Tips mengolah mie instan:

1. Tidak masalah sebetulnya mengonsumsi mie instan setiap hari, asal ditambah dengan bahan lain yang bergizi. Tetapi bila tidak mau menambahkan pelengkap lain, makanlah makanan lain seperti sayur-mayur demi meragamkan makanan yang dikonsumsi.

2. Bagi orang yang sakit lambung atau sensitif karena tidak terbiasa memakan terigu dan kuah berbumbu, sebaiknya makan pisang atau buah lain sebelum makan mie. Jangan biarkan perut kosong langsung menyantap mie instan.

3. Ikuti petunjuk cara penyajian. Orang Indonesia memililki kebiasaan tidak mengukur air yang digunakan untuk memasak mie sesuai petunjuk. Bila dalam kemasan mie disebut diperlukan 2 gelas, lakukan sesuai permintaan.

4. Masak air sampai mendidih, setelah itu masukkan mie. Taruh bumbu di atas piring, baru masukkan mie yang sudah matang, aduk rata.

5. Salah jika membuang air rebusan mi yang pertama, sebab itu justru dapat menghilangkan kandungan gizi, protein, karbohidrat, dan mineral yang akan larut dalam air.

6. Khusus untuk mie goreng, air rebusan mie memang harus dibuang supaya ada cita rasa gorengnya.

7. Jangan makan mie tanpa menambahkan bahan lain. Tambahkan misalnya baso, sayur, telur, kornet, atau sosis, supaya gizinya lengkap. Hitungannya sama dengan 1 kali makan siang atau sekitar 400-500 kalori.

8. Mereka yang mengeluh sakit perut setelah menyantap mi instan atau ususnya mengalami perlengketan, harus dicek lagi. Diingat-ingat dulu, apa saja jenis makanan yang telah dikonsumsi selain mie. Sebab, setiap orang tidak dianjurkan hanya makan satu jenis makanan saja. Harus bervariasi dan sehat.