Share Like
Simpan

Pernah kewalahan membujuk si Kecil untuk menghabiskan porsi sayurnya, Bu? Saya juga mengalaminya, lho. Kalau sudah ada sayur di piring, ia langsung menolaknya mentah-mentah. Padahal, saya sempat mengiming-imingi hadiah kepada si Kecil jika ia berhasil menghabiskan sayur yang saya hidangkan. Sayang, cara itu tetap saja tidak mempan. Duh, pusingnya!

Untungnya, saya menemukan sebuah trik yang bisa membuat si Kecil melahap sayuran tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat jus sayur. Jenis minuman yang juga dikenal dengan istilah green juice ini, membuat Ibu jadi lebih mudah menyamarkan berbagai bentuk sayur-sayuran sehingga lebih praktis dan siap dikonsumsi. Baiknya lagi, kekayaan manfaat pada jus ini juga tak menghilang meskipun bentuknya berubah. Berbagai macam Vitamin, Mineral, dan Serat yang terkandung dalam sayuran bisa kita peroleh secara praktis dalam satu tegukan jus sayur saja. Baik, bukan?

Namun, itu belum seberapa, Bu. Tantangan yang harus saya hadapi dulu adalah membuat jus sayur dengan rasa yang nikmat agar si Kecil mudah menerima minuman sehat ini. Supaya lebih jelas, berikut beberapa tips yang bisa Ibu coba sebagai tahap memperkenalkan jus sayur untuknya. Yuk, simak lebih lanjut!

  • Bereksperimen dengan Berbagai Resep

Sebagai permulaan, Ibu bisa mencampurkan 2 jenis buah dan 1 macam sayur sebagai jus pertama si Kecil. Setelah terbiasa, coba variasikan jenis sayurannya dan kurangi takaran buah secara bertahap. Selain rasanya nikmat, manfaatnya pun melimpah, Bu.

  • Memilih Gelas Jus yang Menarik

Jadikan kegiatan minum jus ini menjadi lebih menarik dengan memilih gelas yang lucu dan disukai oleh si Kecil. Kalau bisa, minta ia untuk memilih sendiri gelas yang akan dipakai supaya makin semangat menyantap jus sayur buatan Ibu

  • Beritahu Manfaatnya

Sekadar memberitahukan manfaat dari mengonsumsi buah dan sayur kepada si Kecil rasanya kurang ampuh ya, Bu. Supaya ia bisa terus mengingat kebaikan dari jus sayuran ini, cobalah menyiasatinya dengan membacakan cerita mengenai karakter kartun atau tokoh idola favoritnya yang menjadi kuat dan sehat karena rajin mengonsumsi jenis makanan sehat ini.

  • Ajak Ia Membuat Jus Sayurnya Sendiri

Sesekali, ajak ia untuk memilih sendiri buah dan sayur yang akan disantapnya dan biarkan ia untuk mencoba meramu minumannya tersebut. Setelah selesai, berikan pujian sebagai bentuk  apresiasi Momen Wow-nya ini seperti “Wah, hebat anak Ibu bisa Hal ini juga bisa mendorongnya untuk lebih semangat melakukan hal yang serupa di lain waktu, Bu.

Bagaimana, Bu? Apakah tips di atas sudah berhasil membujuk si Kecil mengonsumsi jus sayur? Jika belum, jangan berkecil hati, ya. Hal ini juga yang kerap saya alami dulu. untuk meningkatkan nafsu makannya, cobalah untuk menyantap jus sayur bersamanya sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan. Selamat bereksperimen bersama si Kecil, Bu!