Ada banyak manfaat dari kegiatan olahraga yang dilakukan oleh anak sejak dini, seperti memperkuat daya tahan tubuh, melatih kemampuan motorik anak, melatih keseimbangan tubuh, mencegah anak mengalami obesitas, dan meningkatkan kecerdasan anak. Jadi, tidak ada salahnya ibu mengenalkan beberapa olahraga yang dapat diajarkan semenjak anak bisa berjalan. Apa saja olahraga yang direkomendasikan untuk anak?

1. Berjalan Santai

Olahraga jalan santai tidak hanya diperuntukkan orang dewasa saja. Anak-anak yang baru bisa berjalan dapat diajarkan untuk melakukan olahraga jalan santai.

Selain dapat dilakukan dimana saja, mengajak anak melakukan jalan santai memberikan manfaat bagi anak. Anak yang sering berjalan kaki memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang kurang melakukan aktivitas fisik lainnya.

2. Senam atau Gimnastik

Bukan hanya untuk profesional saja, senam atau gimnastik juga dapat dilakukan oleh anak-anak yang baru belajar berjalan. Melansir Parenting Firstcry, gimnastik yang dilakukan anak-anak sejak dini dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk mencegah penyakit jantung dan mengoptimalkan kesehatan tulang.

3. Bermain Bola

Bermain bola juga bisa diajarkan pada anak, dimulai dengan menendang bola atau mengejar bola. Banyak manfaat yang bisa dirasakan anak dengan bermain bola, misalnya fleksibilitas tubuh, keseimbangan tubuh, mengontrol berat badan anak, dan mengoptimalkan kesehatan otot serta tulang. Terpenting adalah selalu ada pengawasan dari orangtua selama anak bermain bola.

4. Berenang

Sejak anak mulai berjalan ibu dapat mengajak anak untuk berenang. Melatih anak berenang di usia muda mengajarkan untuk mampu mengatur pernapasan dan mengoptimalkan otot tubuh yang ada.

5. Bersepeda

Selain orang dewasa, anak-anak juga menyukai kegiatan bersepeda. Pada anak yang baru berjalan, ibu dapat mengajarkan untuk menggunakan sepeda roda tiga.

Baca lengkapnya di sini: https://www.halodoc.com/artikel/olahraga-yang-boleh-diajarkan-ke-anak-sejak-bisa-berjalan