Bunda.... bunda.... di tempat bunda ada mitos sawanen apa gak ???
mulai dari sawanen orang meninggal, sawanen buat orang hamil biar jabang bayi gak kenapa2, trus bayi lahir di sampingnya di taruh sawanan& gunting kecil di taruh kantong kecil biar si kecil gak sawanen bangsa halus.... klu mau berpergian kontong kcl tersebut dibawa, dll banyak dech bunda...
tapi sy sdh menbuktikanya sndiri dan sawanan sudah menjadi budaya/kebiasaan buat bayi/balita di tempat saya.
klu saya si kecil sawanan orang meninggal ciri-cirinya:
1. anak tidak aktif seperti biasanya hanya diam lesu....
2. badannya semelet panas di badan, dingin di tangan sama kaki.
3. kadang rewel gak tahu apa yang diminta
4. Tidak bisa tidur nyenyak seperti biasanya, dikit2 bangun, baru tidur sebentar udah bangun
5. Bangun setiap kali tengah malam sekitar jam12 - jam 2 malam

Dlu sy gak percaya gak percaya bunda.... cpa tahu dy kurang enak badan sy bawa ke dokter, tapi selama 1 hari gak ada perubahan sama sekali , sy langsung ke dukun bayi sambil saya tanya kan kenapa mbah dukun bayi sambil tak pijet'ake???? eh..... teryata sawanen orang meninggal.

Ini temen saya juga sawanan waktu hamil, dy makan nangka... klu orang jawa bilang klu kita sdh hamil tua klu mau mengerjakan sesuatu apapun, harus mengepuk pelan2 perut sambil bilang sama jabang bayi, misal mau makan nangka " Nang/Duk Ibu makan nangka, melu maem ya Nang/Duk" sambil baca Bismillahirahmanirrohim.
ini saya punya teman, karena dy banyak makan nangka gak kilingan klu dy hamil tua. si kecil ketika lahir sampe ini 3 bulan matanya mengeluarkan loh/air mata, krn dy hidup dikota bandung sama suami, gak ada orang tua, jadi gak ada yang mengigatkan, ini dy sekeluarga pulang ke jepara, bgt si kecil ditanyakan ama dukun bayi dan orang2 jawa yang tahu mitos, teryata sawanan nangka, 3 hari di sawani alhamdulilah sikecil sdh sembuh.

Cara mengunakan Sawanan :
1. Klu bisa bisa beli sawanan di hari Jum'at Wage (Klu beli sendiri dipasar) klu gak minta sama dukun bayi.
2. Sawanan di kasih air sedikit sambil dibacakan al-Fatihah, ayat Kursi, dan Sholawat nabi di aduk berpelan-pelan dengan tangan/sebisa bunda.
3. setelah siap sawanan siap di pakaikan
4. Pakaikan di kepala sampai batas ubun2 bayi, epek2 kedua tangan, pusar, dekoan geger,dan tungkak kedua kaki sambil dibacakan sholawat nabi, sambil berdoa minta sama Allah smg ilangake penyakite ,ditekak'ke warase amin.......

Mg bermanfaat ya.... bagi para bunda..... Sawanan ditempat saya harus siap sedia taknya bayi/Balita , kadang2 usia 5 tahun aja masih ada yang sawanen, kadang orang tua juga bisa kena.