Masa menyusui termasuk masa yang penting bagi bayi dan sang ibu. Tentu saja karena pada masa ini, ibu akan memiliki banyak kesempatan untuk membangunn chemistry dengan buah hatinya tercinta. Selain itu, bayi juga bisa memenuhi keperluan gizinya tiap hari. Namun, tidak dipungkiri bahwa anda mungkin mengalami beberapa masalah ketika anda menyusui. Ada bayi yang memang cenderung lebih suka menyusu pada satu payudara saja. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti posisi yang nyaman atau ada rasa nyeri ketika menyusu pada salah satu payudara sehingga menyebabkan waktu menyusu tidak nyaman dan tidak efektif.

Kebiasaan ini disebut dengan siding. Siding bisa menyebabkan payudara ibu menjadi terlihat tidak simetris atau dengan kata lain, lebih besar sebelah. Mungkin, anda merasa panik ketika melihat bentuk payudara yang tidak seimbang atau lebih besar pada salah satunya. Jangan terlalu takut karena ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengembalikan bentuk payudara ke ukuran semula sehingga terlihat sama dan tidak besar sebelah.

Perlu anda ketahui bahwa payudara besar sebelah ketika menyusui diakibatkan oleh pembengkakan pada payudara karena bayi hanya mau menyusu pada satu sisi payudara saja. Payudara yang jarang digunakan untuk menyusui akan bengkak perlahan-lahan karena sesaknya pembuluh dara yang ada di payudara. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh banyaknya ASI yang terdapat di payudara dan kandungan tersebut jarang dikeluarkan. Bagaimana untuk mengatasi bengkak pada payudara? Yang pasti, anda harus tetap menyusukannya pada bayi anda. Meskipun bayi lebih suka menyusu pada salah satu payudara saja, anda perlu memindah posisi menyusu bayi pada sisi yang lainnya. Hal ini dilakukan agar kandungan ASI pada payudara sebelah (yang jarang disusukan) bisa berkurang sehingga bengkak pada payudara tersebut bisa sedikit mengempis. Jika anda tidak ingin mengganggu bayi dengan memindah posisi menyusunya, anda bisa memompa ASI sehingga anda bisa memberikannya melalui cangkir atau botol. Dengan begitu, kandungan ASI pada payudara anda akan berkurang. Pada akhirnya, anda akan bisa menjaga bentuk payudara menjadi lebih seimbang. Selain memberikan ASI atau memompa ASI, ibu juga bisa mengurangi bengkak dengan memijat payudara secara perlahan dengan menggunakan minyak bayi atau baby oil.

Perlu anda ketahui bahwa sangat lah penting bagi seorang ibu untuk mengetahui posisi yang nyaman bagi bayi ketika menyusu. Pahami juga mengapa bayi tidak suka menyusu pada sisi lain payudara. Ketika anda sudah memahami hal ini, anda bisa mencarikan posisi yang nyaman bagi bayi untuk menyusu pada sisi payudara itu. Sehingga, bayi tidak hanya akan menyusu pada satu sisi payudara saja, tapi menyusu pada keduanya secara seimbang dan membuat bentuk payudara anda terlihat simetris dan seimbang.

Selain itu, perlu juga anda ketahui bahwa ukuran payudara anda akan kembali ke bentuk semula ketika ibu sudah berhenti menyusui. Hal ini bisa dikarenakan produksi ASI sudah berhenti sehingga tidak menyebabkan payudara sesak. Ketika ibu sudah memasuki masa ini, sebaiknya anda melakukan olah raga secara teratur untuk melatih otot dada agar tidak terlalu kendur dan agar bentuk payudara kembali seperti sedia kala dan terlihat tetap kencang seperti sebelum anda menyusui buah hati anda. Setelah mengetahui beberapa hal mengenai bentuk payudara yang berubah, sekarang saatnya mencoba.