Assalamu'alaikum,
Anak saya belum genap 2 tahun, masih 21 bulan. Ada kelebihan dan kekurangan, salah satu kelebihannya dia sudah bisa berbicara dengan kalimat yang panjang, sudah bisa bernyanyi burung kakak tua dengan lancar, serta dapat menggambar dan memahami bentuk2. Kesimpulannya dia sangat cerdas dalam menghafal dibanding teman sebayanya..

Namun ada 2 kekurangan dia, yaitu :
1. Sifat yang egois, apa yang dia mau harus dituruti sehingga tidak mau berbagi dengan temannya yang sebaya maupun orang dewasa. sehingga tidak jarang dia suka main pukul/jambak/cakar. Berulang kali kami orang tua memberi wawasan, dia bisa mengerti, namun akan terulang lagi jika mendapat kesempatan. Sampai terkadang saya malu dengan orang tua teman2nya yang bermain dengan dia.

2. Tidak berani dengan orang asing atau tempat asing. Jadi jika sedang asik bermain, tiba2 ada tamu datang. Langsung spontan dia minta gendong dengan nada merengek dan menangis. Begitu juga jika sedang di tempat asing seperti bertamu pada tetangga atau saudara, dia pasti tidak betah dan mengajak pulang.

Pertanyaan saya, bagaimana mendidik anak saya agar berani jika bertemu dengan orang asing atau ditempat asing ?.

Terimakasih.