Kalau memotong rambut ini adalah pengalaman pertama, maklumi bila muncul rasa takut dan ragu. Untuk mengatasinya, Anda bisa minta bantuan pada orang-orang yang sudah lebih berpengalaman. Namun kalau ingin mencobanya sendiri, tak ada salahnya. Toh, akan selalu ada saat pertama bukan? Kuncinya adalah percaya diri disertai langkah-langkah berikut:
* Sebelum dipotong rambutnya, ada baiknya bayi sudah dikeramasi terlebih dahulu. Dengan kondisi kepala yang bersih, diharapkan kalau sampai ada luka tidak menyebabkan infeksi.
* Pangku bayi dan sebaiknya bayi dalam keadaan tidur saat dipotong rambutnya. Ini untuk meminimalkan gerakan-gerakan aktifnya. Kalau tidak, hasil cukuran sulit menjadi rapi dan bukan tak mungkin gunting yang digunakan akan melukainya.
* Gunakan 1 tangan untuk memegang gunting, sementara 1 tangan lagi untuk menjumput rambut. Kalau masih juga takut, lakukan oleh 2 orang. Yang seorang memangku bayi dan yang seorang lagi menggunting rambutnya.
* Basahi rambut bayi secukupnya dengan menggunakan kain kasa/kapas (tidak perlu sampai basah kuyup). Tujuannya supaya rambut menjadi lemas dan mudah digunting.
* Potong rambut sependek mungkin dengan menggunakan gunting yang ujungnya tumpul.
* Untuk membersihkan sisanya, gunakan alat cukur rambut yang masih baru. Regangkan lipatan kulit kepala dengan jari telunjuk dan jari tengah, baru kemudian mencukurnya.
* Cukur secara pelahan. Gunakan feeling untuk memastikan cukuran tersebut tidak akan melukai kepalanya.