Share Like
Simpan
Hanya karena Ibu kini tengah mengandung, bukan berarti Ibu harus makan dengan porsi yang lebih besar dibanding sebelumnya. Memang sih, banyak yang bilang bahwa Ibu hamil lebih baik makan dengan porsi 2 kali lipat, karena ditujukan untuk 2 orang. Namun, sebaiknya buang jauh pola pikir yang seperti itu ya, Bu. Yang perlu Ibu perhatikan bukanlah jumlah asupan perhari, namun kandungan nutrisi yang Ibu konsumsi di tiap menu makanan Ibu.

Asupan nutrisi selama hamil bisa Ibu dapatkan dari makanan sehat yang juga didukung dengan susu khusus Ibu hamil seperti Frisian Flag mama. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi Ibu dan juga suami untuk mengetahui jenis-jenis makanan apa saja yang perlu dikonsumsi oleh Ibu hamil. Berikut adalah beberapa contohnya:

●    Alpukat
Buah berdaging lembut ini sangat baik dikonsumsi oleh Ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat, lemak, karbohidrat serta protein yang seimbang pada sajian per buahnya. Belum lagi vitamin K, potasium, vitamin B, dan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Ibu, agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

●    Kacang Almond
Sebagai salah satu bagian dari keluarga kacang-kacangan, almond juga sangat baik dikonsumsi ketika hamil. Kandungan serat yang tinggi, magnesium, vitamin E, dan fosfor, baik untuk menjaga kekuatan tubuh Ibu yang terus menerus mengalami adaptasi karena perubahan yang terjadi saat hamil.

●    Bayam
Salah satu sayuran berdaun hijau ini termasuk sayuran yang mengandung vitamin K paling banyak dibandingkan dengan sayuran berdaun hijau lainnya. Selain itu, bayam juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, zat besi, serta vitamin B2. Semua zat yang penting bagi kehamilan!


●    Madu
Mengonsumsi madu selama hamil dapat membantu Ibu meningkatkan daya tahan tubuh. Mengapa? Karena madu dapat menghilangkan rasa mual akibat morning sickness yang Ibu alami, flu, dan juga rasa panas dalam perut yang sering menyerang. Selain itu, madu juga memiliki berbagai vitamin, mineral, asam amino, dan enzim yang baik sebagai antioksidan.

Jika melihat jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi saat hamil, rasanya banyak sekali ya, Bu. Tapi Ibu tidak perlu khawatir. Kalau saya dulu mencoba untuk membuat beberapa kreasi makanan atau minuman supaya saya bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan dalam satu porsi saja. Salah satu resep favorit saya adalah:







Smoothie Cokelat Almond



Bahan-bahan:
●    40 gram susu Frisian Flag Mama.
●    200 ml air matang
●    1 buah alpukat (kupas dan buang bijinya).
●    40 gram kacang almond.
●    1 sdt madu.

Cara membuat:
1.    Masukkan susu yang sudah dilarutkan dengan  200 ml air, alpukat, dan kacang almond ke dalam blender. Kemudian giling dengan kecepatan tinggi hingga kacang almond menjadi halus.
2.    Setelah itu matikan blender dan masukkan 1 sdt madu. Nyalakan blender kembali dengan kecepatan rendah sampai madu tercampur dengan baik. Ibu juga bisa menambahkan es batu jika ingin smoothie sedikit lebih cair.

Bagaimana? Sudah terbayang kan kelezatannya, Bu? Rajin meminum smoothie selama hamil terbukti membuat saya senantiasa merasa segar dan juga bugar. Bagaimana dengan Ibu? Punya resep nikmat bernutrisi lainnya? Yuk, bagikan di sini!