Ada beberapa anak yang justru menunjukkan jika ia lebih suka menyendiri ketimbang berinteraksi dengan sebayanya. Saat anak mulai bersekolah, ia cenderung lebih senang bergaul karena memiliki banyak teman.

Nah, apa yang harus dilakukan orangtua untuk mengatasi anak sulit berteman?

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa anak sulit berteman dengan rekan sebayanya. Jika anak tidak berinteraksi dengan sebayanya karena dijauhi, ibu bisa mengoreksi sikapnya atau teman sebayanya. Mengajari anak untuk berdiskusi, menelaah apa yang terjadi dapat menjadi langkah dalam mengatasi anak sulit berteman.

Jika memang ia dijauhi karena sikap dan sifatnya yang tidak baik, bilang padanya bahwa orang lain juga memiliki perasaan, sama halnya dengan dirinya.

Pastinya jangan sampai kita orangtua menjadi pihak yang menghakimi anak. Dampingi anak dan bantu anak melewati masa-masa transisinya.

Baca tulisan lengkapnya di https://www.halodoc.com/artikel/anak-sulit-berteman-orangtua-harus-apa ya bund atau di sini https://www.understood.org/articles/en/should-i-force-my-lonely-child-to-socialize-more