Share Like
Simpan

Timbilen pada kelopak mata sering mengganggu, si Kecil akan merasa matanya terganjal namun belum dapat menjelaskan gangguan yang ia rasakan. Akibatnya ia akan menggosok-gosok matanya saat beraktivitas dan tak jarang jadi rewel karena merasa ‘kemeng’ atau pegal pada kelopak matanya. Timbilen pada kelopak mata umumnya tampak sebagai ‘bintil’ kecil atau menyerupai bisul berwarna merah, bengkak dan lunak bila diraba.

Biasanya timbilen ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar yang mempoduksi ‘minyak’ dan berfungsi menjaga kelembaban bola mata bersama air mata. Dalam istilah medis, timbilen dikenal sebagai hordeolum. Bila timbilen tidak menghilang dalam beberapa hari dan terlihat membengkak di sekitarnya, si Kecil akan merasa nyeri pada kelopak matanya dan dapat mengiritasi mata hingga mata berair. Namun demikian, timbilen umumnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kerusakan pada mata atau kelopak mata.

 

Apa yang perlu Ibu lakukan untuk mengatasi timbilen?

  • Untuk membantu meredakan infeksi, kompreslah bagian kelopak mata si Kecil yang bengkak dengan menggunakan kapas yang telah dicelup dalam air hangat setiap 10 menit sekali beberapa kali sehari,. Jangan memencet timbilen, karena biasanya akan mongering dengan sendirinya.
  • Jika si Kecil sering mendapat timbilen atau infeksi pada kelopak matanya, mungkin disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelopak mata, yang dapat mengakibatkan kelopak mata si Kecil akan sedikit ‘bersisik’. Hal ini dapat ditanggulangi dengan menggosok kelopak mata si Kecil secara rutin dengan sabun atau shampo yang tidak pedih di mata.
  • Obat tetes atau salep antibiotik mata umumnya jarang digunakan untuk mengobati timbilen, kecuali sesuai petunjuk dokter. Bila timbilen sering terjadi, mungkin dokter akan memberikan obat antibiotik.
  • Pergilah ke dokter bila timbilen tidak membaik dalam beberapa hari atau bila timbilen disertai dengan gejala lain, semisal demam, sakit kepala, anak kehilangan napsu makan dan si Kecil tampak sakit.
  • Pastikan si Kecil dan seluruh anggota keluarga sering mencuci tangannya untuk menghindari penyebaran infeksi. Gunakan handuk terpisah untuk mengeringkan tangan si Kecil.


Dengan mengetahui penyebab dan cara menangani timbilen pada si Kecil, Ibu tidak perlu khawatir lagi bila si Kecil mengalami timbilen. Jagalah kebersihan tubuh dan tangan si Kecil agar ia tetap dapat beraktivitas dengan lincah tanpa gangguan lagi! Untuk informasi lebih lanjut, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter.