Share Like
Simpan

Saat memperhatikan perkembangan si Kecil, saya merasa waktu cepat sekali berlalu. Kemarin ia masih bayi yang selalu membutuhkan perhatian saya, kini ada saja tingkahnya yang membuat saya geleng kepala. Apakah Ibu juga merasakan hal yang sama?

Apalagi di usia 1 tahun ini, Bu. Sekarang, si Kecil sedang pesat-pesatnya menyerap kebiasaan baru dari apa yang dilihat dan ditemuinya. Oleh karena itu, mari bimbing pertumbuhannya dengan membuat kebiasaan yang positif bagi si Kecil, misalnya dengan mengajarkan dia makan sendiri. Memang sih, ada kemungkinan meja makan menjadi kotor karena si Kecil belum terampil makan. Namun, pasti jadi seru sekali! Bayangkan ekspresi si Kecil ketika meleset memasukkan makanan ke mulut. Pasti wajah polosnya jadi semakin menggemaskan

Nah, selain menyiapkan peralatan makanan yang aman, kita tentu harus pintar memilih menu makanan yang tidak membuat meja makan berantakan dalam proses belajar nanti. Salah satu pilihannya dengan menyajikan roti panggang, Bu. Ini karena Teksturnya membuat roti panggang mudah dipegang dan si Kecil bisa langsung menggigitnya secara perlahan. 

Tapi, sekarang kreativitas Ibu yang diuji. Bagaimana cara membuat roti panggang yang unik? Bu, ternyata roti panggang tak melulu harus disandingkan dengan meses atau pun keju, lho. Kombinasi roti panggang dengan selai alpukat bisa jadi pilihan yang unik. Apalagi, buah alpukat memiliki kandungan gizi yang melimpah, yaitu berupa vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, niacin, folat, dan lain-lain. Sebagai variasi, Ibu juga bisa  menambahkan telur yang sudah direbus. Dalam sebutir telur rebus, terdapat 77 kalori yang terdiri dari 64% lemak, 33% protein dan 3% karbohidrat.  

 

Roti Panggang Selai Alpukat (untuk anak usia 1 tahun ke atas)


Bahan :
• 5 lembar roti tawar.
• 2 sdm margarin.
• 100 gram Alpukat, haluskan.
• 2 sdm gula pasir.
• 100 ml air.
• Garam secukupnya.

Cara membuat :
1. Untuk membuat selai: aduk rata alpukat, gula pasir dan air serta garam.
2. Panaskan hingga meletup dan kental. Sisihkan hingga dingin.
3. Siapkan roti tawar, tata dalam piring datar.
4. Oleskan margarin pada satu sisi.
5. Panggang hingga kecokelatan. Angkat.
6. Tata roti tawar dalam piring saji.
7. Oleskan selai alpukat.
8. Siap disajikan

 

Roti Panggang Alpukat Telur (untuk anak usia 1 tahun ke atas)

Bahan :
• 6 lembar roti tawar.
• 3 sdm margarin.
• 200 gram alpukat.
• 3 telur ayam.

Cara membuat :
1. Rebus telur ayam hingga matang. Kupas dan belah menjadi irisan yang tipis-tipis.
2. Cacah kasar alpukat.
3. Siapkan roti tawar, tata dalam piring datar.
4. Oleskan margarin pada satu sisi.
5. Panggang hingga kecokelatan. Angkat.
6. Tata roti tawar dalam piring saji.
7. Oleskan cacahan kasar alpukat dan telur rebus.
8. Atur rapi dan sajikan.

Sajikan resep tersebut untuk mengawali hari si Kecil dengan penuh energi dan semangat. Resep ini juga bisa dikonsumsi untuk anggota keluarga lainnya, Bu. Selamat mencoba dan jika Ibu punya ide kreasi roti panggang yang lain, silahkan dibagikan di sini.