Setiap rumah yang ada anak-anak pasti punya paling tidak satu boneka binatang. Mereka biasanya duduk di tempat tidur atau rak buku, bisa juga bersembunyi dibawah mebel dan di belakang sofa, dan anak-anak suka menyeret mereka kemana-mana dengan menarik kupingnya. Jadinya boneka tersebut bisa kotor dan berdebu. Kadang-kadang boneka tersebut harus dimandikan, cuma banyak orang ragu-ragu. Gimana caranya mencuci boneka tanpa merusaknya? Berikut beberapa tips supaya boneka tersebut selalu bersih.

Jika bonekanya berdebu, anda hanya perlu menyekanya. Ambil kain lap yang dibasahi air hangat, lalu seka semua bagian boneka sampai semua debu hilang. Setelah bonekanya dibersihkan, sisir menggunakan sisir rambut anda yang tak terpakai. Anda juga bisa menggunakan selang kecil di vacuum cleaner untuk membersihkan debunya. Menggunakan lint roller atau selotip juga bisa.

Beberapa boneka juga bisa dicuci di mesin cuci. Perhatikan label pada boneka, apakah ada petunjuk untuk dicuci. Periksa bonekanya akan robekan pada setiap lipatan, kalau ada akan lebih baik jika anda melakukan operasi kecil untuk menjahit sobekan tersebut supaya tidak makin parah ketika dicuci. Anda juga sebaiknya memeriksa noda pada boneka. Jika ada noda, taruh sedikit deterjen pada noda dan biarkan beberapa saat sebelum dicuci.

Nah kalau anda sudah siap memandikan si boneka, taruh bonekanya di dalam sarung bantal dan anda boleh mencucinya bersama cucian anda yang lainnya. Sebaiknya anda menggunakan putaran paling pelan di mesin cuci anda dan berikan deterjen yang lembut. Sesudah selesai dan dikeluarkan dari mesin cuci, anda bisa menyisirnya.

Jangan cuci boneka anda di mesin cuci jika bonekanya sudah cukup tua atau sangat lembut. Taruh di dalam tas kertas dan taruh baking soda, kemudian guncang-guncangkan tas tersebut sampai baking sodanya menempel rata di bonekanya. Biarkan baking sodanya menempel sekitar setengah jam dan kemudian bersihkan menggunakan handuk. Ini juga cara yang bagus untuk membersihkan boneka yang terlalu besar untuk dimasukkan ke mesin cuci.

Membersihkan boneka di mesin pengering belum tentu ide yang bagus. Jika bonekanya berisi bahan yang dapat menyusut atau berubah bentuknya ketika dikeringkan, sebaiknya anda menjemurnya seperti pakaian, tapi ingat jangan kena sinar matahari yang panas karena warnanya bisa pudar. Ada pilihan lainnya yaitu taruh boneka anda di sebelah alat penghilang lembab jika anda memilikinya. Hal ini bisa memakan waktu berhari-hari, tapi anda tidak perlu khawatir bonekanya akan rusak.