Tahukah Bunda? Indonesia memiliki komposisi penduduk yang unik karena didominasi oleh usia dini, yaitu ada lebih dari 33 juta penduduk usia anak. Anak-anak Indonesia tentunya merupakan tumpuan bangsa dalam meraih kemajuan di masa depan. Kabar baiknya, setiap anak pasti memiliki potensi, tinggal bagaimana keluarga dan lingkungan membentuknya agar potensi anak tersebut bisa bermanfaat untuk hal-hal positif. Misalnya dengan mendukung kebutuhan gizinya. Pembangunan gizi bangsa merupakan salah satu bentuk dukungan pemberian nutrisi kepada anak-anak demi tumbuh optimal. Sehingga kelak anak bisa berkontribusi terhadap pembangunan bangsa (sumber: https://news.detik.com/berita/4399927/peran-pemerintah-keluarga-dukung-33-juta-anak-terpenuhi-nutrisinya). Lalu seperti apa ciri-ciri anak penuh potensi dan bagaimana cara mendukungnya?

1. Cerdas dan Kreatif

Anak yang cerdas dan kreatif memiliki keingintahuan yang besar. Ia juga mampu belajar dari berbagai hal yang dialaminya setiap hari. Jadi dukung ia dengan melakukan hal-hal positif agar bisa mencontoh hal tersebut. Biarkan anak bertanya tentang hal-hal yang ingin diketahuinya dan berusahalah menjawabnya. Kesulitan menjawab pertanyaan anak? Coba search di Google untuk mendapatkan jawabannya.

2. Tumbuh Tinggi dan Kuat

Untuk melakukan banyak kegiatan positif, anak membutuhkan tubuh yang yang tumbuh tinggi dan kuat. Dukung anak dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya serta mengajaknya aktif bergerak dan berolahraga.

3. Supel

Supel atau mudah bergaul juga merupakan ciri lainnya anak yang berpotensi. Dukung anak untuk supel dengan membiasakan diri komunikatif saat bersamanya, membiasakan menjawab salam atau menyapa saat bertemu orang lain, menatap matanya saat berbicara, hingga mengizinkannya bergaul dengan anak-anak lain.

4. Mandiri

Semakin dewasa, anak akan semakin mandiri. Anak yang berpotensi memiliki ciri mudah tumbuh mandiri dan tidak manja pada orang tua atau orang dewasa lain yang berada di dekatnya. Dukung kemandirian anak dengan melatihnya melakukan kegiatan sehari-hari seperti makan, mandi, dan ganti pakaian sendiri.

5. Percaya Diri

Anak yang memiliki potensi untuk berprestasi memiliki kepercayaan diri yang baik. Kembangkan kepercayaan diri anak dengan mengasah bakatnya, mengajaknya mengikuti kompetisi, dan mendorongnya berani tampil di depan orang lain tanpa malu-malu.

Itulah 5 ciri anak penuh potensi dan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendukungnya. Nutrisi sejak dini juga penting dalam meletakkan fondasi bagi tumbuh kembang anak, agar anak dapat tumbuh sehat dan dapat mengoptimalkan potensinya. Jika semua orang tua di Indonesia mampu memberikan dukungan yang tepat pada si kecil, maka Indonesia berkesempatan menjadi negara yang jauh lebih maju di masa depan. Anak-anak bunda bagaimana? Pasti memiliki ciri-ciri potensi untuk berprestasi juga, kan? Boleh share di sini yuk, jika bunda memiliki cara untuk mendukung si kecil agar memiliki potensi dan prestasi.