Halo, Bunda!

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah, terutama bagi kita para ibu. Meskipun kita yang melahirkan dan menyusui, belum tentu anak kita benar-benar nyaman bersama kita. Setuju gak? Karena tugas kita sebagai ibu bukan hanya melahirkan dan menyusui, tapi juga merawat, melindungi, dan memberikan rasa nyaman untuk anak kapanpun dan dimana pun.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya anak bisa selalu nyaman saat bersama kita.

1. Hadir secara fisik, hati, dan pikiran


Kedekatan secara emosional sangat penting dibangun untuk membuat anak merasa dekat dan nyaman dengan kita. Di saat kita sedang bersama mereka, jangan membagi hati dan pikiran untuk hal lain. Fokuslah hanya pada anak-anak kita, supaya mereka juga merasa disayangi dan dihargai sepenuh hati oleh ibunya.
Hindari bermain smartphone saat sedang bersama anak, karena hal tersebut bisa membuat anak jadi kurang konsentrasi, kurang percaya diri, dan jadi merasa kurang perhatian. Gak mau kan, Bun? Anak-anaknya jadi anak yang kurang perhatian?

2. Sering memberi belaian dan pelukan


Tau gak sih, Bunda? Kalau anak-anak yang tumbuh dengan banyak belaian dan pelukan itu akan jadi anak yang lebih peka dan penuh kasih sayang terhadap sesama. Menurut psikolog, memberi anak minimal 8 kali pelukan setiap harinya bisa memberikan mereka energi sehingga anak bisa beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya.

Selain itu ada penelitian yang menyatakan bahwa pelukan antara orang tua dan anak bisa meningkatkan kecerdasan otak anak, merangsang produksi hormone dan oksitosin yang memberikan perasaan tenang dan bahagia, serta membantu mengeluarkan zat berbahaya dari otak.

3. Luangkan waktu berkualitas untuk ciptakan momen berkesan


Walaupun setiap hari kita bertemu dengan anak kita, tapi belum tentu loh kita sudah menciptakan waktu berkualitas (quality time) yang bisa membangun kedekatan dengan anak. Makanya, sangat wajar kalo kita meluangkan waktu khusus dengan anak demi membangun hubungan yang lebih dekat dengan anak, memberi kenangan manis bagi anak, dan membuat anak semakin merasa nyaman dengan kita.

Memiliki quality time yang baik dengan anak, bisa membangun kepercayaan, saling menyayangi, dan memahami sepenuhnya karakter anak kita. Lakukan momen brekualitas seperti ini secara sederhana tapi sering, lama-lama ikatan batin kita dan anak-anak gak akan pernah bisa dilepaskan.

4. Selalu ada di saat suka dan duka


Sedari kecil biasakanlah untuk menjadi orang pertama yang hadir saat anak sedang merasa senang maupun sedih. Dengan begitu, anak akan merasa kita adalah orang yang tepat untuk dijadikan tempat bersandar yang nyaman di kala senang, sedih, maupun sakit.
Seperti Bye bye fever yang selalu memberikan rasa nyaman senyaman sentuhan ibu untuk anak kita di saat badannya sedang panas. Bye bye fever bisa kita andalkan untuk menurunkan panas di tubuh anak-anak, tanpa harus menunggu lama. Rasanya pun sangat nyaman, sampai-sampai anak-anak akan merasa tenang. Sama halnya ketika kita memeluk dan membelai mereka, pastinya rasa nyaman dan tenang akan mereka rasakan.

5. Berikan kesempatan kepada anak


Hubungan yang dekat dengan anak bukan berarti kita bisa memanjakan anak loh, Bun! Misalnya nih, di saat anak kita menginjak usia batita, mereka harus belajar berjalan, walau sering jatuh, atau bahkan terbentur sesuatu. Meskipun khawatir, kita sebagai orang tua harus memberikan mereka kesempatan untuk mencoba.

Kalau terlalu dikendalikan, apa-apa takut, apa-apa dilarang, apa-apa gak boleh, justru itu yang akan membuat anak jadi tidak berkembang. Anak akan merasa tidak diberi hak untuk membuat keputusan dan melakukan hal yang mereka inginkan.
Bagaimana nih, Bunda? Apakah bunda sudah melakukan hal yang tepat untuk anak dan membuat mereka nyaman? Coba diperhatikan lagi, yuk! Kalau belum, gak ada salahnya untuk merubah pola asuh kita.