Coba Pijat Bayi a la Spa di Rumah, Yuk!

Pijat bayi adalah praktik pengasuhan anak kuno yang saat ini masih dilakukan di seluruh dunia. Sejak lama nenek moyang kita sudah terbiasa memijat bayi ketika ada masalah kesehatan yang ditunjukkan dengan gejala rewel, tidak doyan makan serta perut kembung.

Dulu pijat bayi dikerjakan oleh dukun bayi. Pijat bayi juga identik dengan jeritan tangis bayi setiap kali dipijat. Namun, kini dengan modifikasi teknik pijat, bayi bisa tertawa-tawa sambil bermain saat dipijat.

Kecenderungan manusia modern adalah back to nature. Mereka berkaca pada metode-metode alami yang digunakan di masa lalu, hanya saja diperbaharui dan dimodifikasi dengan pola yang lebih modern. Tidak terkecuali dalam hal pijat bayi.

Kenyataan ini membuat tumbuh pesatnya klinik khusus pijat bayi maupun baby spa yang keberadaanya sangat dimanfaatkan oleh para ibu yang sibuk dan berpenghasilan lebih. Dengan meluangkan waktu 1-2 jam pada saat-saat tertentu, mereka memanjakan buah hatinya untuk dipijat.

By the way, sebenarnya pijat bayi ini bisa dilakukan sendiri oleh ibu di rumah. Selain bisa sangat menyenangkan, kegiatan ini bermanfaat buat bunda maupun bayinya.

Apa saja manfaat yang bisa diperoleh saat bunda memijat bayi?
1. Mengembangkan komunikasi. Sentuhan adalah bentuk komunikasi pertama yang Anda miliki dengan si kecil. Hal ini terutama karena anak usia balita masih belum bisa menyampaikan komunikasi dalam bentuk kata. Melalui sentuhan, kedekatan antara orang tua dan anak akan berkembang lebih baik secara fisik maupun emosi .

2. Mengurangi stress. Pijatan dapat menenangkan dan menurunkan produksi adrenalin. Apalagi dengan lotion harum dan pijatan yang nyaman akan memberikan kesenangan bagi bayi.

3. Mengurangi gangguan sakit. Memijat juga membantu bayi mengusir gejala kembung maupun kolik. Bayi yang aktif, memiliki gerakan yang banyak. Ketegangan otot-otot membuat mereka lelah dan mudah kembung. Pijatan yang teratur dan lembut, akan melemaskan otot-otot yang tegang.

Apakah pijat bayi membutuhkan keterampilan khusus? Teknik dasarnya pasti ada. Akan tetapi hal terpenting yang belum tentu diperoleh bayi dari therapis atau dukun bayi adalah sentuhan tangan yang penuh kasih sayang dari bunda.

Untuk masalah tekniknya, ketika mengajak sang buah hati ke tempat pijat bayi atau baby spa bunda bisa belajar dengan cara memperhatikan dan bertanya kepada therapis. Atau, dengan men-download video teknik pijat bayi dari internet, amati cara-caranya lalu coba sendiri di rumah.