Pernahkan Anda mendapati anak Anda berbohong? Hal tersebut mungkin dilakukan karena anak takut karena telah berbuat sesuatu yang salah atau tidak mau ketahuan mengenai apa yang telah dilakukannya. Berikut beberapa tips mengatasi anak suka berbohong.

Selain karena alasan tersebut diatas, anak suka berbohong biasanya karena belajar dari lingkungan sekitarnya. Bisa juga dilakukan untuk menarik perhatian temannya. Tapi apapun alasannya, berbohong adalah hal yang tidak benar.

Berbohong tidak langsung begitu saja lancar. Biasanya ada proses. Mulai dari mencontoh hingga berhasil berbicara dengan lancar. Jika Anda menemukan anak Anda melakukan kebohongan sekali, jangan dibiarkan. Bermula dari kebohongan kecil, bisa menjadi kebohongan besar.

Jika anak melakukan kebohongan, jangan langsung memojokkan dia. Apalagi sampai memarahi dan membentaknya. Hal tersebut hanya akan membuatnya mempertahankan diri dan semakin tidak ingin mengatakan yang sebenarnya.

Jangan pula membiarkan begitu saja ia melakukan kebohongan-kebohongan. Karena pembiaran, akan membuatnya merasa apa yang dilakukannya tidak salah dan akan mengulanginya kembali. Untuk itu, Anda harus bicara pada anak secara baik-baik.

Sebagai orang tua, Anda harus memberitahukan langsung tanpa memojokkan anak Anda bahwa apa yang dilakukannya adalah tidak baik. Anda bisa menggunakan bahasa yang lembut dan tidak membuatnya merasa terpojokkan.

Anda perlu mencari tahu apa yang menyebabkan si kecil melakukan kebohongan. Bila itu mencontoh perilaku sekitarnya, Anda dan keluarga tentu harus introspeksi terlebih dahulu. Bila berbohong untuk menutupi kelemahannya, Anda harus membantunya untuk menonjolkan kelebihan yang dimilikinya.

Buatlah kesepakatan dengan anak dan konsekuensi bila ia melanggarnya. Misalnya tidak boleh main games, tidak boleh bermain diluar untuk beberapa waktu, dan konsekuensi lainnya jika ia suka berbohong.

Anda juga bisa menasehatinya mengenai dampak yang akan terjadi jika ia melakukan kebohongan. Seperti tidak akan dipercaya lagi oleh orang lain, membuat orang lain sedih, sakit hati, dan marah. Tanyakan bagaimana jika hal tersebut terjadi padanya.

Berilah contoh perilaku dan sikap yang baik pada anak suka berbohong. Dengan begitu, ia akan malu dan menyadari bahwa apa yang dilakukannya adalah salah dan bisa melukai orang lain.