Bunda, tumis kangkung, plecing kangkung, dan makanan serba kangkung sering menghiasi meja makan penduduk Indonesia. Kangkung yang murah dan mudah didapat memiliki manfaat yang besar untuk memberi nutrisi dan menjaga kesehatan kita bunda, termasuk melindungi tubuh dari kanker.

Penyedia Nutrisi, Mulai Vitamin Hingga Mineral

Diambil dari data Food Nutrition Knoji, kangkung memiliki nutrisi yang menakjubkan. Kangkung kaya akan zat besi, kalsium dan riboflavin, termasuk vitamin yang berperan sebagai antioksidan, yaitu vitamin A dan vitamin C. Kangkung banyak mengandung karotenoid, karotenoid adalah pigmen tumbuhan yang pada saat dicerna oleh tubuh diubah menjadi vitamin A. Karotenoid dalam kangkung adalah antioksidan kuat yang memiliki sifat anti inflamasi (mencegah peradangan) dan anti kanker.

Manfaat Kangkung, Mulai Kesehatan Mata Hingga Mencegah Kanker

Di beberapa negara di Asia Tenggara, kangkung dikenal sebagai obat tradisional untuk mencegah beberapa penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit mata. Kandungan lutein dalam kangkung sangat penting untuk kesehatan mata. Penelitian membuktikan bahwa asupan lutein yang meningkat dapat menurunkan risiko katarak. Kangkung juga merupakan anti mikroba dan anti-ulcerogenic yang dapat menyembuhkan masalah pada tukak lambung.

Penelitian yang dilakukan di India menunjukkan bahwa daun dan batang kangkung menunjukkan sifat melawan dan menghancurkan sel kanker. Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa mengonsumsi kangkung dapat menghambat penyerapan glukosa, sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu, kangkung juga baik untuk menjaga kesehatan otak dan menjaga memori agar terhindar dari penyakit lupa. Bravo kangkung, kangkung saos tiram bund, so yummy, hehehe.....

Indonesia memang kaya akan tanaman kaya manfaat ya bund....:)