Share Like
Simpan

Apakah si Kecil tergolong anak yang susah makan, Bu? Umumnya, anak-anak susah makan dan rewel jika disuruh mengonsumsi menu yang tak cocok dengan seleranya meski sebenarnya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Nah, salah satu makanan yang menyehatkan tetapi justru sering menjadi musuh anak-anak adalah sayuran.

Apabila Ibu juga menghadapi si Kecil yang tak mau mengonsumsi bahan makanan sehat ini, cobalah untuk melakukan beberapa kiat jitu ‘melawan’ anak yang susah makan sayur seperti berikut:

  1. Selidiki Penyebabnya Tak Suka
    Memaksakan anak susah makan untuk menyukai sayur-sayuran bukanlah cara yang tepat. Dari pada memaksanya, lebih baik cari tahu mengapa si Kecil tak menyukai aneka sayur yang Ibu sajikan. Jika Ibu sudah mengetahui penyebab si Kecil membenci sayuran tersebut, tentunya akan lebih mudah untuk mencari akal agar ia mau melahap sayuran sehat.
  2. Kenalkan Bahan Pembuat Makanan
    Mengenalkan aneka sajian sehat untuk anak susah makan memang perlu dilakukan sejak dini. Tak hanya jenis-jenis makanannya saja yang harus ia tahu, tetapi nutrisi di dalamnya pun perlu Ibu perkenalkan. Cobalah mengungkapkan manfaat sayuran dengan bahasa yang sederhana dan mudah ia mengerti. Dengan demikian, Si Kecil akan lebih mudah menerima kehadiran sayuran karena ia merasa ada manfaat yang bisa diperolehnya.
  3. Jangan Memaksa, Buatlah Dia Menginginkannya
    Untuk anak susah makan sayur, Ibu perlu melakukan pendekatan yang bersahabat sehingga ia tak merasa terancam ataupun terpaksa. Pertama-tama, cobalah menyelipkan sedikit demi sedikit sayuran dalam makanan kesukaannya. Selanjutnya, dapat diteruskan dengan mengubah tampilan sayur menjadi olahan yang lezat dan berbentuk lucu sehingga menarik seleranya. Dengan begitu, si Kecil akan serta merta menginginkannya sendiri tanpa harus dipaksa.
  4. Mengajaknya Memasak
    Apabila si Kecil tak mau menyentuh sayuran yang Ibu hidangkan, sesekali ajaklah ia ke dapur untuk ikut memasak. Dengan memasak sendiri sajian yang akan disantapnya, bisa jadi si Kecil merasa lebih berselera dan mau mencoba sayuran sehat tersebut. Ingat Bu, jangan membiasakan buah hati untuk makan di restoran karena nantinya ia akan semakin sulit menyukai sayuran dan makanan sehat lainnya.
  5. Siasati dengan Hadiah
    Jika anak susah makan sayur meskipun telah dilakukan berbagai usaha, maka jalan terakhir yang dapat Ibu lakukan adalah menyiasatinya dengan janji pemberian hadiah. Katakan padanya jika mau makan sayur maka ia akan mendapatkan makanan yang dia suka atau menjanjikannya melakukan hal-hal yang menyenangkan, misalnya jalan-jalan atau bermain di taman.

Menghadapi anak susah makan sayur memang membutuhkan banyak usaha yang variatif untuk membuatnya menyukai sajian sehat tersebut. Untuk itu, rajinlah mencari ide-ide kreatif untuk mengolah sayuran menjadi aneka makanan yang menarik dan lezat sehingga si Kecil mau untuk melahapnya. Tetap semangat ya, Bu!