Share Like
Simpan

Halo, Bu! Apa kabar si Kecil yang semakin menggemaskan? Saya mau sharing, nih. Beberapa teman dan keluarga pernah menganjurkan saya untuk menggunduli kepala si Kecil saat usianya menginjak 40 hari. Selain karena tradisi, ternyata hal tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatannya. Tradisi yang unik ya, Bu? Bukan cuma di Indonesia, ternyata banyak juga tradisi merawat bayi yang khas dan menarik di berbagai negara lain. Ini dia beberapa di antaranya!

Cina - Latihan Menggunakan Toilet

Setelah bisa dibawa pulang ke rumah dari rumah sakit, banyak keluarga di Cina yang langsung mengajari bayinya berlatih menggunakan toilet. Hal ini diajarkan bahkan sebelum ia berumur dua bulan. Mereka mengantarnya pergi ke toilet dengan iringan nyanyian, pujian, dan pelukan. Hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah kebiasaan mengompol atau buang air di celana.

Meksiko - Makan Buah dengan Bubuk Cabai

Orang tua di Meksiko menyiapkan nasi, kacang-kacangan, dan sup sebagai makanan padat pertama untuk bayi mereka. Tidak hanya itu, orang Meksiko yang terkenal menyukai makanan pedas juga terbiasa membubuhkan bubuk cabai dan perasan lemon di atas potongan buah-buahan yang disajikan untuk si bayi. Terlepas dari rasa pedas yang dimilikinya, cabai juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena vitamin C yang dikandungnya.

Guatemala - Mandi Air Dingin

Ibu-ibu dari suku Maya di Guatemala suka memandikan bayi mereka yang baru lahir dengan air dingin. Hal ini dipercaya oleh mereka dapat membantu si bayi tidur dengan baik dan nyenyak. Namun, beberapa Ibu di sana ada yang mencampur air dingin dan air hangat supaya tidak terlalu dingin.

Swedia - Menghirup Udara Segar

Walaupun kita tahu bahwa temperatur udara di Swedia sangat dingin, hal tersebut tidak menghentikan para orang tua di Swedia untuk membawa bayi mereka jalan-jalan di luar dengan stroller dalam waktu yang lama. Menurut kepercayaan mereka, hal ini baik dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas dan membuat si bayi terbiasa dengan cuaca di Swedia yang sangat dingin. Selain itu, hal ini juga dipercaya dapat membuat bayi tidur nyenyak.

Jepang - Menggigit Batu

Bagi orang Jepang, sebuah perayaan bernama Okuizome dilakukan untuk merayakan bayi yang akan menyantap makanan padat pertamanya. Dalam perayaan tersebut, salah satu ritualnya adalah si bayi menggigit batu yang dipercaya akan membantu giginya tumbuh kuat.

Finlandia - Tidur di kardus

Apakah Ibu biasa menidurkan si Kecil di boks bayi? Itu hal biasa. Di Finlandia, orang tua punya kebiasaan menidurkan bayi mereka di kardus! Ya, pemerintah setempat memberikan kardus yang diberi alas matras empuk dan berbagai kebutuhan bayi di dalamnya sebagai hadiah kepada ibu yang baru saja melahirkan. Tradisi yang dimulai sejak 77 tahun lalu ini dimaksudkan untuk membantu orang tua yang tidak memiliki banyak uang untuk tetap bisa merawat bayinya dengan baik.  

Menarik ya, Bu! Apakah Ibu juga punya tradisi unik dalam merawat si Kecil?