Sifat Warna Kulit Menentukan Kecocokan Warna Riasan
Menurut buku Make-up 101 Basic Personal Make-Up yang disusun oleh Puspita Martha International Beauty School, warna memiliki 2 sifat, yaitu, dingin dan hangat. Yang masuk ke dalam sifat warna dingin adalah: biru, ungu, dan hijau. Kesan yang ditimbulkan oleh warna ini adalah sejuk, tenang, hening, dan damai. Sedangkan yang tergolong ke dalam sifat hangat meliputi: merah, jingga, dan kuning. Saat melihat rangkaian warna tersebut, kesan yang muncul adalah riang, penuh gairah, energik, muda, kuat, dan berani.

1. Cara Mengetahui Warna Wajah
Untuk mengetahui warna-warna makeup apa yang cocok untuk kulit wajah kita, perlu diketahui kulit kita tergolong dalam sifat yang dingin atau hangat. Berikut caranya: Ambillah dua helai kain, satu berwarna perak, dan satu lagi berwarna emas. Sambil menghadap ke cermin, dekatkan kedua kain tersebut pada wajah Anda secara bergantian. Kemudian bandingkan. Jika warna kulit Anda tampak lebih cerah saat disandingkan dengan kain berwarna emas, artinya warna kulit Anda masuk ke dalam kategori hangat. Sedangkan kalau wajah Anda tampak lebih segar saat didekatkan dengan kain berwarna perak, hal ini berarti kulit Anda tergolong dingin.

2. Tips Memilih Warna Foundation
Bagi pemilik kulit warna hangat, pilihlah alas bedak atau foundation dengan warna-warna kecokelatan, seperti: almond, copper, atau honey beige. Untuk pemilik kulit berwarna dingin, Anda bisa mengaplikasikan alas bedak dengan warna ivory (gading) atau nuansa pink.

3. Warna Riasan Wajah yang Tepat
Warna kulit yang masuk ke dalam kategori dingin bisa mengaplikasikan warna-warna riasan wajah dengan nuansa merah muda dan keunguan. Sedangkan untuk warna kulit yang bersifat hangat, pilihlah warna makeup seperti cokelat, merah, atau natural.