Hai Bunda..

Gak kerasa ya kita udah berpuasa selama 20 hari. Itu artinya gak lama lagi kita akan berpisah sama bulan Ramadhan dan bertemu dengan hari lebaran atau Idul Fitri. Buat bunda yang punya kampung halaman jauh, pasti udah mulai sibuk nih nyiapin keperluan buat mudik. Hehehe.

Bukan cuma barang aja loh yang harus disiapin buat mudik, kondisi kita dan keluarga pun harus dipastikan siap dalam hal fisik dan mental. Yaa namanya juga mudik, pasti kita bakal capek di perjalanan kan, mom? Apalagi kalo mudiknya pake kendaraan pribadi, siap-siap deh kena macet dan harus banyak-banyak bersabar. Terlebih kalo kita juga bawa anak-anak, duh harus ekstra sabar di jalan pokoknya.

Tapi ada hal menarik nih bun dari mudik. Ternyata menurut psikolog, perjalanan mudik ini bisa kita manfaatin buat meningkatkan interaksi antara orang tua dan anak. Di perjalanan kita juga bisa mengenalkan lingkungan yang jarang ditemui oleh anak-anak.

Nah, supaya anak tetap tenang dan nyaman selama perjalanan mudik, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan nih, bun. Contohnya seperti di bawah ini:

1. Orang tua harus bersikap tenang


Sebagai orang tua udah seharusnya kita ngasih contoh sikap yang baik buat anak. Bener kan, bun? Begitu juga waktu kita lagi di perjalanan mudik. Walaupun kondisi perjalanan kita sangat gak bagus, entah karena macet atau karena cuacanya, jangan sampe kita marah-marah atau bersikap panik di depan anak. Karena hal tersebut bisa membuat anak jadi gelisah dan ikutan panik. Lama-lama malah bisa nangis.

2. Berikan mainan favorit anak


Perjalanan ke kampung halaman yang jauh pastinya bikin bosen. Bukan cuma kita aja yang orang dewasa, anak-anak juga bisa ngerasain bosen kalo kelamaan ada di dalam kendaraan. Makanya, coba siasati rasa bosen anak dengan bawain mereka mainan favorit. Supaya mereka gak cepet bosen, dan kesel. Bawalah mainan lebih dari satu, bun. Tapi kasihnya jangan sekaligus! Kita bisa ngasih mereka mainan satu per satu aja, biar mereka juga gak bosen mainin mainan yang itu-itu aja.

Selain mainan, kita juga bisa bikin permainan sendiri nih, bun. Misalnya seperti tebak kata atau tebak gaya. Dijamin si anak gak akan cepet bosen deh di perjalanan.

3. Siapkan obat-obatan


Ini penting banget loh, bun! Meskipun kita masih perjalanan di dalam negeri, tetep aja kita harus siap siaga, kalo-kalo diantara anggota keluarga ada yang mengeluh sakit. Terutama anak-anak nih yang kadang suka mabok perjalanan.

Kalo aku nih, untuk menghindari hal itu, kita bisa bawa air hangat, baju yang nyaman, minyak telon, dan Bye-bye fever. Kenapa aku bawa barang-barang ini? Karena aku bukan tipe orang yang dikit-dikit minum obat, sebisa mungkin kalo di perjalanan, aku atasin keluhan sakit dari anak tanpa obat dulu. Air hangat buat ngangetin badannya, baju yang nyaman buat ngelindungin dia dari angina jalanan, minyak telon biar perutnya anget, dan Bye-bye fever buat ngompres anak, biar dia nyaman dan tenang. Ini enak dipakenya karena ada efek dinginnya yang bikin adem.

4. Cari tau informasi mudik


Yang terakhir nih, bun. Waktu mau mudik kita harus tau dulu tentang informasi jalur yang akan kita lalui. Carilah segera tempat peristirahatan yang nyaman, waktu anak udah mulai rewel dan gelisah dalam kendaraan. Ajaklah dia istirahat sambil bermain, sampe moodnya bagus lagi.

Lebih baik kalo kita beristirahat setiap 2 atau 3 jam, supaya stamina kita (terutama suami yang berkendara) bisa kembali pulih, dan anak-anak pun gak cpet bosen di perjalanan.


Itu dia 4 tips perjalanan mudik yang nyaman bersama anak. Nah, kira-kira bunda udah nyiapin apa aja nih buat mudik nanti? Sharing yuk!