gitu bun.

Bunda-bunda yang lain, ada yang suka jajan sampai bikin bangkrut gak nih? Jajan apa aja tuh biasanya? Hihii, yuk cerita di sini.